Tips Penting Perawatan Ban Mobil Jelang Perjalanan Mudik

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Ilustrasi pengendara mobil (Dede Mauladi/Skor.id).
Ilustrasi pengendara mobil (Dede Mauladi/Skor.id).

SKOR.id – Pengguna mobil pribadi yang akan mudik ke kampung halaman selayaknya mengutamakan faktor keselamatan dan kenyamanan saat perjalanan arus mudik dan arus balik.

Sehingga, pemudik dapat melakukan perjalanan tanpa adanya hambatan. Hal itu ditegaskan Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno, Jumat (14/4/2023).

“Keselamatan jadi faktor penentu kelancaran bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi saat pulang ke kampung halaman,” ujar Mukiat. 

“Untuk itu, kami mengajak seluruh pengguna kendaraan pribadi agar melakukan pengecekan ban.”

“Sehingga berkendara menjadi lebih aman, karena kondisi ban yang prima dapat mengurangi potensi timbulnya masalah saat perjalanan mudik,” kata Mukiat.

Data dari operator jalan tol, Jasa Marga, pada musim mudik dan arus balik tahun lalu periode 25 April-5 Mei 2022, tercatat 4.107 kecelakaan lalu lintas dengan total 568 korban meninggal dunia. 

Angka ini cukup tinggi, meski menunjukkan penurunan korban jiwa dibanding periode yang sama 2019, di mana terdata 4.083 kecelakaan lalu lintas dengan 824 orang meninggal dunia. 

Jika dirangkum, jumlah kasus kasus korban jiwa dalam kecelakaan lalu lintas turun hingga 49 persen.

Seorang teknisi dari TOMO sedang mengecek ban pelanggan (Dok. Bridgestone Indonesia).
Seorang teknisi dari TOMO sedang mengecek ban pelanggan (Dok. Bridgestone Indonesia).

Sementara itu disinyalir, satu dari lima penyebab utama kecelakaan adalah kendaraan yang bermasalah saat digunakan untuk mudik. 

Selain mesin, bagian dari mobil yang harus dicek ketika hendak mudik ke kampung halaman adalah ban.

Komponen ini krusial, karena menjadi satu-satunya titik kontak antara mobil dan permukaan jalan.

Untuk memastikan kondisi ban tetap prima selama perjalanan, simak tips-tips penting perawatan ban menjelang perjalanan mudik, dikutip dari Bridgestone Indonesia:

Lakukan Rotasi

Melakukan rotasi ban adalah salah satu solusi merawat ban mobil agar perjalanan mudik lebih aman dan nyaman. 

Rotasi ban pada mobil memang disarankan untuk dilakukan secara rutin dengan jarak tertentu.

Hal ini untuk menghindari terjadinya tingkat keausan ban yang tidak merata, yakni antara ban depan, belakang, maupun sisi kiri, dan kanan sehingga dapat memperpanjang usia pakai ban tersebut. 

Biasanya, ban depan mobil lebih rentan mengalami gesekan dan bisa lebih cepat tipis jika tidak dirotasi secara berkala.

"Ban mobil ada empat. Keempatnya itu bekerja sama satu sama lain agar mobil dapat jalan lurus, selaras,” kata Deputy Head Of OE Sales PT Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano.

“Makanya perlu misalnya dilakukan rotasi secara berkala untuk melihat tingkat keausan, agar ban tetap bisa berfungsi maksimal," ujar Fisa.

Spooring dan Balancing

Salah satu kerusakan ban yang sering tidak terdeteksi adalah keausan tread atau tapak yang tidak merata. 

Tekanan angin yang tidak tepat, masalah suspensi mobil, serta roda yang tidak sejajar adalah beberapa faktor yang dapat mengakibatkan keausan tidak merata ini. 

Melakukan spooring dan balancing pada teknisi ban terpercaya dapat menjadi solusi untuk mendeteksi dan mencegah kerusakan ban jelang perjalanan mudik.

Tekanan Ban Sesuai Standar

Teknisi dari TOMO sedang mengecek ban pelanggan (Dok. Bridgestone Indonesia).
Teknisi dari TOMO sedang mengecek ban pelanggan (Dok. Bridgestone Indonesia).

Memastikan tekanan angin ban yang tepat sangatlah penting. Tekanan terlalu rendah dapat membuat pengendali mobil jadi limbung pada kecepatan tinggi.

Dan juga, mengurangi efisiensi BBM ketika berkendara. Sebaliknya, tekanan yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan ban terasa lebih keras serta aus lebih cepat pada bagian tengah.

Periksalah tekanan angin ban menjelang perjalanan mudik, dan pastikan sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan.

Hal itu dapat dilihat pada label yang ditempelkan di pilar pintu pengemudi atau buku manual kendaraan.

"Untuk keselamatan berkendara, pemilik mobil setidaknya perlu memastikan bahwa tekanan angin ban mereka sesuai.”

“Kemudian cek kondisi ban, gundul atau tidak, lakukan rotasi dan periksa keselarasan roda atau wheel alignment," Fisa menegaskan.

Pastikan Ban dalam Kondisi Prima

Terdapat tanda-tanda kerusakan ban mobil seperti tapak yang mulai aus, timbul keretakan maupun benjolan pada dinding ban, serta sudah terlalu banyak tambalan akibat ban bocor.

Ini bisa jadi merupakan tanda-tanda Anda perlu melakukan penggantian ban. 

