- NOC Indonesia siapkan ambasador Indonesia hingga menggandeng influencer serta KOL untuk mendukung perjuangan tim Merah Putih di Olimpiade Tokyo 2020.
- Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengatakan ambasador Merah Putih, influencer, serta KOL ini yang akan menjadi mata bagi masyarakat Indonesia di Tokyo.
- Raja Sapta Oktohari mengaku sudah mengantongi beberapa nama atau kandidat ambasador Merah Putih, influencer hingga KOL yang akan diajak bekerja sama.
SKOR.id - Penyelenggaraan Olimpiade di masa pandemi Covid-19 menuntut Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) berpikir kreatif.
Salah satu langkah kreatif NOC Indonesia adalah menyemarakkan euforia pesta olahraga terakbar empat tahunan sedunia ini agar sampai ke Tanah Air.
NOC Indonesia akan menyiapkan ambasador Merah Putih hingga menggandeng influencer serta key opinion leader (KOL) untuk mendukung perjuangan Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, pada 23 Juli-8 Agustus mendatang.
Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari menjelaskan cara tersebut diambil agar kepentingan Merah Putih bisa terdistribusi secara masif dan dapat sampai ke seluruh lapisan masyarakat.
Indonesia berencana menyampaikan banyak misi di Olimpiade Tokyo, mulai perjuangan atlet di hingga kesiapan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.
“Kami tidak mau berjuang sendirian. Kami akan libatkan semua pihak untuk peduli dan terlibat langsung membantu perjuangan atlet Indonesia dan kepentingan-kepentingan Indonesia,” kata Okto, Senin (19/04/2021).
Olimpiade Tokyo akan menjadi pesta olahraga yang berbeda dari biasanya. Sebab, penyelenggaraan edisi ke-32 ini diadakan dengan format luar biasa (ekstraordinary) menyesuaikan adaptasi pada masa Covid-19.
Panitia Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 (TOCOG) juga sudah menetapkan regulasi, di antaranya tidak mengizinkan penonton luar negeri datang menyaksikan Olimpiade Tokyo.
Untuk itu, Okto mengatakan ambasador Merah Putih, influencer serta KOL ini yang akan menjadi mata bagi masyarakat Indonesia di Negeri Sakura.
“Tugas Ambasador Merah Putih membangun komunikasi. Dia menyampaikan kepentingan Indonesia agar dapat lebih diketahui secara masif lagi oleh masyarakat di Tanah Air," ucap Okto.
"Misalnya menyebarkan kabar tentang Tim Indonesia. Mereka menjadi mata masyarakat Indonesia di Olimpiade,” ujarnya.
Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua dan Ketua Harian Konfederasi Balap Sepeda Asia (ACC) juga mengungkapkan beberapa kriteria untuk menunjuk ambasador Indonesia.
“Pertama harus suka dan memiliki concern terhadap olahraga. Selanjutnya, mereka yang terlibat juga harus memiliki followers yang banyak di media sosial agar pesan perjuangan atlet-atlet Indonesia ini sampai ke seluruh masyarakat yang berada di Tanah Air,” ujar Okto.
Ia menjelaskan, NOC Indonesia sudah mengantongi beberapa nama yang pantas menjadi kandidat ambasador Merah Putih, influencer hingga KOL yang akan diajak bekerja sama.
Saat ini, NOC Indonesia sudah memasuki tahap seleksi dan akan diumumkan menjelang keberangkatan kontingen Indonesia.
Ikuti juga Instagram, Facebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.
Hasil MotoGP Portugal 2021: Fabio Quartararo Menang, Marc Marquez Finis Ke-7 https://t.co/cR24iM2pzy— SKOR Indonesia (@skorindonesia) April 18, 2021
Berita Olimpiade Tokyo Lainnya:
Jelang Sidak IOC, Presiden Tokyo 2020 Yakin Olimpiade Aman dari Pandemi
100 Hari Menuju Olimpiade Tokyo: Tiga Masalah Besar yang Warnai Persiapan