Terungkap, Mengapa Motor-motor Bermesin V4 Menguasai Trek Basah Le Mans

Tri Cahyo Nugroho

Editor:

  • Di lintasan basah, pembalap Tim Ducati, Danilo Petrucci, merasa diuntungkan dengan berat badannya.
  • Para pembalap dengan mesin V4 bisa melibas tikungan dengan teknik stop-and-go dengan alur lintasan berbentuk huruf V.
  • KTM mengambil risiko saat memutuskan memakai ban depan botak berkompon lunak di Le Mans.

SKOR.id - Pembalap tim pabrikan Ducati, Danilo Petrucci, bisa tersenyum puas seusai memenangi lomba putaran kesembilan MotoGP 2020, Grand Prix (GP) Prancis, di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Minggu (11/10/2020) siang.

Danilo Petrucci merupakan salah satu pembalap di MotoGP dengan berat tidak ideal, 80 kg. Bobot pembalap asal Italia itu 15 kg lebih berat daripada Marc Marquez (Repsol Honda), juara dunia MotoGP enam kali (2013, 2014, 2016, 2017, 2018, 2019) yang masih absen.

Di MotoGP, bobot pembalap yang berat akan berdampak buruk pada ban jika berlomba dalam kondisi panas dan kering.

Dengan beban lebih berat, ban akan terlalu cepat panas dan cepat habis. Namun, beda ceritanya bila lomba berlangsung dalam cuaca dingin dan basah seperti yang terjadi di Le Mans lalu.

"Jujur saja, saya sangat menikmati kondisi cuaca (dingin) karena bagus untuk ban," kata Petrucci pada Sabtu (10/10/2020), usai kali pertama merebut posisi grid start terdepan (ia start dari grid 3) untuk kali pertama sejak GP Italia 2019 yang akhirnya juga dimenanginya.

Saat hujan turun menjelang start, Petrucci pun menjadi salah satu pembalap yang diuntungkan. Problem kelebihan beban yang bisa membuat ban terlalu cepat panas dan aus di lomba kering, berubah menjadi pas saat trek basah seperti di Le Mans lalu.

Inilah salah satu alasan mengapa Petrucci cenderung lebih baik berlomba saat lintasan basah. Keuntungan itu membuat kepercayaan dirinya berlipat.

Petrucci juga dikenal sebagai pembalap yang berani. Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya mengendalikan motor seperti Ducati Desmosedici GP20 yang dikenal liar karena bertenaga sekitar 300 dk, di trek basah.

Petrucci pun beruntung memiliki motor seperti Ducati yang memiliki mesin konfigurasi V4. Selama ini, Desmosedici V4 memang terkenal sangat baik di lintasan basah.

Menariknya, ternyata delapan pembalap yang finis terdepan semua memakai motor bermesin dengan posisi keempat piston berbentuk huruf V tersebut, yakni Ducati, KTM, dan Honda.

Di belakang Petrucci berturut-turut masuk Alex Marquez (Repsol Honda-RC213V) dan Pol Espargaro (Red Bull KTM-RC16) melengkapi podium.

Adapun posisi keempat samai kedelapan direbut Andrea Dovizioso (Ducati-Desmosedici GP20), Johann Zarco (Reale Avintia-Ducati GP19), Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3-RC16), Takaaki Nakagami (LCR Honda-RC213V), dan Stefan Bradl (Repsol Honda-RC213V).

Bandingkan dengan lomba putaran keenam, GP San Marino yang berlangsung di trek dengan daya cengkeram ban (grip) besar dan cuaca kering, Misano, 13 September 2020 lalu.

Saat itu, tiga Yamaha YZR-M1 dan dua Suzuki GSX-RR -- dua motor bermesin 4-silinder segaris (inline-4) -- mampu menguasai posisi enam besar GP San Marino.

Pertanyaannya, bagaimana motor-motor bermesin V4 yang musim ini sulit dikendalikan karena bertenaga lebih besar dan ban belakang baru dengan grip lebih baik, justru lebih mudah dikendarai di lintasan basah dengan grip kecil?

Jawabannya sederhana. Torsi besar mesin V4 mampu mengatasi masalah grip yang kecil. Dengan grip kecil namun tenaga besar, pembalap mungkin tidak bisa cepat melibas lintasan. Jadi, cara terbaik adalah dengan teknik stop-and-go.

Inilah mengapa para pembalap dengan mesin V4 musim ini lebih cocok dengan trek basah dibanding mereka yang memakai mesin inline-4.

