Nike Bangun Lapangan Basket Standar FIBA untuk Remaja Putri Filipina

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Lapangan basket The Courtyard di Filipina (Dok. Nike).
Lapangan basket The Courtyard di Filipina (Dok. Nike).

SKOR.id – Terdapat fakta bahwa di Filipina, anak perempuan yang menghentikan kegiatan olahraganya pada usia 14 tahun jumlahnya dua kali lipat dibanding anak laki-laki. 

Banyak faktor yang menyebabkan hal itu, namun faktor utama yang kerap jadi penyebab adalah kurangnya akses. Nike mengambil bagiannya untuk mengubah hal itu. 

Remaja putri Filipina antusias bermain basket (Dok. Nike).
Remaja putri Filipina antusias bermain basket (Dok. Nike).

Untuk menghormati Piala Dunia Bola Basket FIBA tahun ini yang diadakan di Filipina, merek olahraga global ini menciptakan tempat yang aman bagi remaja putri untuk bermain bola basket.

Mereka baru-baru ini membangun komunitas di jantung Bonifacio Global City, yang dinamai The Courtyard.

Lapangan The Courtyard ini dirancang untuk mengembangkan komunitas bola basket sekaligus menyebarkan olahraga ini untuk generasi berikutnya. 

Salah satu sisi lapangan basket The Courtyard.jpg
Salah satu sisi lapangan basket The Courtyard (Dok. Nike).

Terdapat dua lapangan basket yang sesuai regulasi FIBA, satu zona untuk latihan setengah lapangan, ruang ganti, kamar mandi, ruang hijau, dan atap. 

Karena Nike sangat fokus pada keberlanjutan dan sirkularitas, tidak mengherankan jika kedua lapangan itu terbuat dari sol luar karet dari sekitar 30.000 pasang sepatu daur ulang.

Antusiasme dan kegembiraan terhadap permainan bola basket di Filipina memang sangatlah ekstrem.

Alasan olahraga ini disukai adalah karena kecepatannya, dapat dimainkan secara berkelompok atau individu, dan tidak memerlukan banyak peralatan. 

Seiring waktu, olahraga ini telah menjadi bagian penting dari budaya dan komunitas di Filipina. 

Remaja putri bermain basket di The Courtyard bersama remaja laki-laki (Dok. Nike).
Remaja putri bermain basket di The Courtyard bersama remaja laki-laki (Dok. Nike).

Mariana Lopa, Managing Director organisasi nirlaba Girls Got Game, kemudian menceritakan antusiasme masyarakat Filipina terhadap olahraga bola basket.

“Anda memasang lingkaran di mana saja, dan yang Anda butuhkan hanyalah sebuah bola,” Lopa menuturkan, dikutip dari Complex.com, Sabtu (16/9/2023). 

“Tidak ada perlengkapan lain, Anda bahkan tidak perlu memiliki sepatu. Ini adalah hal nomor satu di Filipina, aksesibilitas,” Lopa menambahkan.

Seperti disebutkan sebelumnya, sebagian besar anak perempuan berhenti berolahraga sejak dini karena kurangnya akses. 

Khususnya di Filipina, meskipun terdapat lapangan basket di setiap sudut kota, namun akses terhadap lapangan tersebut sangat sedikit dan jarang. 

Courtyard merupakan lapangan basket gratis yang dirancang dengan tujuan memberdayakan perempuan Filipina yang tidak diberi banyak kesempatan atau akses. 

Padahal, mereka sangat ingin bermain mengingat begitu populernya olahraga basket di negara tetangga Indonesia ini.

Logo Nike di ring basket The Courtyard (Dok. Nike).
Logo Swoosh di ring basket The Courtyard (Dok. Nike).

Lapangan ini mencakup area seluas 2.182 meter persegi, namun dampaknya terhadap para atlet muda ini tidak dapat diukur.

Perbedaan utama antara Filipina dan negara lain adalah, Filipina baru tiga tahun terakhir ini memiliki liga basket pro wanita. 

Selain itu, terbatasnya akses terhadap siaran langsung WNBA membuat remaja putri di sana sulit untuk melihat contoh, baik di dalam maupun luar lapangan.

Jadi pentingnya The Courtyard bukan sekadar memiliki ruang untuk bermain basket atau melakukan pelatihan keterampilan olahraga tersebut. 

Ini melambangkan representasi, peluang, dan masa depan olahraga perempuan di Filipina. Hal itu dikatakan LA Mumar, pelatih kepala bola basket putri Universitas Ateneo De Manila.

“Kami sebelumnya tidak memiliki liga profesional, sehingga sebagian besar mahasiswi kami bermain karena mereka menyukai olahraga tersebut,” ujarnya. 

“Ada kemurnian tertentu ketika saya melatih mereka,” LA Munar menambahkan.

Kecintaan terhadap bola basket sudah tertanam kuat di Filipina, baik itu untuk profesional, atau bermain hanya untuk menjadi bagian dari komunitas basket.

