- Triumph Daytona Moto2 765 didesain sebagai motor jalan raya.
- Namun, hampir semua komponen yang disematkan dan desainnya serupa dengan motor untuk kelas Moto2 di Kejuaraan Dunia Balap Motor.
- Dibuat hanya 765 unit, di Inggris motor ini dibanderol 15.765 pounds (sekira Rp301 juta) dan sudah habis dipesan.
SKOR.id - Pernahkah Anda membayangkan memiliki sepeda motor yang bisa digunakan di jalan raya dengan bentuk dan performa yang nyaris sama dengan motor yang turun di Kejuaraan Dunia Balap Motor?
Jika ingin mewujudkan mimpi tersebut, Triumph Daytona Moto2 765 mungkin bisa menjadi pilihan tepat.
Sebagai pabrikan sepeda motor terbesar di Inggris, Triumph kembali ke Kejuaraan Dunia Balap Motor dengan menjadi pemasok mesin untuk seluruh peserta di kelas/kategori Moto2 mulai 2019 lalu.
Sebagai perayaan kembalinya Triumph ke kejuaraan dunia, mereka pun membuat sepeda motor berperforma fantastis yang dibuat sangat terbatas.
Didesain untuk penggunaan sehari-hari (legal road bike), Triumph Daytona Moto2 765 memiliki paket yang bisa membuat Anda merasa seperti pembalap.
Untuk musim 2020 ini, Triumph memasok mesin 3-silinder 765cc dengan tenaga maksimal 128 hp untuk para peserta Moto2. Mesin itulah yang diturunkan untuk Triumph Daytona Moto2 765.
Sejumlah paket balap pun disematkan ke Triumph Daytona Moto2 765 ini. Sasis baru dari Daytona didesain agar presisi dengan mesin prototipe Moto2.
Sasis Daytona ini juga mirip dengan Daytona R, rangka yang dipakai untuk menjuarai Kejuaraan Superbike Inggris (BSB) dan pemenang lomba-lomba Isle of Man TT Supersport.
Dengan sasis tersebut, handling Triumph Daytona Moto2 765 terasa jauh lebih baik. Mesin yang lebih ringan ditambah suspensi terbaru dari Ohlins (diameter 43 mm NIX30 depan dan TTX36 belakang) membuat Triumph Daytona Moto2 765 lebih mudah diajak bermanuver.
Dengan mesin yang mampu menyemburkan 128 tenaga kuda (95,4 kW) pada 12.250 rpm dengan torsi maksimal 80 Newton meter (pada 9.750 rpm), Triumph Daytona Moto2 765 ini bisa dibilang motor balap versi jalan raya.
Dengan unit kontrol elektronik (ECU) terbaru, putaran mesin (rpm) Triumph Daytona Moto2 765 bisa dinaikkan menjadi maksimal 13.250 rpm. Angka tersebut 600 rpm lebih tinggi dibanding varian canggih lansiran Triumph sebelumnya, Street Triple RS.
Triumph Daytona Moto2 765 juga menggunakan sejumlah komponen dengan data yang diambil langsung dari mesin tiga silinder di Moto2.
Sebut saja katup inlet berbahan titanium, piston yang lebih kuat, pin piston spesifikasi MotoGP, profil camshaft baru, intake desain baru, setang piston (conrod) modifikasi, dan rasio kompresi yang dinaikkan.
Triumph Daytona Moto2 765 juga menggunakan knalpot Arrow berbahan titanium dengan spesifikasi serupa dengan yang dipakai di motor Moto2, bahkan hingga suaranya. Knalpot ini tdak hanya ringan namun juga terbukti efisien dan mampu mendongkrak performa.
Gearbox Triumph Daytona Moto2 765 juga didesain baru dengan rasio gigi (gear ratios) yang bisa disetel untuk balap. Peranti ini juga didesain mengacu data dari Moto2.
Jika melihat data-data di atas, Triumph Daytona Moto2 765 bisa dibilang motor jalan raya dengan spesifikasi paling dekat dengan motor prototipe untuk kejuaraan dunia, dalam hal ini kelas Moto2.
Dibuat di Asia dan Eropa, Triumph Daytona Moto2 765 dibuat dalam edisi sangat terbatas, hanya 765 unit. Di negara asalnya, Inggris, motor ini dibanderol 15.765 pounds (sekira Rp301 juta) dan sudah habis dipesan karena tingginya peminat.
Ikuti juga Instagram, Facebook, YouTube dan Twitter dari Skor Indonesia.
Berita Balap Lainnya:
Mario Suryo Aji Bakal Coba Lebih Maksimal pada Balapan Ke-2 CEV Moto3 Aragon
Hasil Moto2 Catalunya 2020: Adik Valentino Rossi Berjaya, Andi Gilang Raih Hasil Terbaik
Hasil Moto2 GP Emilia Romagna 2020: Enea Basitanini Menang, Andi Gilang Finis ke-24