Sejarah MotoGP Cina, Seri yang Seru Namun Gagal Cuan

Aditya Fahmi Nurwahid

Editor: Aditya Fahmi Nurwahid

Tes MotoGP Qatar 2024
Kejuaraan dunia balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP, musim ini mulai bergulir 8-10 Maret 2024 di Qatar. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)
  • Cina pernah menjadi tuan rumah MotoGP selama empat musim.
  • Valentino Rossi berhasil mencatatkan dua kemenangan di Sirkuit Internasional Shanghai tersebut.
  • Namun sayang, seri ini tak berlanjut karena tidak mendatangkan cuan.

SKOR.id - Seri MotoGP Cina pernah berlangsung pada 2005 hingga 2008, namun ditinggalkan karena tak membuahkan keuntungan. 

MotoGP pernah melirik Cina sebagai salah satu tuan rumah balapan. Rumor ini memanas usai gelaran F1 GP Cina sukses digelar pada 2004.

Dorna Sport lalu menyusun jadwal untuk memasukkan negeri tirai bambu. Seperti tahun-tahun sebelumnya, masalah penjadwalan ini menimbulkan polemik. 

MotoGP mempersiapkan 17 susunan balapan yang akan dimulai di Eropa, dengan Grand Prix Spanyol di Sirkuit Jerez sebagai pembuka dan akan diikuti oleh balapan di Brasil atau Afrika Selatan.

Namun, kalender yang ditetapkan pun berubah dengan kedua opsi dikeluarkan dari kalender. Namun seri MotoGP Cina dan MotoGP Turki masuk sebagai seri baru.

MotoGP lalu mampir ke Sirkuit Internasional Shanghai yang menjadi tuan rumah seri ketiga kejuaraan balap motor tersebut.

Menjual Keunikan Sirkuit Internasional Shanghai

Salah satu alasan mengapa MotoGP Cina digelar oleh Dorna Sport adalah keunikan Sirkuit Internasional Shanghai. 

Formula 1 terbilang sukses menggelar balapan di sirkuit yang sama pada tahun 2004, dan uang sponsor yang menyertainya.

Daya tarik sirkuit ini adalah desainnya. Sirkuit Internasional Shanghai memiliki dua jalur lurus yang sangat panjang, hampir sejauh tiga perempat mil.

Saat itu, mesin MotoGP disebut memungkinkan mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 200mph. 

Sudut dalam sirkuitnya juga menarik, dengan beberapa belokan yang sangat sempit serta dua tikungan panjang yang membuat sepeda berputar hampir 360 derajat. Secara total, sirkuit ini memiliki 14 putaran, terbagi rata antara kiri dan kanan.

Gagal Jual Keunikan

Namun pada seri pertama, aroma kerugian justru berembus usai gelaran.

Yu Zhifei, manajer umum grup Manajemen dan Pengembangan Sirkuit Internasional Shanghai mengakui bahwa biaya penyelenggaraan MotoGP China membuat perusahaannya mengalami defisit yang sangat besar.

Ya, dalam wawancaranya kepada Shanghai Daily, Sirkuit Internasional Shanghai mengakui bahwa MotoGP Cina tidak seperti seri Formula 1 yang terbukti jauh lebih sukses.

Zhifei menyebut, sektor bisnis Cina tidak tertarik dengan MotoGP terutama dari 100 pabrikan sepeda motor nasional.

Ternyata, hanya dua pabrikan sepeda motor yang hadir di seri pertama MotoGP Cina untuk promosi. 

"Kami memiliki begitu banyak merek sepeda motor buatan dalam negeri, tetapi tampaknya kebanyakan dari mereka sama sekali tidak ingin terlibat di MotoGP. Kami tidak berhasil membawa satu pun sponsor utama," kata Yu Zhifei.

"Semua nama yang muncul di sisi lintasan adalah mitra global Dorna Sports. Saya tidak dapat berbicara tentang angka, tetapi kami bahkan belum mencapai titik impas pada acara ini. Tanpa sponsor, kami sangat bergantung pada tiket, yang juga tidak memberi semangat untuk optimis."

Pada MotoGP Cina 2006, jumlah penonton terbanyak dicatatkan. Namun, yang datang hanyalah 32.402 penonton dari kapasitas 150.000 penonton yang dipersiapkan.

Salah satu alumni Haaga Helia University of Applied Sciences, Ye Yengshi, mempublikasikan penelitiannya pada 2020 terkait kerugian MotoGP Cina dari berbagai literatur.

Hasil utama dari studi ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan MotoGP di Cina berlangsung di tengah perubahan budaya finansial dan pasar olahraga motor di CIna.

Yengshi menyoroti pemasaran MotoGP Cina yang tak berkembang dengan kondisi pasar. Dalam penelitiannya, salah satu yang berpotensi menggenjot minat pasar Cina menuju seri MotoGP secara jangka panjang adalah munculnya motor dari Cina yang kompetitif dan ikut dalam kompetisi. 

MotoGP Cina Tinggalkan Kenangan

2005: Kemenangan Pertama VR46 di Lintasan Basah

Pada MotoGP Cina 2005, Valentino Rossi menjadi pemenang balapan yang diadakan di tengah hujan lebat. Tempat kedua secara mengejutkan ditempati pembalap non-unggulan Olivier Jacque, sebagai pengganti Alex Hofmann yang mengalami patah pergelangan tangan pada seri MotoGP Portugal. 

Jacque memulai balapan dengan di posisi ke-15 di grid dan terus berusaha melewati lapangan untuk finis hanya 1,7 detik di belakang Rossi, untuk memberi Kawasaki hasil MotoGP terbaik mereka. Marco Melandri membulatkan podium ketiga dengan jarak 15 detik di belakang Jacque.

Seri balapan ini turut menjadi seri spesial yang diingat oleh Valentino Rossi, mengingat podium tertinggi di Cina adalah kemenangan pertama sang pembalap di lintasan basah menggunakan motor Yamaha.

2006: Rekor Dani Pedrosa di MotoGP

Tahun 2006, Dani Pedrosa meraih kemenangan MotoGP pertamanya pada perlombaan keempat di kelas utama. Juara dua kali kelas 250cc itu akhirnya finis pertama dengan keunggulan 1,5 detik di depan rekan setimnya, Nicky Hayden. 

Menyusul berturut-turut di belakang Hayden adalah Colin Edwards, John Hopkins dan Casey Stoner. 

Kemenangan Pedrosa di Sirkuit Internasional Shanghai membawa rekor pembalap termuda yang memenangkan balapan di tiga kelas berbeda.

Pada seri 2007 juga, Sosok Makoto Tamada bahkan sempat mencatatkan kecepatan 343,7 km/jam. Capaian tersebut merupakan "mantan" rekor kecepatan tertinggi yang pernah tercatat di MotoGP, sebelum dipecahkan Dani Pedrosa di Sirkuit Mugello pada 2009.

2007: Pertarungan Stoner vs Rossi

Bergeser ke MotoGP Cina 2007, Casey Stoner memberi Ducati kemenangan pertama mereka di sirkuit Shanghai. Ia melewati Valentino Rossi yang start dari posisi terdepan, diikuti John Hopkins yang naik podium untuk pertama kalinya pada perlombaan ke-82 sepanjang kariernya.

Perlombaan di Sirkuit Internasional Shanghai pada tahun tersebut menjadi bagian dari panasnya rivalitas Rossi vs Stoner. Bagaimana tidak, VR46 membuntuti Casey Stoner sejak dari balapan pembuka di Qatar hingga ke Shanghai.

Namun, performa Rossi lalu menurun usai MotoGP Cina dan finis ketiga di klasemen pembalap pada akhir musim, "membiarkan" Casey Stoner juara dengan selisih 121 poin.

2008: Bagian dari Musim Terbaik Rossi

Musim terakhir MotoGP Cina, pada tahun 2008, menjadi milik Valentino Rossi. Dengan Colin Edward yang tak dinyana meraih pole position, balapan memperebutkan tujuh posisi terdepan berlangsung seru.

Rossi berhasil menjadi yang terdepan mengasapi dua juara Shanghai sebelumnya, Dani Pedrosa dan Casey Stoner.

Kejutan muncul dari Jorge Lorenzo. Pembalap Fiat Yamaha ini engalami retak tulang akibat kecelakaan pada sesi free practice, namun memaksa ikut balapan dan berhasil finis di posisi keempat.

Kemenangan Rossi kali ini juga menjadi hattrick podium pertama Rossi pada musim MotoGP 2008. VR46 menutup akhir musim ini dengan gelar juara dunia bersama Fiat Yamaha. 

Source: MotoGPEurosport

RELATED STORIES

Alasan Aprilia Tak Ubah Line Up Pembalap untuk MotoGP 2023

Alasan Aprilia Tak Ubah Line Up Pembalap untuk MotoGP 2023

Aprilia mengaku tak punya alasan mengganti duet Aleix Espargaro-Maverick Vinales di musim depan.

India Masuk Kalender MotoGP 2023, Dorna Sports Makin Serius Garap Pasar Asia

Dorna Sports secara resmi mengumumkan India masuk dalam kalender balap MotoGP untuk musim 2023.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa. (Foto: Rais Adnan/Grafis: Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Yoshimi Ogawa Pastikan Wasit Super League 2025-2026 Terapkan Regulasi Terbaru

Kiper hanya boleh memegang bola delapan detik, protes cuma dari kapten tim, hingga hukuman penalti dari "pengganggu".

Taufani Rahmanda | 06 Aug, 17:28

cover persib

Liga 1

Profil Klub Super League 2025-2026: Persib Bandung

Persib Bandung mengalami perombakan pemain asing menuju Super League 2025-2026 tetapi tetap ambisius.

Taufani Rahmanda | 06 Aug, 16:43

Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Foto: Yogie Gandanaya/Grafis: Yusuf/ Skor.id)

National

Erick Thohir Puji Kinerja Positif PT GSI untuk PSSI dalam RUPS 2025

Perusahaan yang dimiliki PSSI, PT Garuda Sepak Bola Indonesia, menggelar RUPS tahunan pada Rabu (6/8/2025).

Taufani Rahmanda | 06 Aug, 16:39

Konferensi pers sinergi NDRC Indonesia untuk bangun ekosistem sepak bola nasional. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

National

Ekosistem Sepak Bola Indonesia Makin Baik dengan Eksistensi NDRC

NDRC merupakan lembaga Penyelesaian Sengketa Nasional yang menjadi bagian dari ekosistem sepak bola nasional.

Gangga Basudewa | 06 Aug, 15:47

Cover ASEAN MISG Serenity Cup 2025 atau ASEAN Women’s Championship 2025 atau Piala AFF Wanita 2025. (Foto: Dok. AFF/Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala AFF Wanita 2025: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen ASEAN Women's Championship 2025, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 06 Aug, 15:30

Dewa United FC

Liga 1

Profil Klub Super League 2025-2026: Dewa United FC

Dewa United FC tampil di Super League 2025-2026 dengan skuad lebih mewah dan punya dukungan tambahan dari suporter.

Taufani Rahmanda | 06 Aug, 13:42

Identitas baru dari kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia atau Liga 1 di musim ini, Super League 2025-2026. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 1

Super League 2025-2026: Jadwal, Hasil, Klasemen dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Super League 2025-2026 yang terus diperbarui seiring bergulirnya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 06 Aug, 12:33

Nusantara Futsal League, identitas baru dari Liga Futsal Nusantara yang merupakan kompetisi futsal kasta kedua di Indonesia. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Futsal

Nusantara Futsal League 2025: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap Putra dan Putri

Jadwal, hasil, dan klasemen Nusantara Futsal League 2025 putra-putri, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 06 Aug, 12:33

Konferensi pers IBL All Indonesia 2025. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Basketball

IBL All Indonesia 2025 Kembali, Wadah bagi Pemain Lokal Unjuk Kemampuan

IBL All Indonesia akan berlangsung di Stadion Indoor Manahan Solo, 16-31 Agustus.

Gangga Basudewa | 06 Aug, 11:31

Update bursa transfer Liga Italia (Serie A) musim 2025-2026. (Deni Sulaeman/Skor.id).

Liga Italia

Update Bursa Transfer Liga Italia 2025-2026

Update bursa transfer Liga Italia (Serie A) musim 2025-2026, Napoli, Inter Milan, Juventus, hingga AC Milan berburu pemain baru.

Pradipta Indra Kumara | 06 Aug, 11:10

Load More Articles