SKOR.id – Rolls-Royce Spectre resmi dirilis di Indonesia Selasa (14/11/2023) di Jakarta. Mobil listrik ultra-mewah ini sejatinya sudah diperkenalkan di dunia sejak Oktober 2022 lalu di negara asalnya, Inggris.
Powertrain all-electric mengambil pengalaman khas Rolls-Royce: torsi instan, pengoperasian tanpa suara, dan sensasi satu gigi transmisi yang hampir tidak terasa.
Mereka menyempurnakannya untuk klien generasi baru. Sistem "Kecerdasan Terdesentralisasi" memungkinkan pertukaran informasi secara bebas dan langsung antara ribuan fungsi kendaraan individual.
Filosofi dan Posisi Spectre
Sebuah fastback dua pintu yang sangat proporsional dan mencolok secara visual, Spectre adalah penerus spiritual dari Rolls-Royce Phantom Coupe yang terkenal.
Interiornya merupakan kanvas untuk personalisasi Bespoke, dilengkapi fascia bercahaya unik dan Starlight Doors pertama yang dihadirkan dalam produksi Rolls-Royce.
Sebagai salah satu barang mewah yang paling diminati di dunia, Spectre adalah perpanjangan dari orang yang memesannya.
Mencerminkan kepribadian dan nilai individu mereka, serta melambangkan pencapaian mereka.
Era "Rolls Royce 3.0"
Rolls-Royce era Goodwood pertama, diluncurkan pada tahun 2003, adalah Phantom. Didukung oleh arsitektur Bespoke-nya sendiri, ini adalah Rolls-Royce 1.0.
Untuk penerusnya, merek mewah ini menciptakan Architecture of Luxury spaceframe all-aluminium yang juga menyediakan fondasi untuk Cullinan dan Ghost - mewakili Rolls-Royce 2.0.
Dengan powertrain elektrik sepenuhnya dan Kecerdasan Terdesentralisasi, Rolls-Royce Spectre menandai dimulainya Rolls-Royce 3.0, dan era baru untuk otomotif super-mewah.
All-aluminium Architecture of Luxury
Spectre adalah Rolls-Royce seri keempat yang dibangun di atas platform Architecture of Luxury yang unik dan dimiliki oleh Rolls-Royce Motor Cars.
Berpandangan jauh ke depan, platform itu sengaja dibuat sejak awal untuk mengakomodasi powertrain listrik saat dan ketika teknologi tersedia.
Platform ini terdiri dari spaceframe yang seluruhnya aluminium, yang dapat diskalakan tanpa batas dan dapat dimodifikasi di sekitar empat titik tetap, satu di setiap sudut mobil.
Fleksibilitas yang melekat ini memungkinkan Rolls-Royce menyesuaikan sekat, lantai, crossmember, dan panel ambang dengan cara yang paling sesuai untuk masing-masing produk.
Dengan Spectre, para insinyur Rolls-Royce membuka potensi yang sebelumnya belum dijelajahi dalam konsep tersebut.
Bagian aluminium ekstrusi yang canggih dan integrasi baterai ke dalam struktur membuat spaceframe Spectre 30% lebih kaku daripada Rolls-Royce sebelumnya.
Arsitekturnya juga memungkinkan para insinyur untuk menempatkan lantai di tengah-tengah antara struktur ambang daripada di atas atau di bawahnya.
Sebuah saluran untuk perkabelan dan pipa pengatur suhu berada di antara baterai dan lantai, dengan baterai terpasang di bawahnya, menghasilkan profil lantai bawah yang mulus.
Hal ini memungkinkan posisi duduk yang rendah, sementara memindahkan lokasi sekat memperdalam dasbor untuk menciptakan kabin penumpang yang benar-benar menyejukkan.
Sensasi ini diperkuat oleh kaca depan Spectre yang tajam, yang juga berkontribusi pada aerodinamika mobil yang luar biasa.
Posisi baterai memberikan fungsi sekunder yang sangat bermanfaat, terintegrasi penuh ke dalam arsitektur mobil, berfungsi sebagai insulasi akustik tambahan seberat 700 kg.
All-Electric Drivetrain
Dengan Spectre, Rolls-Royce berkomitmen untuk masa depan listrik tanpa kompromi dengan menentukan drivetrain yang sepenuhnya listrik daripada solusi hybrid.
Ini dilengkapi dua Separately Excited Synchronous Motors (SSM). Motor listrik depan menghasilkan 190kW / 365 Nm, dengan motor belakang menghasilkan 360kW/710 Nm.