Untuk mendukung teknik stop-and-go, para pembalap bermesin V4 bisa menggunakan alur berbentuk huruf V saat menikung (V-type cornering line) dengan cara agak melebar saat masuk tikungan, membalikkan motor, dan cepat membuka gas saat keluar tikungan.

Teknik menikung huruf V ini terbukti mampu membuat ban depan mendapatkan panas yang cukup saat pengereman. Hal yang sama terjadi pada ban belakang saat pembalap berakselerasi keluar tikungan.

Para pembalap bermesin inline-4 yang selama ini unggul di tikungan demi menyiasati kurangnya tenaga motor dibanding V4, tidak mampu berbuat banyak saat lintasan dalam kondisi basah.

"Saat start di trek basah, Anda takkan tahu akan seperti apa grip nanti. Jadi, saya mencoba untuk lebih lambat saat masuk tikungan untuk mengurangi risiko (jatuh) dan cepat membuka gas saat keluar tikungan," kata Petrucci.

"Saya tahu itu akan membuat ban belakang cepat aus. Karena itu, di lap-lap berikutnya saya lebih pelan di tikungan hingga kehilangan sepersekian detik. Lalu, saya coba menyeimbangkan kecepatan motor saat masuk dan keluar tikungan dan berhasil."

Menarik tuas gas dalam-dalam saat keluar tikungan memang bagus untuk membuat waktu lap cepat. Tapi, konsekuensinya suhu ban belakang akan cepat panas dan cepat menghabiskan sisi tengah ban.

Itu sebabnya Petrucci dan beberapa pembalap V4 lain sering terlihat wheelspin (ban belakang berputar terlalu cepat dari seharusnya) di lap-lap akhir lomba berdurasi 26 putaran (108,81 km) tersebut.

"Untuk mengatasi masalah itu, di empat atau lima lap terakhir saya agak lebih ke dalam saat masuk tikungan karena di situ masih agak berair, untuk mendinginkan ban belakang," ucap Petrucci, pemenang ketujuh dari sembilan lomba MotoGP 2020 yang sudah digelar.

"Motor saya memang sangat bagus dalam pengereman dan akselerasi. Di Le Mans ini, beberapa kali saya merasakan bobot yang lebih berat sedikit membantu saya."

Bagi Honda, hasil Alex Marquez menjadi podium pertama mereka dalam sembilan lomba terakhir MotoGP (sejak GP Valencia 2019).

Kembangan ban depan yang cocok dengan karakter mesin motor Alex Marquez di trek basah diyakini menjadi salah satu faktor mengapa ia menjadi pembalap dengan waktu lap tercepat di pertengahan lomba. Hasilnya, Alex Marquez mampu merangsek dari posisi 18 ke 10.

KTM RC16, yang musim ini menggebrak dengan merebut dua kemenangan pertama sepanjang turun di MotoGP, memiliki keunggulan pada bagian depan-bawah (front end) yang sangat baik untuk pengereman dan saat masuk tikungan.

Karena bekerja lebih keras, para pembalap KTM biasanya memakai ban depan dengan kompon lebih keras dibanding para rival. Ini menjadi masalah di Le Mans karena suhu lintasan yang sangat dingin.

Saat latihan bebas dan kualifikasi, Pol Espargaro dan kawan-kawan ingin menggunakan ban depan medium dari Michelin untuk mendukung sistem pengereman.

Namun, ban itu memiliki risiko kecelakaan yang tinggi karena kompon tidak akan mencapai suhu ideal, utamanya saat melibas tikungan kiri yang di Le Mans lebih sedikit (5) daripada jumlah tikungan kanan (9).

Setelah melakukan perhitungn teknis, KTM akhirnya memakai ban depan botak lunak (soft slick) untuk lomba keempat pembalap mereka di Le Mans. Meskipun, mereka tahu ban depan soft akan menjadi masalah bila lintasan mengering.

"Memutuskan ban depan slick antara medium dan soft tidaklah mudah," ujar Paul Trevathan, kepala kru dan teknisi motor Pol Espargaro. "Namun, dengan suhu yang hanya 16 atau 17 derajat Celsius, kami tidak mau mengambil risiko dengan ban medium."

Trevathan juga setuju jika motor-motor V4 memiliki keuntungan turun di lomba basah seperti di Sirkuit Le Mans lalu.

"Saat trek seperti itu, memang lebih aman melakukan pengereman telat (late braking) jelang tikungan untuk kemudian keluar dengan kekuatan penuh," tutur Trevathan.

"Jika Anda ingin lebih cepat di tikungan (seperti motor-motor inline-4), saya rasa akan sangat berisiko di trek basah seperti Le Mans."

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita MotoGP Lainnya:

Alex Marquez Makin Percaya Diri Usai Finis Runner Up di MotoGP Prancis 2020

Hasil MotoGP Prancis 2020: Danilo Petrucci Menang, Alex Marquez Bikin Kejutan

MotoGP Prancis 2020: Terlalu Sering Cuma Podium di Le Mans, Danilo Petrucci Bangga Akhirnya Menang

 

Source: motorsportmagazine.com

RELATED STORIES

Fabio Quartararo Menatap 2 Seri di Aragon dengan Mental Positif

Fabio Quartararo Menatap 2 Seri di Aragon dengan Mental Positif

Setelah tak bisa tampil maksimal di Prancis, Fabio Quartararo tetap fokus menatap kompetisi MotoGP 2020 yang selanjutnya digelar di Aragon.

Valentino Rossi Apes Gagal Finis dalam 3 Balapan Beruntun

Pembalap veteran Valentino Rossi mengaku sangat sial tak mampu finis dalam tiga seri beruntun meski telah berusaha kompetitif di MotoGP 2020.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Antonio Conte (tengah) merupakan pelatih tercepat dalam meraih kemenangan ke-150 di Liga Italia. (Jovi Arnanda/Skor.id).

Liga Italia

Antonio Conte Pelatih Tercepat yang Meraih 150 Kemenangan di Liga Italia

Antonio Conte meraih kemenangan ke-150 sebagai pelatih di Liga Italia ketika membawa Napoli menang atas Genoa, pekan lalu.

Irfan Sudrajat | 23 Dec, 14:16

NBA Christmas games

Basketball

NBA Christmas Games 2024 Sajikan Duel Klasik Golden State Warrios Vs LA Lakers

NBA Christmas Games 2024 menggelar lima pertandingan, salah satunya adalah Golden State Warrios melawan LA Lakers.

Arin Nabila | 23 Dec, 13:57

Inter Milan vs Como 1907. (Jovi Arnanda/Skor.id).

Liga Italia

Prediksi dan Link Live Streaming Inter Milan vs Como di Liga Italia 2024-2025

Prediksi dan link live streaming Inter Milan vs Como di Liga Italia 2024-2025 yang akan digelar pada Selasa (24/12/2024) pukul 02.45 WIB.

Irfan Sudrajat | 23 Dec, 12:18

Liga TopSkor

Ikut TC Timnas U-20 Indonesia, Evandra Dapat Pesan dari Nova Arianto

Terdapat 13 Alumni Liga TopSkor yang mengikuti TC timnas U-20 Indonesia.

Sumargo Pangestu | 23 Dec, 11:31

Rapor pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri, lebih tepatnya di kompetisi negara Asia. (Hendy AS/Skor.id)

National

Rapor Pemain Indonesia di Asia: Jordi Amat Absen, Brisbane Roar Kalah Tanpa Rafael Struick

Jordi Amat tidak masuk DSP ketika Johor Darul Takzim pesta gol ke gawang Kuala Lumpur City.

Sumargo Pangestu | 23 Dec, 10:08

persija vs pss

Liga 1

Parade Foto: Hat-trick Gustavo Almeida Bawa Persija Taklukkan PSS Sleman di JIS

Deretan momen dalam kemenangan Persija Jakarta atas PSS Sleman di pekan ke-16 Liga 1 2024-2025, Sabtu (21/12/2024).

Teguh Kurniawan | 23 Dec, 09:50

Petinju Tyson Fury

Other Sports

Petinju Tyson Fury Isyaratkan Pensiun Usai Takluk dari Oleksandr Usyk

Setelah dua kali kalah dari Oleksandr Usyk, satu-satunya pertarungan yang tersisa untuk Tyson Fury adalah melawan Anthony Joshua.

I Gede Ardy Estrada | 23 Dec, 08:38

Liga Inggris 2024-2025. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen, serta profil klub lengkap Liga Inggris 2024-2025 yang akan diupdate sepanjang musim bergulir.

Irfan Sudrajat | 23 Dec, 08:30

La Liga 2024-2025 (Liga Spanyol). (Hendy Andika/Skor.id).

La Liga

La Liga 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Berikut ini jadwal lengkap, hasil, dan klasemen La Liga (Liga Spanyol) musim 2024-2025.

Pradipta Indra Kumara | 23 Dec, 08:09

pemain indonesia di eropa

National

Rapor Pemain Indonesia di Eropa: Jay Idzes dan Thom Haye Tuai Kemenangan Penting

Berikut rapor para pemain Indonesia yang berkiprah di Eropa pada pekan lalu.

Rais Adnan | 23 Dec, 08:00

Load More Articles