-
Lebih dari 3.000 penggemar memberikan suara untuk memutuskan logo mana yang akan digunakan oleh klub asal Catalan mulai musim 2022-2023 dan seterusnya.
-
Desain pemenang menyoroti kata 'Girona', elemen merek utama dari sebuah klub yang sedang tumbuh secara global.
- Sebanyak 3.332 penggemar menyuarakan opini mereka tentang logo baru.
SKOR.id - Sebuah klub sepak bola modern membutuhkan citra modern, dan merek Girona FC akan mengambil langkah besar menuju masa depan di musim panas ini, dengan menggunakan logo klub yang telah diperbarui untuk digunakan pada musim 2022/2023 dan seterusnya.
Logo klub Catalan tersebut tidak berkembang secara signifikan sejak tahun 2005, sehingga klub ingin membuat desain baru yang lebih modern dengan menonjolkan nama kota, kaya warna, dan dioptimalkan untuk era digital.
Konsultasi awal diadakan dengan penggemar pada Juli 2021, sebelum dua opsi dipilih dan pemungutan suara diadakan pada 18 Agustus dan 19 September.
Sebanyak 3.332 penggemar menyuarakan opini mereka, dan 2.664 suara atau 80 persen dari total penggemar memilih Opsi A.
Selama konsultasi awal berlangsung, para penggemar mendiskusikan berbagai elemen pada logo klub dan disepakati bahwa bendera dan garis merah putih adalah yang elemen yang paling penting, diikuti dengan teks dengan nama klub.
Selama proses ini, 70 persen penggemar menyatakan bahwa unsur yang paling bisa dihilangkan adalah ikon mahkota.
Tim desain mendapatkan data tersebut saat memperkuat elemen kunci yang merupakan bagian dari DNA klub dengan menyajikan dua opsi, yaitu penggemar dapat memilih secara online atau secara tatap muka selama sebulan.
"Salah satu pilar klub ini adalah kedekatan kami dengan penggemar," tutur Direktur Umum Girona FC, Ignasi Mas-Baga.
"Bagi kami, hal itu merupakan kunci untuk melibatkan anggota klub dalam proyek yang penting. Logo klub lebih dari sekadar tanda pengenal, karena menunjukkan citra klub."
"Logo biasanya kaya akan sejarah, itulah sebabnya kami berpikir bahwa cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengatur proses yang transparan, kolaboratif, dan digital.”
Seiring dengan upaya untuk memperlihatkan desain baru, Girona FC paham bahwa logo mereka sekarang harus digunakan dengan benar oleh media, grup penggemar, dan sponsor, mengingat banyaknya penggunaan atau versi warna yang salah pada logo sebelumnya.
Saat ini, desain baru lebih sederhana dan lebih kaya warna, dengan nama klub yang menonjol.
“Dengan logo sebelumnya, nama klub hampir tidak terbaca dan sebagian besar hanya dikenali oleh penggemar sepak bola yang sudah mengenal Girona FC," Mas-Baga melanjutkan.
"Salah satu aspek kunci dari logo yang baru adalah tulisan nama klub yang besar, dengan kata 'Girona' menonjol di bagian atas logo."
"Hal tersebut seharusnya lebih memudahkan pembacaan meskipun digunakan dalam format yang berbeda-beda, baik dalam bentuk digital maupun fisik.”
“Perubahan ini akan membantu kami mengambil langkah maju dalam membangun merek Girona FC, dengan cara memodernisasikan dan membuatnya lebih terlihat oleh penggemar saat ini dan calon penggemar baru."
"Identitas merek kami masih menjadi klub yang akrab, rendah hati, dan sangat terhubung dengan wilayah dan penggemar, serta bangga dengan jati diri klub."
"Mengubah logo tidak berarti kami mengubah nilai-nilai klub dan saya pikir penting untuk menekankan hal itu."
"Citra kami sekarang lebih modern, tetapi kami masih klub dengan sejarah 91 tahun.”
Selama beberapa tahun terakhir, Girona FC telah tumbuh secara signifikan dalam popularitasnya, dibantu oleh dua musim yang dihabiskan di LaLiga Santander pada 2017/2018 dan 2018/2019.
Pekerjaan internasionalisasi dari belakang layar yang dilakukan di Stadion Montilivi juga penting, di mana Girona FC berpartisipasi dalam seri dokumenter 'Six Dreams'.
Pada dokumenter tersebut, Girona FC menjadi klub Spanyol pertama yang memainkan pertandingan persahabatan di India, meluncurkan akun TikTok sebelum klub-klub lain, merangkul eSports sejak dini, dan bekerja sama dengan LaLiga dalam inisiatif global lainnya.
“Upaya internasionalisasi klub melampaui evolusi logo klub, tetapi kami yakin bahwa logo yang baru akan bekerja jauh lebih baik bagi kami di tingkat digital dan di tingkat global," ujar Mas-Baga.
FaZe Clan Umumkan Perubahan Roster CS:GO https://t.co/B6yF4ONvmg— SKOR.id (@skorindonesia) January 4, 2022
Baca Juga Berita Liga Spanyol Lainnya:
Disebut Lebih Baik dari Kylian Mbappe, Joan Laporta Ingin Ousmane Dembele Bertahan
Resmi, Barcelona Perkenalkan Ferran Torres, Siap Tampil Melawan Real Madrid
Samuel Eto'o Jadi Tamu Kehormatan di Laga Mallorca vs Barcelona