- Derek Bell sekarang berusia 81 tahun, tetapi ketika naik ke Porsche 956, ia kembali jadi sosok yang elegan.
- Ada Porsche 962 C dengan nomor start 17, pemenang Le Mans tahun 1987.
- Reuni tersebut juga dihadiri oleh insinyur penguji saat itu Helmut Schmid.
SKOR.id – Sebelum diperkenalkannya kelas mobil sport Grup C World Endurance Championship dari 1982 dan aturan konsumsi bahan bakar baru yang kompleks, Porsche sudah mengantisipasi.
Porsche melihat peluang untuk membangun mobil balap yang inovatif: Porsche 956, "mobil balap abad ini," yang lahir pada tahun 1981.
Tujuannya tidak hanya untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Mobil Sport Dunia yang menantang.
Tetapi juga, dari tahun 1984, dalam seri IMSA AS dan seri lainnya yang memungkinkan kendaraan Grup C untuk berpartisipasi.
Dalam masa pengembangan yang hanya sembilan bulan, jaminan kesuksesan tercipta saat balapan pertama di Silverstone pada 1982.
Lalu kemudian pada tahun-tahun berikutnya menjadi mobil balap tersukses Porsche sepanjang masa.
Derek Bell sekarang berusia 81 tahun, tetapi ketika orang Inggris kurus itu naik ke Porsche 956 miliknya, dia kembali menjadi sosok yang elegan.
Padahal 40 tahun yang lalu sepertinya Bell hanya melakukan pekerjaannya (membalap), tapi sekarang ia mengakui: "Kami bekerja seperti orang gila."
Yang dimaksud dengan “kami“ adalah semua pembalap yang mengendarai model supercar Porsche 956/962 dengan kecepatan balap.
Meskipun baru-baru ini, Bell bersama teman-temannya seperti Jochen Mass, Hans-Joachim Stuck, dan Bernd Schneider berkumpul tidak untuk membalap.
Mereka semua datang ke Leipzig untuk berbagi kenangan pribadi yang sangat istimewa tentang mobil balap Porsche paling sukses sepanjang masa.
Dan itu terjadi 40 tahun yang lalu, tatkala era Grup C dimulai.
Dalam Porsche Experience Center di Leipzig, Bell dan rekan-rekannya melihat mobil pemenang dari Le Mans 24 Jam 1982 dengan nomor sasis 956-002.
Juga hadir 956 dengan nomor sasis 956-005, yang memenangkan balapan 1.000 kilometer di Sirkuit Nurburgring and Spa, di antara kemenangan lainnya.
Mobil balap ini dipugar sepenuhnya oleh Museum Porsche dan dikembalikan ke livery 1983-nya.
Mobil-mobil ini juga bergabung dengan IMSA-spec 962 dari tahun 1984, yang mencatat waktu kualifikasi tercepat di Daytona.
Dan Porsche 962 C yang memenangkan Piala Super pada tahun 1987, keduanya juga telah dikembalikan ke kejayaan aslinya.
Selain itu ada Porsche 962 C dengan nomor start 17, pemenang Le Mans tahun 1987.
Turut hadir wakil termuda Grup C, finis keempat di Le Mans tahun 1990: 962 C dengan nomor sasis 962-015, dari tim pelanggan Joest.
Reuni tersebut juga dihadiri oleh insinyur penguji saat itu Helmut Schmid dan – bergabung melalui video – Norbert Singer, kepala proyek dan bapak metafora dari mobil legendaris.
Kumpulan ahli dan bintang seperti itu membutuhkan tuan rumah yang dapat bertemu mereka dengan pijakan yang setara.
Dalam hal ini Timo Bernhard, pemenang Le Mans pada tahun 2010 dan 2017 bersama Audi, serta pemenang World Endurance Championship dua kali bersama Porsche.
“The 956 adalah mobil balap paling sukses dalam sejarah Porsche. Mobil itu mendominasi semua orang, dan tetap menjadi pemenang selama 12 tahun yang luar biasa,” kata Timo.
Porsche 956 tidak terkalahkan dalam Le Mans dari tahun 1982 hingga 1985, dan sukses ini dilanjutkan dengan mulus oleh penerusnya, 962 C.
Sang penerus menempati posisi pertama dalam balapan 24 jam di Circuit de la Sarthe pada tahun 1986 dan 1987.
Daftar keberhasilan mobil ini memang mengesankan: lima gelar pabrikan dan tim, 43 kemenangan individu balapan WEC, hingga lima gelar pembalap WEC.
Disusul tujuh kemenangan keseluruhan dalam 24 Hours of Le Mans (dari 1982 hingga 1987 dengan 956 dan 962 dan dengan 962 Dauer Le Mans GT pada tahun 1994).
Belum lagi empat gelar IMSA, 52 kemenangan individu dalam balapan IMSA, dan lima kemenangan dalam Daytona 24 Hours.
Berita Otomotif Lainnya:
Pantau Aksi Elon Musk, VW Group Hentikan Iklan di Twitter Sementara Waktu
Lamborghini Huracan Sterrato Siap Debut Desember, Mobil ICE Terakhir Lamborghini
Hyundai Inspeksi Seluruh Unit Genesis Electrified G80 dan Ioniq 5 untuk KTT G20