Dalam hal performa, ini setara dengan mesin pembakaran internal 430kW (584 hp) dengan torsi 900Nm.
Dalam hal akselerasi, Spectre mencapai 0-60 mph dalam 4,4 detik (0-100 km/jam dalam 4,5 detik).
Dalam menetapkan rentang yang sesuai untuk Spectre, pihak Rolls-Royce pertama-tama terlibat dengan klien, untuk memahami kebutuhan mereka.
Jarak tempuh untuk sekali isi daya terkonfirmasi 530 km (329 mil) WLTP. Waktu pengisian daya dari 10-80% adalah 34 menit menggunakan pengisi daya cepat 195 kW (DC).
Ini juga akan menghasilkan daya yang cukup untuk menempuh jarak sejauh 100 km dalam waktu pengisian daya sekitar sembilan menit.
Rolls-Royce Spectre juga dilengkapi dengan Active Lane Centering dan Adaptive Cruise Control secara bersamaan.
Baterai
Spectre memiliki baterai lithium-ion 102 kWh, dibuat menggunakan kobalt dan lithium dari sumber yang dikontrol secara ketat di Australia, Maroko, dan Argentina.
Sel baterai diproduksi menggunakan 100% listrik ramah lingkungan. Ini telah diuji secara ekstensif dalam suhu mulai dari -40°C hingga +50°C.
Sistem manajemen termal bawaan Spectre mempertahankan suhu operasi optimal setiap saat.
Regenerative Braking
Spectre memiliki fungsi pengereman regeneratif yang dapat dikonfigurasi oleh pengemudi dengan menekan tombol bertanda 'B' pada Column Shifter.
Dengan mengaktifkan 'Mode Rem, pengereman regeneratif ditingkatkan, memungkinkan apa yang disebut pengendaraan pedal tunggal dan bahkan membiarkan mobil berhenti total jika diinginkan.
Pengaturan default saat start adalah regenerasi rendah, meniru gaya berkendara otomatis ICE Rolls-Royce.
Digital Engineering
Spectre adalah Rolls-Royce yang paling terhubung dalam sejarah, dengan sinyal pengirim-penerima tiga kali lebih banyak daripada model sebelumnya.
Memang, para insinyur menggambarkannya sebagai "Rolls-Royce dalam definisi ultra-tinggi" karena kecepatan dan keakuratan tanggapannya terhadap kondisi jalan dan cuaca.
Masing-masing dari ribuan karakteristik drivetrain dan sasis mobil telah diuji dan disempurnakan secara mendalam selama program pengujian 2,5 juta kilometer.
Melalui arsitektur perangkat lunak yang dikenal sebagai Kecerdasan Terdesentralisasi, data diproses lebih dekat ke sumbernya daripada ditangani secara keseluruhan oleh satu unit pemrosesan pusat.
Untuk mencapai hal ini, masing-masing dari 141.200 variabel pengirim- penerima memiliki kontrol buatan tangan tersendiri.
Dalam hampir semua kasus, beberapa sub- variabel tambahan memperhitungkan variasi iklim, kecepatan gerak, jenis jalan, status kendaraan, dan gaya mengemudi.
Hal ini memungkinkan mobil untuk merespons masukan pengemudi dan perubahan kondisi jalan dengan lebih cepat.
Planar Suspension System
Penangguhan Spectre adalah evolusi dari Sistem Planar yang awalnya diluncurkan pada Rolls-Royce Ghost.
Insinyur menggambarkannya sebagai orkestra sistem, yang menggabungkan perangkat keras yang dikembangkan secara khusus dan kemampuan pemrosesan berkecepatan tinggi Spectre.
Sehingga, menghadirkan pengalaman mengendarai karpet ajaib alias "magic carpet" yang menjadi ciri khas merek tersebut.
Kekakuan torsi 30% lebih besar Spectre meniadakan kebutuhan peredam wishbone atas yang digunakan pada Rolls-Royce Ghost.
Pada jalan lurus, sistem dapat secara otomatis memisahkan anti-roll bar Spectre, sehingga memungkinkan tiap roda bekerja secara independen.
Hal ini mencegah guncangan yang terjadi saat satu sisi kendaraan membentur gelombang di jalan.
Dan, secara dramatis mengurangi gangguan frekuensi tinggi yang disebabkan oleh kerusakan permukaan yang lebih kecil dan berulang.
Saat sistem mendeteksi tikungan, sistem menggabungkan kembali komponen dan mengeraskan peredam.
