- Prestasi membanggakan diraih ajang ONE Championship.
- Kejuaraan MMA itu jadi properti media olahraga global dengan jumlah penonton tertinggi di Facebook sepanjang 2021.
- ONE Championship mengalahkan beberapa kompetisi bergengsi lain, seperti NBA, UFC, dan Liga Champions Eropa.
SKOR.id - ONE Championship resmi menjadi properti media olahraga global dengan jumlah viewership tertinggi di Facebook sepanjang 2021,
Berdasarkan data yang dihimpun Facebook dan CrowdTangle, video yang dimiliki ONE meraih 8,84 miliar view di platform milik Mark Zuckerberg tersebut.
Jumlah tersebut hampir satu miliar lebih tinggi dari video milik WWE (gulat profesional) yang berada di peringkat kedua.
Sedangkan di peringkat ketiga ada ICC (kriket) dengan 2,81 miliar view, disusul NBA (basket) di tempat keempat dan UFC (MMA) di posisi kelima.
“Merupakan sebuah kehormatan untuk diakui sebagai properti olahraga nomor satu di dunia dalam hal organic video views di Facebook sepanjang 2021," ujar Chatri Sityodtong.
"Sekali lagi, kami tidak akan mampu meraih prestasi ini tanpa dukungan fans terbaik dari seluruh dunia dan tim superstar kami di ONE Championship."
"Meski data ini menggambarkan sebuah pencapaian luar biasa, kami akan meraih capaian lebih tinggi lagi di 2022,” CEO dan Chairman ONE Championship itu menambahkan.
Dengan ini, maka ONE Championship merajai Facebook di antara lebih dari 5.000 properti media lain yang ada di dunia.
Sepanjang tahun tersebut, rata-rata ONE mengunggah 10,79 postingan per hari.
Dalam hal engagement, total postingan ONE mendapat 64,42 juta interaksi alias satu setrip di bawah UEFA Championship League (sepak bola) yang mendapat 78,01 juta interaksi.
Terdapat banyak video ONE di Facebook yang meraih total view puluhan hingga ratusan juta.
Contohnya video tendangan Superbon yang menumbangkan Giorgio Petrosyan pada Oktober lalu yang sejauh ini telah dilihat 40 juta kali.
Sementara itu, video kumpulan aksi Rodtang Jitmuangnon mendapat total 60 juta view.
Khusus dalam lingkup olahraga bela diri, angka yang dimiliki ONE Championship hampir delapan kali lebih tinggi dari UFC.
Sementara di peringkat ketiga ada Bellator MMA dengan angka view 115,57 juta, menyusul PFL di posisi selanjutnya dengan torehan 88,54 juta.
Sekitar sepuluh tahun lalu, ONE Championship berdiri pada era digital di Asia yang merupakan benuar dengan tingkat penetrasi media sosial tertinggi.
Sejak saat itu, kehadiran ONE langsung begitu terasa khususnya di generasi muda yang lekat dengan pertumbuhan teknologi.
Dukungan dari para fans merupakan salah satu faktor di balik kesuksesan ONE menjadi properti media olahraga terbesar sepanjang sejarah Asia.
Berdasarkan laporan Nielsen yang dirilis tahun lalu, ONE menjadi properti olahraga dengan pertumbuhan tertinggi di dunia digital.
Sementara itu, organisasi bela diri yang bermarkas di Singapura ini akan menggelar ONE X pada 26 Maret mendatang yang dijanjikan akan menjadi ajang terbesar ONE Championship.
Ajang peringatan satu dekade ONE Championship ini menyajikan laga utama antara Angela Lee kontra Stamp Fairtex yang memperebutkan gelar juara dunia ONE Women’s Atomweight.
Selain itu, akan ada superfight antara Demetrious Johnson melawan Rodtang dalam laga spesial yang mengadopsi peraturan gabungan antara MMA dan Muay Thai.
Lihat postingan ini di Instagram
Berita ONE Championship lainnya:
ONE Championship: Taklukkan Ayaka Miura, Xiong Jing Nan Sukses Pertahankan Gelar
Muncul Wacana Duel Petinggi MMA, Intip Kekuatan Bos ONE Championship dan UFC
Petarung Muda Thailand Tantang Ekaterina Vandaryeva dalam ONE Championship