SKOR.id – SUV All-New Mazda CX-60 resmi meluncur guna memenuhi line-up Mazda yang saat ini masih terus fokus menggarap pasar mobil premium di Indonesia.
Peluncuran digelar PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia, pada Rabu (26/7/2023) di Jakarta.
All-New Mazda CX-60 yang dibekali dengan berbagai fitur terbaru yang belum ada pada produk Mazda yang dipasarkan sebelumnya.
Tampil elegan dengan performa tinggi dan ramah lingkungan akan memenuhi kebutuhan berkendara yang dinamis bagi para penggemar SUV kelas premium yang ada di Indonesia.
All-New Mazda CX-60 hadir dengan filosofi Jinba-Ittai yang lebih disempurnakan lagi oleh para engineer Mazda menjadi The Perfect Jinba-Ittai.
Filosofi ini mendefinisikan hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi.
Ideologi Jinba-Ittai yang telah berkembang selama tiga generasi mengubah pengalaman berkendara dan memikat para penggemar mobil di seluruh dunia.
Jinba-Ittai juga telah menjadi bagian dari perjalanan panjang Mazda dalam pengembangan berbagai model kendaraan, terutama dalam aspek keselamatan dan kenyamanan.
Ricky Thio selaku Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia mengatakan, desain Mazda CX-60 sarat dengan cerminan budaya dan lahir dari filosofi estetika Jepang yang unik.
“Filosofi Jinba-Ittai yang lebih disempurnakan lagi oleh para engineer Mazda, menjadikan All-New Mazda CX-60 sebagai mobil dengan ideologi The Perfect Jinba-Ittai,” ujarnya.
“Yakni hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi, terutama hubungan dalam aspek keselamatan dan kenyamanan.”
“Fokus kami tidak hanya sebuah estetika, namun juga tentang DNA Mazda yang berakar pada harmonisasi berkendara, kemanusiaan, dan alam sekitar.”
"Mazda melihat pengalaman berkendara sebagai hubungan simbiosis dengan lingkungan sekitar," ujar Ricky Thio.
"Seperti kita mengapresiasi sebuah karya dari seorang seniman yang berpengalaman, Mazda dibuat oleh para Takumi.”
“Yang menjadikan Mazda sebagai Japanese Mastery Car. All-New Mazda CX-60 merupakan sebuah contoh yang merefleksikan spirit ini, Truly Mass-Craftsmanship, Crafted in Japan,” ucap Ricky Thio.
Dengan mewujudkan tarikan desain Kodo khas Mazda, All-New Mazda CX-60 hadir dengan eksterior yang elegan.
Mobil ini memiliki lekukan perpaduan dari cahaya dan bayangan natural di sekelilingnya, membuat warna-warna premium All-New Mazda CX-60 terlihat lebih dinamis.
Terinspirasi oleh elemen organik dan juga gerakan kaligrafi Jepang, lekukan body All-New Mazda CX-60 dibuat dengan halus dari bawah ke atas.
Salah satu yang menjadi kekuatan All-New Mazda CX-60 adalah impresi Noble Toughness pada tampilan eksterior nya.
Konsep Noble Toughness menggabungkan keunikan dan keanggunan desain Kodo yang dipadukan dengan chassis SUV berpenggerak roda belakang.
Pada fender depan terdapat side signature baru disertakan emblem Inline 6, yang menegaskan bahwa All-New Mazda CX-60 adalah SUV dengan performa berkendara mumpuni.
All-New Mazda CX-60 menggunakan mesin 3.3L Inline 6-silinder, e-Skyactiv-G, Turbocharged dilengkapi dengan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System).
Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 450 Nm, yang selain memberikan performa maksimal juga memiliki efisiensi bahan bakar yang baik.
Perkembangan terbaru pada desain Kodo ini dipadukan dengan ketangguhan arsitektur SUV dengan layout FR (front engine, rear wheel drive).
Kehadirannya di pasar Indonesia disajikan dalam satu varian platform roda penggerak.
Yaitu All Wheel Drive (AWD) dengan setelan i-Activ yang secara primer mendukung pergerakan seluruh roda saat bergerak.
