- Tiga model Suzuki terlaris pada 2022 adalah New Carry, Suzuki XL7, dan Suzuki All New Ertiga.
- Dibanding bulan sebelumnya pada 2022, penjualan New Carry pada Desember lalu merupakan yang tertinggi.
- Penjualan kendaraan niaga yang memiliki tagline "Rajanya Pick-Up" itu meningkat 2 persen jadi 52.322 unit.
SKOR.id – PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) menutup tahun 2022 dengan capaian penjualan nasional kendaraan mereka sebanyak 89.067 unit.
Sebagian besar dari jumlah tersebut disumbangkan oleh model Suzuki New Carry, kemudian diikuti Suzuki XL7 dan Suzuki All New Ertiga.
Hal tersebut dijelaskan oleh Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS Randy R. Murdoko dalam keterangan resminya, Selasa (24/1/2023).
"New Carry berhasil berkontribusi sebanyak 60 persen, kemudian disusul oleh Suzuki XL7 yang berkontribusi sebesar 18 persen,” Randy menjelaskan.
“Sedangkan berada pada posisi ketiga adalah All New Ertiga yang berkontribusi sebesar 12 persen," ia menambahkan.
Bahkan, dijelaskan Randy, dibandingkan dengan bulan sebelumnya pada 2022, penjualan New Carry pada Desember 2022 lalu merupakan yang tertinggi.
Pada periode yang sama tahun sebelumnya, Januari sampai Desember 2021, penjualan kendaraan niaga yang memiliki tagline "Rajanya Pick-Up" itu meningkat 2 persen jadi 52.322 unit.
Mengimbangi performa Suzuki New Carry Pickup, Suzuki XL7 juga mencatatkan performa penjualan yang positif untuk model kendaraan penumpang.
Pada 2022, Suzuki XL7 mencatatkan penjualan sebanyak 15.998 unit atau mengalami peningkatan sebesar 9 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Performa Suzuki juga ditopang oleh kehadiran All New Ertiga. Bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, All New Ertiga pada Desember 2022 mengalami peningkatan penjualan 18 persen.
Dari keseluruhan varian yang ada pada All New Ertiga, varian yang dilengkapi teknologi hybrid berkontribusi sebesar 59 persen pada Desember 2022.
Penjualan ritel varian hybrid pada bulan Desember tersebut mengalami peningkatan tujuh persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Selain ketiga model kendaraan tersebut, laporan penjualan ritel mobil CBU (Completely Built Up) Suzuki juga naik 4 persen pada 2022 menjadi 5.785 unit CBU dibanding tahun sebelumnya.
Model global yang atraktif seperti Suzuki S-Presso dan Baleno menjadi dua kontributor utama terhadap peningkatan penjualan CBU Suzuki.
Hal tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen yang ada di Indonesia terhadap model yang dimiliki oleh Suzuki global meningkat.
"Bertambahnya kebutuhan dan aktivitas atau munculnya usaha baru yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia membuat penjualan Suzuki meningkat di tahun ini,” kata Randy.
“Ditambah dengan peluncuran model-model mobil Suzuki baru yang menarik selama tahun 2022, mampu memikat hati konsumen.”
“Dua hal inilah yang menurut Suzuki menjadi penentu terpilihnya produk Suzuki sebagai teman aktivitas masyarakat sehari-hari," Randy menuturkan.
Berita Otomotif Lainnya:
Eks Insinyur Suzuki Ken Kawauchi Selangkah Lagi ke Honda
Suzuki Indonesia Perpanjang Promo Akhir Tahun, Beli Mobil Dapat Motor