- Mantan pembalap F1, Niko Rosberg, ternyata juga peduli pada isu lingkungan hidup, seperti halnya Lewis Hamilton.
- Nico Rosberg, juara dunia F1 pada 2016 asal Jerman itu, telah berinvestasi di sejumlah bisnis berbasis lingkungan, di antaranya mobil listrik.
- Ia bahkan juga terlibat langsung dalam aksi membersihkan pantai di Yunani dan sungai di Berlin.
SKOR.id – Sepertinya Lewis Hamilton bukan lagi satu-satunya pembalap Formula 1 (F1) yang sadar dengan masalah lingkungan hidup.
Mantan juara dunia F1, Niko Rosberg, yang juga eks-pembalap tim Mercedes, juga makin aktif menjalani aktivitas yang berkaitan dengan ekologi lingkungan.
Tidak itu saja, Nico Rosberg yang juara dunia F1 enam kali, bahkan tidak ragu untuk terjun langsung dalam kehidupan ecoentrepreneurship.
Misalnya, mantan pembalap berdarah Jerman-Finlandia ini tidak lagi mengendarai supercar berbahan bakar bensin. Kini ia hanya menggunakan mobil listrik,
Anak dari juara balap F1 1982, Keke Rosberg, ini bahkan juga pernah mengerahkan teman-temannya untuk membersihkan sampah dari sebuah pantai di Laut Aegea, Yunani.
Sejak pensiun dari dunia balap mobil pada 2016, Rosberg memang menekuni banyak dunia baru: dari driver manajement, pakar televisi, dan jadi pengusaha berbasis lingkungan.
Sebagai bukti, dia ikut berinvestasi saham di Formula E dan perusahaan teknologi lainnya yang mempromosikan mobil listrik.
Rosberg yang memenangkan gelar juara dunia F1 2016 tersebut juga telah membeli saham pada produsen daging nabati Beyond Meat.
Yang terbaru, ia dikabarkan menginvestasikan uangnya senilai 500 ribu euro pada start-up teknologi masa depan FAUSST dari perusahaan Hyconnect di Hamburg, Jerman.
Perusahaan hybrid yang didirikan oleh Dr. Lars Molter (39) itu menciptakan bahan konstruksi ringan dan teknologi tinggi untuk keperluan industri dan transportasi.
Dengan teknologi FAUSST, Hyconnect ingin mengurangi bobot material kapal atau mobil, misalnya, untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan lebih berkelanjutan di jalan raya.
Tetapi, pencapaian tertinggi Rosberg yang kelahiran 27 Juni 1985 ini adalah penyelenggaraan sebuah festival yang didedikasikan untuk gerakan teknologi berbasis lingkungan.
Nama festival itu adalah Greentech Fest, yang diadakan pertama kalinya pada tahun lalu.
Sekarang Rosberg menggandeng Audi, Salesforce, T-Mobile, Facebook, Google dan Deutsche Bahn (analog Jerman dari Kereta Api Rusia), untuk menggelar festival itu pada tahun 2020.
Ke depannya, mereka berencana menjadikan festival itu sebagai acara tahunan.
Rosberg, 35, juga menghabiskan waktu pribadinya untuk turun tangan dalam aksi-aksi perlindungan lingkungan hidup.
Misalnya, beberapa hari lalu dia memposting sebuah video di Instagram ketika dia sedang membersihkan sampah dari sungai utama Spree di kota Berlin.
Dan, yang menariknya, Nico Rosberg melakukan aksinya dengan menaiki perahu kayak.
Setelahnya, dia memposting foto "tangkapannya": dari seember penuh sampah, satu troli belanja supermarket hingga sebuah bendera Jerman yang dibuang di sungai!
Ikuti juga Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.
Berita Entertainment Lainnya: