Triple Crown of Motorsport, Gelar Prestisius bagi Pembalap Roda Empat

Muhamad Fadli Ramadan

Editor:

SKOR.id – Fernando Alonso telah resmi berseragam Renault dan akan kembali ke Formula 1 (F1) pada tahun depan. Sebelum itu, dia memiliki target ambisius yang telah lama diidamkannya.

Fernando Alonso ingin mencatatkan namanya dalam daftar peraih Triple Crown of Motorsport, yang merupakan pencapaian tertinggi seorang pembalap.

Triple Crown of Motorsport merupakan sebuah pencapaian prestisius tidak resmi dalam dunia balap roda empat.

Itu bukan sebuah ajang atau kejuaraan yang dibuat secara resmi oleh Federasi Automobil Internasional (FIA) dan semua pembalap bisa melakukannya.

Memang hanya pembalap-pembalap yang beruntung bisa meraih pencapaian itu karena mereka mendapat dukungan penuh dari tim, sponsor dan orang-orang di sekitar mereka.

Jika salah satu pihak tidak memberi dukungan maka pembalap tersebut hanya bisa bermimpi untuk merasakan indahnya Triple Crown of Motorsport.

Sebagian besar yang tak memberikan dukungan adalah tim-tim di Formula 1 (F1) yang pembalapnya ingin mencoba meraih gelar bergengsi tersebut.

Jelas, dari namanya saja sudah triple, itu berarti ada tiga ajang balap berbeda yang harus dimenangi oleh seorang pembalap untuk menyandang status Triple Crown of Motorsport.

Tiga seri balap tersebut adalah, Grand Prix (GP) Monako di F1, Le Mans 24 Jam di Kejuaraan Daya Tahan Dunia (WEC), dan Indianapolis 500 (Indy 500) yang merupakan bagian dari IndyCar Series.

Ada pengecualian bagi seorang pembalap F1 yang tak bisa memenangkan GP Monako tapi ingin meraih gelar Triple Crown of Motorsport.

Mereka tetap harus memenangkan Le Mans 24 Jam dan Indy 500, tetapi jika tak menang pada GP Monako, setidaknya mereka bisa menjadi juara dunia F1.

Berbeda dengan pencapaian Trebble Winners di sepak bola yang mana setiap tim yang ingin mendapatkannya harus memenangkan tiga gelar berbeda dalam satu musim.

Masing-masing kemenangan yang diharuskan dalam Triple Crown of Motorsport bisa didapatkan kapan saja.

Satu-satunya pembalap yang berhasil menyandang status Triple Crown of Motorsport adalah Graham Hill.

Bahkan, Graham Hill tak hanya memenangkan tiga seri balap berbeda tapi juga menjadi juara dunia F1.

Pembalap asal Inggris itu berhasil memenangkan lima GP Monako pada 1963, 1964, 1965, 1968 dan 1969. 

Graham Hill menjadi juara dunia ajang balap jet darat itu pada 1962 dan 1968.

Kemenangan Indy 500 ia dapatkan pada 1966 dan menempati podium tertinggi Le Mans 24 Hours pada 1972.

Hingga saat ini, belum ada yang bisa bersanding dengan Graham Hill sebagai pembalap dengan pencapaian paling prestisius.

Fernando Alonso saat ini menjadi satu-satunya yang memiliki peluang untuk menyamai pencapaian Graham Hill karena ia hanya membutuhkan kemenangan di Indy 500.

Pada tahun ini, pria asal Spanyol itu bakal berupaya keras untuk untuk meraih pencapaian tersebut bersama Arrow McLaren SP.

Tetapi, muncul pertanyaan besar mengapa tiga seri tersebut yang terpilih untuk menjadi bagian dari Triple Crown of Motorsport.

Semua itu tidak terlepas dari sejarah dan tantangan besar dari masing-masing ajang balap tersebut.

Grand Prix Monako

GP Monako misalnya yang sudah digelar sejak 1929. Ajang balap tersebut bahkan sudah diselenggarakan sebelum F1 dimulai, yaitu pada 1950.

