New Porsche Taycan Hadirkan Peningkatan pada Hampir Semua Bidang

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

New Porsche Taycan (Yusuf/Skor.id).
New Porsche Taycan memiiki jangkauan lebih jauh serta akselerasi dan pengisian daya lebih cepat (Yusuf/Skor.id).

SKOR.id – The New Porsche Taycan hadirkan pembaruan yang sangat ekstensif. Versi baru ini tidak hanya memiliki tenaga lebih besar.

Melainkan juga jangkauan lebih luas, akselerasi lebih cepat, dan pengisian daya lebih cepat dengan stabilitas lebih baik. 

Gaya Porsche juga mempertajam desain dan lebih kuat membedakan model Turbo. 

Semua versi Taycan menampilkan daftar perlengkapan standar yang lebih lengkap dan hadir dengan Porsche Driver Experience generasi terbaru dengan konsep tampilan dan kontrol yang ditingkatkan.

Ketiga varian bodi tersebut akan menampilkan berbagai modifikasi sejak tanggal peluncurannya.

Ketiganya adalah sedan sport Taycan, Taycan Cross Turismo serbaguna yang tersedia dalam paket off-road, dan Taycan Sport Turismo yang sporty namun praktis. 

Dalam setiap varian, tersedia empat opsi powertrain, dengan varian penggerak roda belakang dan semua roda. Versi ini akan tiba di Porsche Center mulai musim semi 2024.

Dalam perjalanan menuju produksi seri, insinyur pengembangan dan pengemudi penguji dalam mobil uji berkamuflase telah menempuh jarak lebih dari 3,6 juta kilometer di seluruh dunia.

Mereka akan terus menyempurnakan mobil sport serba-listrik pertama dari Porsche itu. 

Pabrikan mobil sport tersebut telah memproduksi hampir 150.000 unit Taycan. Pasar individual terpenting untuk Taycan saat ini adalah Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Cina.

“Kami mengantarkan era baru mobilitas elektronik dengan Taycan pada akhir tahun 2019," kata kepala lini model, Kevin Giek. 

"Taycan langsung terbukti menjadi game changer dan pionir inovatif di segmen kendaraan elektronik," Kevin menambahkan. 

"Kami sekarang melanjutkan kisah sukses ini dengan Taycan yang diperbarui secara ekstensif."

“Jajaran model telah mencapai tingkatan baru dalam hal performa, dengan dinamika berkendara dan kenikmatan berkendara yang luar biasa.” 

"Pada saat yang sama, kami mampu meningkatkan efisiensi, jangkauan, kegunaan dan kenyamanan sehari-hari secara signifikan," Kevin menuturkan.

Tampilan New Porsche Taycan tampak depan (Dok. Porsche).
Tampilan New Porsche Taycan tampak depan (Dok. Porsche).

Performa Lebih Tinggi Lagi

Semua model yang diperbarui berakselerasi jauh lebih cepat dibanding pendahulunya. 

Dua contoh dari kedua ujung portofolio: sebagai sedan sport, Taycan dan Taycan Turbo S mencapai angka 100 km/jam dari posisi diam masing-masing hanya dalam 4,8 dan 2,4 detik. 

Hal ini membuat mereka 0,6 dan 0,4 detik lebih cepat daripada pendahulunya.

Dengan fungsi push-to-pass baru dalam paket Sport Chrono, peningkatan hingga 70 kW, tergantung modelnya, dapat dilakukan selama 10 detik hanya dengan satu sentuhan tombol. 

Peningkatan tingkat akselerasi umumnya disebabkan oleh keluaran sistem yang lebih tinggi. 

Misalnya, basis Taycan menghasilkan 60 kW lebih banyak dari sebelumnya. Di Taycan Turbo S, tambahan 140 kW dengan Launch Control. 

Hal ini meningkatkan output sistem model teratas menjadi 700 kW/952 PS.