Nike telah menciptakan lingkungan agar warga Filipina merasa dirayakan dan terwakili secara setara di dalam dan luar lapangan.

Tujuan Nike adalah memajukan dunia melalui kekuatan olahraga, namun olahraga tidak akan memiliki kekuatan tanpa perempuan.

Source: complex.com

RELATED STORIES

1 Dekade Berlalu, Nike Tiger Woods 13 Kembali!

1 Dekade Berlalu, Nike Tiger Woods 13 Kembali!

Selang 10 tahun sejak kemunculan perdananya, Nike Tiger Woods 13 kini kembali lagi ke pasaran.

5 Fakta Piala Dunia Basket FIBA, Jepang-Filipina-Indonesia Catatkan Sejarah pada 2023

5 Fakta Piala Dunia Basket FIBA, Jepang-Filipina-Indonesia Catatkan Sejarah pada 2023

Piala Dunia Basket merupakan hajatan akbar Federasi Basket Dunia, FIBA, yang digelar setiap empat tahunan.

Air, Film Perjuangan Nike untuk Mendapatkan Michael Jordan

Air, Film Perjuangan Nike untuk Mendapatkan Michael Jordan

Matt Damon dan Viola Davis memenangkan persaingan dalam cerita tentang kemenangan pemasaran Nike yang bersejarah.

2 Sneaker Khusus Nike Versi Cristiano Ronaldo

Sebagai salah satu pesepak bola yang menjadi trendsetter, Cristiano Ronaldo berkolaborasi dengan Nike untuk sneaker.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Trofi baru Piala Dunia Antarklub FIFA didesain inovatif dengan sarat makna. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

World

Piala Dunia Antarklub 2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Dunia Antarklub 2025, yang akan diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Pradipta Indra Kumara | 27 Jun, 03:41

Trofi baru Piala Dunia Antarklub FIFA didesain inovatif dengan sarat makna. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

World

Hasil Piala Dunia Antarklub 2025: Manchester City dan Real Madrid Juara Grup

Hasil laga Piala Dunia Antarklub 2025, Manchester City dan Real Madrid berhasil menjadi juara grup.

Pradipta Indra Kumara | 27 Jun, 03:12

Kualifikasi Piala Asia Wanita 2026 atau 2026 AFC Women's Asian Cup Qualifiers. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Timnas Indonesia

Kualifikasi Piala Asia Wanita 2026: Jadwal, Hasil dan Klasemen Timnas Putri Indonesia

Timnas putri Indonesia akan berlaga di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, pada 29 Juni hingga 5 Juli 2025.

Taufani Rahmanda | 27 Jun, 01:32

cover bursa transfer Liga 1.

Liga 1

Update Bursa Transfer Liga 1 Menuju Musim 2025-2026

Aktivitas keluar-masuk pemain dan jajaran pelatih tim 18 klub Liga 1 2025-2026 pada awal musim, yang diperbaharui berkala.

Taufani Rahmanda | 27 Jun, 01:30

ibl playoffs 2025

Basketball

Playoff IBL 2025: Satria Muda Pertamina dan RANS Simba Bogor Kompak Menang Tandang

Satria Muda Pertamina dan RANS Simba Bogor raih hasil positif pada Game 1 Playoff IBL 2025, Kamis (26/6/2025).

Teguh Kurniawan | 26 Jun, 18:59

Nick Kuipers

Liga 1

Usai Raih Gelar Back to Back bersama Persib, Nick Kuipers Ingin Juara Lagi di Dewa United

Mantan pilar Persib Bandung, Nick Kuipers, resmi berlabuh di Dewa United untuk Liga 1 2025-2026.

Teguh Kurniawan | 26 Jun, 16:47

Apriyani Rahayu

Badminton

Tiga Wakil Dicoret PBSI dari Japan Open dan China Open 2025, Termasuk Apri/Febi

PBSI menilai ketiganya belum tampil maksimal di turnamen Super 500 ke atas.

Teguh Kurniawan | 26 Jun, 16:11

Kuku kaki Cristiano Ronaldo menghitam. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id).

World

Kuku Cristiano Ronaldo Menghitam, Ternyata Teknik Umum Para Atlet

Kuku Cristiano Ronaldo berwarna hitam, ternyata umum dilakukan di kalangan atlet.

Pradipta Indra Kumara | 26 Jun, 16:05

hector souto - timnas futsal indo

Futsal

FFI Ungkap Misi Besar untuk Hector Souto sebagai Pelatih dan Direktur Teknik Futsal Indonesia

Federasi Futsal Indonesia (FFI) mengungkap misi besar Hector Souto sebagai pelatih dan direktur teknik futsal Indonesia.

Pradipta Indra Kumara | 26 Jun, 13:33

NOC Indonesia berkolaborasi dengan DRX.

Other Sports

Kolaborasi dengan NOC Indonesia, DRX Beri Penghargaan kepada 6 Cabor

Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) bersama DRX Token memberikan inovasi baru untuk para atlet dalam pengelolaan uang.

Nizar Galang | 26 Jun, 13:08

Load More Articles