Untuk itu, GP Monako adalah salah satu gelaran tertua dalam sejarah balap roda empat yang menggunakan konsep sirkuit jalan raya, yang mana hingga kini desainnya tak mengalami perubahan.

Balapan yang digelar di kota Monte Karlo itu juga memberikan tantangan tersendiri, mengingat trek yang sempit membuat setiap pembalap harus pandai ketika menyalip.

Bahkan, karena rumitnya medan di GP Monako, legenda F1 Nelson Piquet menggambarkan balapan di Monte Karlo sama seperti mengendarai sepeda di ruang tamu.

Itu yang membuat GP Monako bisa hanya ditebus dengan juara dunia F1 jika seorang pembalap ingin meraih gelar Triple Crown of Motorsport.

Indy 500

Indinanapolis 500 atau Indy 500 merupakan salah satu ajang balap tertua di Amerika Serikat yang diadakan di Indianapolis Motor Speedway sejak 1911.

Itu merupakan sirkuit yang paling ikonik pada zamannya karena permukaan trek terbuat dari batu bata sehingga mendapat julukan The Brickyard pada 1909.

Bagi masyarakat Amerika Serikat, Indy 500 terasa spesial karena ajang balap tersebut digelar pada Mei atau di bulan yang sama dengan peringatan Memorial Day.

Itu adalah hari untuk mengingat orang-orang yang meninggal saat bertugas di angkatan bersenjata negara dalam perang dunia pertama dan kedua.

Indy 500 sebenarnya masuk dalam kalender balap F1 pada 1950, tapi harus berakhir pada 1960 atas dasar keselamatan.

Sejak 1966 hingga sekarang, Indy 500 berada di bawah naungan IndyCar Series dan menjadi salah satu seri paling bergengsi.

Indy 500 juga diklaim menjadi ajang balap paling cepat di Amerika Serikat karena seorang pembalap bisa mencapai kecepatan lebih dari 382 km/jam.

Butuh keberanian besar untuk berlomba di IndyCar, mengingat tak banyak celah untuk menghindar ketika terjadi insiden.

Le Mans 24 Hours

Le Mans 24 Jam ataua Le Mans 24 Hours adalah ajang balap ketahanan tertua yang masih eksis hingga saat ini yang pada awalnya menggunakan mobil jenis sports.

Ajang balap tersebut juga menggunakan sebagian trek yang digunakan oleh MotoGP ketika menggelar lomba di GP Prancis.

Tetapi, itu hanya seperlima saja dari trek yang digunakan oleh Le Mans 24 Jam. Pasalnya, trek yang digunakan bernama Circuit de la Sarthe dengan panjang 13,626 km.

Pada 2018 dan 2019, Fernando Alonso berhasil memenangkan ajang balap yang menguras stamina itu bersama Sebastien Buemi dan Kazuki Nakajima di bawah bendera Toyota Gazoo Racing dengan mengendarai Toyota TS050 Hybrid.

Keunikan dan sekaligus yang membuat Le Mans 24 Jam menjadi ajang balap berbahaya adalah seluruh kelas start dan finis dalam waktu yang berbarengan.

Maka dari itu mobil yang berbeda-beda, dengan klasifikasi LMP1, LMP2, LMGTE Pro dan LMGTE Am.

Pemenang akan ditentukan dari siapa yang pertama menyentuh garis finis setelah waktu balap dinyatakan selesai tak peduli dari kelas mana. Jadi bisa ada tiga kelas berbeda dalam satu podium.

Tetapi, itu juga membuat setiap pembalap harus memiliki fokus penuh karena Le Mans 24 Hours sudah banyak memakan korban jiwa sejak gelaran itu berlangsung.

Memang tidak ada klasifikasi khusus yang dikeluarkan oleh FIA atau lembaga ajang balap roda empat lainnya untuk kategori Triple Crown of Motorsport.

