- Reli Dakar 2021 akan melombakan mobil-mobil klasik.
- Persaingan sengit di kategori mobil sempat terjadi antara awal 1980-an sampai pertengahan 1990-an yang melibatkan Porsche, Mercedes, Peugeot, dan Mitsubishi.
- Rute dan jarak lomba kelas klasik takkan sama dengan peserta reguler.
SKOR.id - Ada yang menarik dari penyelenggaraan Reli Dakar pada Januari tahun depan. Mulai 2021, Reli Dakar akan melombakan kelas baru, klasik.
Namun, kelas klasik tersebut sejauh ini hanya berlaku untuk kategori mobil, truk, dan buggy.
Dalam video promosinya yang dikutip Skor.id dan Goodwood.com, David Castera selaku Direktur Dakar menyebut, saat ini Reli Dakar memang ingin ramah energi.
"Tapi, penting untuk menghargai para pionir Dakar untuk menghidupkan kembali nuansa petualangan dan penaklukkan," kata David Castera.
"Jadi, sangat mungkin kategori klasik ini dilombakan pada Januari nanti. Siapkan saja mobil Anda."
Adapun kendaraan yang boleh turun adalah produksi untuk balap antara tahun 1978 sampai 2000, atau yang memang dibuat khusus untuk lomba.
Kendaraan replika juga boleh turun. Atau, mobil yang memang pernah diturunkan di Reli Dakar edisi-edisi antara tahun tersebut.
Dengan begitu, mobil-mobil legendaris seperti Porsche 959 Dakar, Mitsubishi Pajero Evo, Nissan Patrol, Land Rover Defender, sampai Renault 5 6x6, bisa kembali muncul.
Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, belum ada kabar apakah Amaury Sport Organisation selaku penyelenggara, juga akan mengizinkan kategori motor di kelas klasik ini.
Reli Dakar, yang perdana digelar pada 1979, pada awalnya dilangsungkan dari Paris, Prancis, menuju ibu kota Senegal, Dakar, dengan jarak 6.200 mil (sekira 10 ribu km).
Persaingan ketat di kategori mobil terjadi pada era 1980-an sampai awal 1990-an.
Saat itu, pabrikan besar sekelas Porsche, Mercedes-Benz, dan Mitsubishi, menurunkan eks mobil kelas Grup B di Kejuaraan Reli Dunia (WRC) untuk bertarung di Reli Dakar.
Mercedes yang menurunkan varian 280 GE merebut gelar pada Reli Dakar 1983 lewat mantan juara dunia Formula 1 (F1), Jacky Ickx.
Porsche lalu menghentak dengan 911 dan 959 yang masing-masing juara pada 1984 dan 1986 lewat Rene Metge.
Pabrikan asal Prancis, Peugeot dan Citroen, juga sempat mencuri perhatian.
Peugeot 205 T16 juara pada Reli Dakar 1987 (lewat Ari Vatanen) dan 1988 (Juha Kankkunen), serta 405 T16 pada 1989 dan 1990 (Ari Vatanen).
Ari Vatanen pernah dijuluki Singa Gurun karena pada 1991 kembali menjuarai Reli Dakar di atas Citroen ZX.
Mitsubishi lewat Pajero Evolution-nya, merajai Rally Dakar sejak pertengahan 1990-an sampai Reli Dakar terakhir digelar di Afrika pada 2007.
Mitsubishi Pajero Evolution menjadi salah satu mobil ikonik Reli Dakar berkat 12 gelar di kategori mobil (1985, 1992, 1993, 1997, 1998, 2001-2007).
Dalam perkembangannya, Reli Dakar beberapa kali digelar di Amerika Selatan (Latin), tepatnya antara 2009-2019, dengan alasan keamanan.
Tahun lalu, Reli Dakar digelar hanya di Arab Saudi. Pun demikian tahun depan.
Khusus untuk peserta kategori klasik Reli Dakar, rute yang ditempuh tentu takkan sama dengan kelas reguler.
Namun, waktu dan lokasi start-finis akan sama dengan peserta reguler, yakni pada 3 dan 15 Januari 2021 di Jeddah, Arab Saudi.
Ikuti juga Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.
Baca Juga:
Marc Marquez Belum Tertarik Jajal Reli Dakar
Terkena Serangan Jantung, Paulo Goncalves Meninggal Dunia di Reli Dakar