New Porsche Taycan (Dok. Porsche).
New Porsche Taycan (Dok. Porsche).

Jangkauan 35% Lebih Jauh dibanding Pendahulunya

Tergantung pada varian bodi dan mesin, jangkauan WLTP bertambah hingga 678 km, atau meningkat sebanyak 175 km ( sebanyak 35%). 

Taycan yang diperbarui tidak hanya memerlukan penghentian pengisian daya yang lebih sedikit dalam perjalanan jauh dibandingkan pendahulunya.

Melainkan juga mengisi ulang lebih cepat: di stasiun pengisian daya DC 800 volt, misalnya, daya dapat diisi hingga 320 kW. 

Itu 50 kW lebih banyak daripada sebelumnya. Siklus pengisian cepat pada baterai performa baru telah diperluas secara signifikan. 

Artinya, kapasitas pengisian daya lebih dari 300 kW dapat dipertahankan hingga lima menit.

Dan, kapasitas pengisian daya yang sangat tinggi dapat dicapai dengan lebih cepat, bahkan pada suhu rendah.

Tergantung pada gaya mengemudi seseorang, dan beberapa variabel lainnya, hal ini dapat mengurangi separuh waktu yang diperlukan untuk mengisi daya dari 10 menjadi 80 persen dibandingkan mobil pendahulunya. 

Pada Taycan generasi pertama, waktu pengisian SOC 10 hingga 80 persen pada suhu 15 derajat Celcius adalah 37 menit. 

Dalam kondisi yang sama, Taycan yang diperbarui hanya membutuhkan waktu 18 menit meski kapasitas baterainya lebih besar. 

Performance Battery Plus kini memiliki kapasitas kotor 105 kWh, atau meningkat dari 93 kWh.

New Porsche Taycan tampak belakang (Dok. Porsche).
New Porsche Taycan tampak belakang (Dok. Porsche).

Sasis Aktif Baru

Semua model Taycan yang diperbarui hadir dengan suspensi udara adaptif sebagai standar.

Suspensi Porsche Active Ride baru dapat dipesan sebagai opsi untuk versi all-wheel drive.

Sistem ini menawarkan bandwidth yang belum pernah ada sebelumnya antara kenyamanan berkendara dan dinamika berkendara.

Suspensinya menjaga bodi Taycan tetap sejajar setiap saat, bahkan saat melakukan pengereman dinamis, kemudi, dan manuver akselerasi. 

Dengan pengendaraan yang mulus, sistem menyerap benturan hampir seluruhnya. 

Dalam situasi berkendara yang dinamis, suspensi Porsche Active Ride memastikan koneksi yang hampir sempurna ke jalan raya berkat distribusi beban roda yang seimbang. 

Jika mode yang sesuai diaktifkan, suspensi dapat mengkompensasi gerakan pitching dan rolling untuk mengurangi gaya akselerasi yang bekerja pada penumpang.

Langkah-langkah Efisiensi yang Ekstensif

Peningkatan kinerja dan efisiensi secara bersamaan disebabkan oleh sejumlah faktor:

  • Powertrain canggih dengan motor gandar belakang baru dengan daya hingga 80 kW lebih besar dibandingkan pendahulunya di semua model
  • Inverter pulsa yang dimodifikasi dengan perangkat lunak yang dioptimalkan
  • Baterai yang lebih bertenaga
  • Manajemen termal yang direvisi
  • Heat pump generasi berikutnya
  • Strategi pemulihan dan penggerak semua roda yang dimodifikasi

Kapasitas pemulihan maksimum selama perlambatan dari kecepatan tinggi telah meningkat lebih dari 30 persen dari 290 menjadi 400 kW. 

Semua varian kini hadir sebagai standar dengan roda yang dioptimalkan secara aerodinamis dan ban yang mengurangi hambatan gelinding. 

Velg dan ban baru berukuran 21 inci dikembangkan khusus untuk tujuan ini.