Bila ini terjadi, memaksakan berkendara dengan kondisi ban tidak prima dapat meningkatkan risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Untuk memastikan ban mobil Anda dalam keadaan prima, Anda dapat memeriksakan kondisi ban pada teknisi terlatih dan terpercaya.

Source: Bridgestone

RELATED STORIES

Belum Bisa Mudik, Pemain Persik dan Persita Berbagi Derita

Belum Bisa Mudik, Pemain Persik dan Persita Berbagi Derita

Penyebaran virus corona di Indonesia yang diiringi berhentinya Liga 1 2020 tak membuat semua pemain asing bisa pulang kampung.

Atep dan Keluarga Putuskan Tidak Mudik Saat Lebaran

Atep dan Keluarga Putuskan Tidak Mudik Saat Lebaran

Legenda Persib, Atep, merasa Lebaran tahun ini tetap memiliki makna.

Bek Persiraja Pilih Menanti Liga 1 di Bali daripada Mudik ke Inggris

Bek Persiraja Pilih Menanti Liga 1 di Bali daripada Mudik ke Inggris

Pemain asing Persiraja Banda Aceh, Adam Mitter menjelaskan alasannya tak mudik saat Liga 1 2020 dijeda sejak Maret 2020.

Beckham Putra Tak Mudik Lebaran Demi Tambah Porsi Latihan dan Berat Badan

Beckham Putra Tak Mudik Lebaran Demi Tambah Porsi Latihan dan Berat Badan

Berikut ini kegiatan Beckham Putra selama libur lebaran yang diberikan Persib.

Atlet Indonesia Tak Mudik dan Jaga Prokes Jelang Keberangkatan SEA Games 2021

Kondisi kesehatan atlet menjadi salah satu perhatian serius CdM Indonesia, Ferry J Kono jelang keberangkatan SEA Games 2021.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

SKF melalui program Meet The World Girls Schools Challenge telah merampungkan pencarian pemain untuk tim putri yang akan dikirim ke Gothia Cup 2025. (Foto: Cantrik ACL/Grafis: Yudhy Kurniawan/Skor.id)

National

Skuad Lengkap, SKF Siap Kirim Tim Putri Indonesia Pertama ke Gothia Cup 2025

SKF telah merampungkan pencarian pemain All Stars di Bandung dan Tangerang untuk melengkapi skuad.

Rais Adnan | 21 Apr, 14:23

Launching Global game Garena Delta Force Mobile. (Garena)

Esports

Alasan untuk Coba Mainkan Delta Force Mobile yang Segera Meluncur

Tim Skor.id mendapatkan kesempatan dar Garena Indonesia untuk mencoba game Delta Force Mobile.

Gangga Basudewa | 21 Apr, 12:50

Liga 1 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Tujuh Tim Terancam Degradasi di Liga 1 2024-2025

Sementara itu, tersisa lima klub yang masih berpeluang untuk meraih juara Liga 1 musim ini.

Rais Adnan | 21 Apr, 12:25

Indonesia Kings Laga Spring 2025 atau IKL Spring 2025. (Honor of Kings)

Esports

Rekap Pekan Kedua IKL Spring 2025, Dominator Masih Mendominasi

Dominator menjadi satu-satunya tim yang belum sekalipun mendapatkan kekalahan di IKL Spring 2025.

Gangga Basudewa | 21 Apr, 12:02

Liga TopSkor

R2 Solo Kokoh di Puncak Klasemen Liga TopSkor U-14 Sukoharjo

R2 SOLO terus mengokohkan posisinya di puncak klasemen Liga TopSkor U-14 Sukoharjo musim ini, setelah menang 4-0 atas KFC Sragen.

Nizar Galang | 21 Apr, 11:44

Pertandingan Liga Italia. (Yudhy Kurniawan/Skor.id)

Liga Italia

Paus Fransiskus Meninggal Dunia, 4 Pertandingan Liga Italia Resmi Ditunda

Pertandingan Liga Italia yang dijadwalkan digelar Senin (21/4/2025) sore hingga Selasa dini hari WIB ditunda setelah meninggalnya Paus Fransiskus.

Pradipta Indra Kumara | 21 Apr, 11:20

Pelatih AC Milan Sergio Conceicao, bersama Tammy Abraham, Theo Hernandez, dan Christian Pulisic. (Yusuf/Skor.id).

Liga Italia

Sergio Conceicao Merasa Tak Dihargai di AC Milan Sejak Meraih Piala Super Italia

Pelatih AC Milan, Sergio Conceicao merasa tak dihargai timnya sejak meraih Piala Super Italia.

Pradipta Indra Kumara | 21 Apr, 06:00

Kompetisi sepak bola kasta keempat di Indonesia, Liga 4. (Deni Sulaeman/Skor.id)

National

Jadwal dan Pembagian Grup Putaran Nasional Liga 4 2024-2025

Berikut hasil pembagian grup putaran nasional Liga 4 2024-2025.

Rais Adnan | 21 Apr, 03:04

Proliga 2025

Other Sports

Update Proliga 2025 Sektor Putri: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Rangkaian laga sektor putri Proliga 2025 bakal bergulir pada 3 Januari–10 Mei dengan melibatkan tujuh tim di babak reguler.

Doddy Wiratama | 21 Apr, 03:04

Proliga 2025

Other Sports

Update Proliga 2025 Sektor Putra: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi sektor Proliga 2025 hanya akan diikuti oleh lima tim voli dan akan berlangsung pada 3 Januari–11 Mei mendatang.

Doddy Wiratama | 21 Apr, 03:03

Load More Articles