Namun, jika melihat dari sejarah ketika seri tersebut bisa dikatakan itu memang layak untuk dijadikan kategori dalam upaya seorang pembalap dalam meraih Triple Crown of Motorsport.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 

Berita Balap lainnya:

Fernando Alonso: Usia Tak Akan Menghalangi Saya

Monako Berniat Gelar Tiga Balapan Bergengsi dalam Sebulan pada 2021

Source: Wikipediamotorsport.com

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

rizky ridho persija

Liga 1

Ambisi Rizky Ridho Bermain di Klub Luar Negeri Masih Menyala

Rizky Ridho menuturkan Persija sangat mendukung keinginannya tersebut dalam kontrak terbaru.

Rais Adnan | 17 Nov, 10:01

Thom Haye, Persib. (Foto: Dok. Persib/Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 1

Thom Haye Soal Bojan Hodak: Kadang Emosional, tapi…

Thom Haye memberikan pendapatnya tentang pelatih Persib, Bojan Hodak.

Rais Adnan | 17 Nov, 09:15

Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, sangat menyukai filosofi olahraga Jiu-Jitsu. (Hendy AS/Skor.id)

Fashion

Tiba-Tiba Jam Tangan ala Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg kini terpantau selalu memakai jam tangan, ia baru melakukannya dalam satu tahun terakhir.

Thoriq Az Zuhri | 17 Nov, 02:14

Skuda Timnas Jerman. (Grafis: Yudhy Kurniawan/Skor.id)

World

Baku Hantam Jerman dan Slovakia Demi 1 Tiket ke Piala Dunia 2026

Satu tiket ke Piala Dunia 2026 akan didapatkan oleh pemenang laga Timnas Jerman vs Slovakia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Eropa malam nanti.

Thoriq Az Zuhri | 17 Nov, 01:50

Ilustrasi Cover Mobile Legends. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Esports

Prestasi Terbaik Semua Tim Peserta M7 World Championship

Tim peserta turnamen Mobile Legends tingkat dunia, M7 World Championship, kini sudah lengkap. Ini prestasi terbaik mereka di skena esports dunia.

Thoriq Az Zuhri | 16 Nov, 23:06

Jonatan Christie (kanan) dan Sabar Karyaman/Moh Reza Pahlevi

Badminton

Update Terkini Wakil Indonesia di Australia Open 2025

Turnamen bulu tangkis Australia Open 2025 sedang dihelat, berikut ini adalah update wakil Indonesia di ajang ini.

Thoriq Az Zuhri | 16 Nov, 22:44

Penyerang Norwegia, Erling Haaland. (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

Italia Kalah, Portugal dan Norwegia Lolos Piala Dunia 2026

Timnas Portugal berhasil memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2026 sedangkan Timnas Italia kalah di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Eropa.

Thoriq Az Zuhri | 16 Nov, 21:51

Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Yusuf/Skor.id)

World

Daftar Negara yang Sudah Lolos Piala Dunia 2026

Piala Dunia 2026 akan diikuti oleh 48 negara, berikut ini adalah daftar negara yang sudah lolos ke Piala Dunia 2026.

Thoriq Az Zuhri | 16 Nov, 21:38

M7 World Championship, Jakarta. (Moonton)

Esports

Daftar Tim yang Sudah Lolos M7 World Championship

Turnamen dunia Mobile Legends: Bang Bang, M7 World Championship, akan segera digelar, ini adalah tim yang sudah memastikan diri lolos.

Thoriq Az Zuhri | 16 Nov, 21:36

Para pemenang MilkLife Soccer Challenge Malang Seri 1 2025-2026. (MilkLife)

National

Pertama Kali Digelar, MilkLife Soccer Challenge Malang Dapat Antusias Luar Biasa

Partisipasi peserta sangat tinggi yaitu 1.918 pelajar yang berasal dari 120 SD dan MI di Kota Apel dan sekitarnya.

Gangga Basudewa | 16 Nov, 14:40

Load More Articles