Serta, bersiap mengaktifkan sistem kemudi empat roda untuk memastikan masuk dan keluar dengan mudah.
Selama menikung, masing-masing sensor memantau hampir 20 parameter kemudi, pengereman, pengiriman daya, dan suspensi yang berbeda.
Dan, menyesuaikannya secara otomatis untuk mempertahankan pelacakan dan stabilitas yang sempurna.
Spirit-Digital Architecture of Luxury
Spirit adalah arsitektur digital yang didesain ulang sepenuhnya yang menghubungkan pemilik Spectre dengan mobil mereka lebih dekat dari sebelumnya.
Selain mengelola fungsi mobil, Spirit diintegrasikan dengan mulus ke dalam aplikasi Whispers, memungkinkan pemilik untuk berinteraksi dengan mobil mereka dari jarak jauh.
Eksterior
Desain Spectre menarik inspirasi dari dunia yang jauh melampaui dunia otomotif, termasuk haute couture, patung modernis, desain Bahari, jahitan, dan seni kontemporer.
Secara khusus, desain mengambil isyarat dari kejelasan dan ketepatan garis dan penggunaan refleksi cerdas dalam gaya balap modern yacht.
Grille Pantheon Spectre adalah yang terluas yang pernah dipasang pada Rolls-Royce.
Baling-baling baja tahan karat yang dipoles halus dan pas rata, dan diterangi lembut dengan 22 LED yang menerangi permukaan belakang, menciptakan ciri khas tiga dimensi yang halus di malam hari.
Patung Spirit of Ecstasy dibuat khusus untuk Spectre dengan posisi yang lebih rendah dan profil yang lebih aerodinamis.
Disempurnakan selama 830 jam pemodelan desain dan pengujian terowongan angin, ini berkontribusi pada koefisien hambatan mobil hanya 0,25 cd.
Sehingga, menjadikan Spectre sebagai Rolls-Royce paling aerodinamis yang pernah dibuat.
Lampu depan terpisah telah menjadi ciri khas Rolls-Royce selama bertahun-tahun, dan merupakan referensi visual langsung ke pendahulu Spectre yang termasyhur, Phantom Coupe.
Garis busur vertikal yang tajam menarik perhatian ke belakang ke fastback Spectre, yang terinspirasi oleh mobil klasik dan yacht balap.
Garis atap yang mulus berkontribusi signifikan terhadap aerodinamika Spectre.
“Garis aliran” yang lebih rendah adalah representasi visual dari “mengendarai karpet ajaib” ala Rolls-Royce yang terkenal.
Coachwork Spectre dengan lembut masuk ke ambang jendela, meringankan permukaan dan menciptakan kesan gerak dengan memantulkan jalan yang lewat di bawahnya.
Seperti lambung kapal pesiar balap yang memantulkan air saat memotongnya.
Mengikuti garis atap belakang, lampu belakang dipasang ke panel bodi tunggal terbesar yang pernah diproduksi untuk Rolls-Royce, yang memanjang dari pilar A ke kompartemen bagasi.
Untuk mengantisipasi berbagai komisi warna eksterior Bespoke, lampu belakang tidak berwarna untuk netralitas.
Untuk menyamai proporsi Spectre, ini adalah coupe dua pintu Rolls-Royce produksi pertama yang dilengkapi dengan roda 23 inci dalam hampir 100 tahun.
Interior
Interior Spectre berisi banyak fitur Bespoke berteknologi canggih. Untuk pertama kalinya dalam produksi seri Rolls-Royce, ini termasuk Starlight Doors, yang menggabungkan 4.796 “bintang” yang diterangi dengan lembut.
Jika mau, pelanggan dapat memilih latar belakang panel Canadel, yang dibuat dengan tangan dari berbagai jenis kayu yang indah.
Tema “surgawi” yang halus berlanjut dengan Spectre's Illuminated Fascia.
Dikembangkan selama dua tahun dan lebih dari 10.000 jam kolektif, Illuminated Fascia menggabungkan papan nama Spectre yang dikelilingi oleh gugusan lebih dari 5.500 bintang.
Terletak pada sisi dasbor penumpang iluminasi sama sekali tidak terlihat saat mobil tidak beroperasi.
Desain jok depan yang serba-baru memiliki bagian kerah yang dapat dibuat dengan warna kontras atau senada dengan alas utama.
Seperti halnya semua mobil Rolls-Royce, suite interior Spectre menawarkan kepada klien kemungkinan Bespoke yang hampir tak terbatas.