Peralatan Meningkat Signifikan dengan Bobot Lebih Ringan

Meskipun model ini memiliki bobot lebih ringan hingga 15 kilogram, perlengkapan standarnya bahkan lebih lengkap dibanding sebelumnya, yaitu: 

  • Pencahayaan sekitar
  • ParkAssist dengan kamera mundur
  • Kaca spion luar yang dapat dilipat secara elektrik dengan pencahayaan sekeliling cermin
  • Kursi depan berpemanas
  • Porsche Intelligent Range Manager (PIRM)
  • Heat pump dengan sistem pendingin baru
  • Baki ponsel cerdas untuk pengisian daya nirkabel
  • Port pengisian daya listrik pada pengemudi dan sisi penumpang depan
  • Sakelar Mode Drive
  • Power Steering Plus kini menjadi fitur standar

Model dasar Taycan kini juga dilengkapi dengan suspensi udara adaptif dan pelindung ambang pintu aluminium sebagai standar. 

Selain peralatan yang ditingkatkan, spesifikasi produk yang ditingkatkan mencakup baterai dengan kapasitas yang lebih besar namun bobotnya lebih ringan.

Desain Lebih Menarik

Dengan gaya depan dan belakang baru serta lampu depan dan lampu belakang baru, para ahli di Style Porsche makin menyempurnakan desain Taycan yang bersih dan murni. 

Sayap depan baru dan lampu depan yang lebih datar memberikan penekanan lebih besar pada lebar Taycan.

Lampu depan baru menampilkan teknologi matriks HD resolusi tinggi dengan optik detail dan kini menampilkan grafis empat titik khas merek tersebut di malam hari. 

Logo Porsche pada setrip lampu belakang menampilkan desain tiga dimensi yang terlihat seperti kaca. 

Versi iluminasi ini tersedia untuk pertama kalinya, menampilkan animasi selamat datang/pergi.

Di antara fitur-fitur penting lainnya, aksen warna Turbonite membuat model Turbo dan Turbo S lebih menonjol daripada versi lainnya baik eksterior maupun interior.

Konsep Kontrol dan Tampilan yang Diperbarui

Cluster instrumen, tampilan tengah, dan tampilan penumpang opsional menampilkan antarmuka pengguna yang dioptimalkan dengan fungsi tambahan. 

Sakelar mode di roda kemudi kini hadir sebagai standar. Untuk model Taycan yang dilengkapi paket Sport Chrono dan Performance Battery Plus, terdapat tombol push-to-pass khusus di sakelar mode.

Menggunakan tuas kendali baru di sebelah kiri belakang kemudi, kendali sistem bantuan pengemudi menjadi lebih intuitif. 

Apple CarPlay telah diintegrasikan lebih dalam ke dalam tampilan dan fungsi kendaraan.

Fungsi video dalam mobil yang baru memungkinkan streaming video di layar tengah dan layar penumpang.

Source: Porsche

RELATED STORIES

Porsche Akan Luncurkan Mobil Baru pada 8 Juni 2023, Kemungkinan 911 ST

Porsche Akan Luncurkan Mobil Baru pada 8 Juni 2023, Kemungkinan 911 ST

Porsche baru ini bisa menjadi versi paling ringan dari mobil sport generasi sekarang.

Porsche Berniat Gabung ke F1 pada Musim 2025

Porsche Berniat Gabung ke F1 pada Musim 2025

Petinggi Porsche mengatakan bahwa timnya terus memantau perkembangan regulasi F1 bebas emisi untuk 2025.

Porsche Charging Lounge Pertama di Dunia untuk Isi Daya Diresmikan di Eropa

Porsche Charging Lounge Pertama di Dunia untuk Isi Daya Diresmikan di Eropa

Performa tinggi, enam stasiun pengisian daya listrik memiliki kapasitas masing-masing 300 kilowatt.