Desain elegan pada All-New Mazda CX-60 terlihat dari jahitan Kakenui hingga trim kulit nappa pada interior bangkunya.
Serta paduan material premium seperti tekstil tenun dan kayu maple dalam desain kabin kontemporer.
Kontrol kendaraan juga disematkan pada bagian tengah dengan menyajikan konsep ergonomis.
Keseluruhan hal ini memberikan kesan ruang tenang, luas, dan canggih sehingga menciptakan kemudahan dan keselarasan saat berkendara.
“Kami ingin terus menjalankan visi Mazda di Indonesia, selaras dengan nilai-nilai yang dianut oleh individu di era ini," ujar Ricky Thio.
"All-New Mazda CX-60 adalah bukti dari implementasi visi ini, sebagaimana dikembangkan di bawah filosofi human-centric kami."
"All-New Mazda CX-60 mengutamakan pengendaranya, di mana para engineer Mazda ingin menciptakan tiap aspek yang selalu memberikan pengalaman penuh kenyamanan."
"Dan juga keamanan dan kemudahan bagi pengendara dan orang-orang yang di cintai,” ujar Ricky Thio.
Lebih lanjut, Ricky Thio juga mengatakan bahwa Mazda kembali menyematkan teknologi terbaru pada kendaraan SUV ini.
All-New Mazda CX-60 menghadirkan teknologi mesin terbaru yaitu Driver Personalization System.
Teknologi ini dapat secara otomatis mengatur posisi mengemudi Jinba-Ittai khas Mazda hanya dengan memasukkan data tinggi badan pengemudi.
Sehingga posisi mengemudi termasuk penyesuaian posisi kursi, setir, spion samping, dan heads-up display bisa tersimpan.
Teknologi ini juga menyimpan preferensi pengemudi untuk suhu dalam kabin, pengaturan sound system, dan juga sistem keselamatan aktif i-Activsense.
All-New Mazda CX-60 memiliki fitur Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive), yaitu sistem yang mengganti mode berkendara tergantung pada kondisi mengemudi, kondisi jalan, dan kondisi kendaraan.
Mode tersebut dapat dialihkan dari Normal ke Sport hingga Off-road yang dapat dipilih pengendara sesuai dengan kebutuhannya.
Mazda juga menyematkan Kinematic Posture Control (KPC) yang akan memberikan pengendaraan yang stabil serta meningkatkan kenyamanan selama berkendara.
All-New Mazda CX-60 juga memiliki transmisi 8-speed automatic terbaru, sehingga memberikan distribusi tenaga yang merata serta makin meningkatkan pengalaman berkendara.
Menurut Pramita Sari, GM Marketing & Communications Eurokars Motor Indonesia, CX-60 masuk pasar Indonesia dalam dua edisi, yaitu Kuro Edition dan Elite Edition.
“Kami berharap keseluruhan teknologi dan performa yang masih mempertahankan karakter desain elegan serta aksen aerodinamis pada sisi samping mobil.”
“Sehingga dapat tepat menambah kesan sporty dan elegan untuk memenuhi seluruh kebutuhan penggunanya, cocok untuk customer dengan karakter Independent Achiever.”
“All-New Mazda CX-60 ini ditawarkan dengan harga Rp1.188.800.000 On-The-Road Jakarta,” Pramita menuturkan.
All-New Mazda CX-60 melengkapi 15 varian yang sudah distribusikan oleh PT Eurokars Motor Indonesia, yaitu:
- Mazda2 hatchback
- Mazda2 sedan
- Mazda3 Hatchback
- Mazda3 Sedan
- Mazda CX-3 Sport 1.5
- Mazda CX-3 Pro 2.0
- Mazda CX-30
- Mazda CX-5
- Mazda6 Sedan
- Mazda6 Estate
- Mazda CX-8
- Mazda CX-9
- Mazda CX-9 AWD
- Mazda MX-5 RF A/T
- Mazda MX-5 RF M/T
Setiap pembelian All-New Mazda CX-60 sudah termasuk 5-Year Extended Warranty dan MyMazda Service Special Package for CX-60.
Itu merupakan layanan purnajual berupa jaminan service (parts dan labor) selama 3 tahun atau 60.000 KM (mana yang tercapai lebih dahulu).