Porsche dan Audi Akan Gabung F1 di 2026

Porsche dirumorkan akan mengakuisisi 50 persen saham dari Red Bull ketika masuk di F1 2026.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Madura United vs Bali United di pekan ke-16 Liga 1 2024-2025 pada 20 Desember 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Hasil Madura United vs Bali United: Laskar Sapeh Kerrab Akhiri Paceklik Kemenangan

Dua gol Lulinha mengantarkan Madura United menang atas Bali United, Jumat (20/12/2024).

Nizar Galang | 20 Dec, 10:33

Pemain Timnas Filipina dan Madura United, Christian Rontini alias Yasir Ali Rontini. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

6 Koneksi Bek Timnas Filipina Rontini dengan Indonesia

Bek Timnas Filipina, Christian Rontini alias Yasir Ali Rontini, punya banyak koneksi dengan Indonesia. Apa saja?

Thoriq Az Zuhri | 20 Dec, 03:14

Persik Kediri vs Semen Padang. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Persik Kediri vs Semen Padang di Liga 1 2024-2025

Laga Persik Kediri vs Semen Padang akan digelar di Stadion Brawijaya, Kediri, Sabtu (21/12/2024) petang WIB.

Rais Adnan | 20 Dec, 02:33

Arema FC vs PSBS Biak. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Arema FC vs PSBS Biak di Liga 1 2024-2025

Laga Arema FC vs PSBS Biak akan digelar di Stadion Gelora Soepriadi, Blitar, Sabtu (21/12/2024) petang WIB.

Rais Adnan | 20 Dec, 02:27

Ilustrasi turnamen esports. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

SKOR SPECIAL

10 Game dengan Hadiah Turnamen Esports Terbesar Tahun 2024

Sepanjang tahun 2024, game mana yang memiliki skena esports dengan total hadiah terbesar sepanjang tahun?

Thoriq Az Zuhri | 20 Dec, 01:27

EVOS Esports. (Hendy Andika./Skor.id)

Esports

7 Gelar Juara Alberttt, Siap Bawa Kejayaan ke EVOS Glory?

EVOS Glory kini resmi mendapatkan Alberttt sebagai pemain baru mereka, berikut deretan gelar juara yang pernah ia raih.

Thoriq Az Zuhri | 19 Dec, 22:27

Culture

Sneaker Edisi Terbatas Atmos x Asics Mampu ‘Terangi Malam’

Jalur warna Yakoutake untuk Asics Gel-Kayano 14 dari pengecer Atmos sudah dirilis.

Tri Cahyo Nugroho | 19 Dec, 21:14

Persebaya Surabaya vs Borneo FC di pekan ke-16 Liga 1 2024-2025 pada 20 Desember 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Persebaya vs Borneo FC di Liga 1 2024-2025

Persebaya Surabaya menjamu Borneo FC dalam laga pekan ke-15 Liga 1 2024-2025 di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (20/12/2024).

Teguh Kurniawan | 19 Dec, 21:02

Kiper Paris Saint-Germain, Gianluigi Dommarumma mengalami cedera di wajahnya di laga lawan Monaco, Rabu (18/12/2024) dalam pertandingan Ligue 1. (Yusuf/Skor.id).

World

Gianluigi Donnarumma Cedera di Wajah, Wasit Monaco vs PSG Dikecam

Penyerang Monaco, Wilfred Singo, dinilai seharusnya pantas mendapatkan kartu merah terkait cedera yang dialami Gianluigi Donnarumma.

Irfan Sudrajat | 19 Dec, 17:16

piala presiden 2024

National

Piala Presiden 2024 Resmi Serahkan Keuntungan Rp31,9 Miliar ke PSSI untuk Timnas Indonesia

Penyelenggaraan Piala Presiden 2024 mendapatkan keuntungan kurang lebih Rp31,9 miliar dan resmi diserahkan ke PSSI.

Taufani Rahmanda | 19 Dec, 16:29

Load More Articles