SKOR.id – Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) menghadirkan Mercedes-Benz Bus O500 RSD 2445 pertama di Asia pada perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto-Show (GIIAS) 2024.
Setelah memperkenalkan sasis bus premium 3 gandar tersebut pada pameran GIICOMVEC bulan Maret lalu, kali ini Mercedes-Benz O500 RSD 2445 hadir dalam balutan body Double-decker SDD Jetbus 5 besutan karoseri Adiputro.
Kehadiran bus ini menandai posisi Indonesia sebagai negara pertama di Asia yang menerima sasis bus dengan fitur keselamatan terbaru dalam menjamin keselamatan, yaitu fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS).
Bus double-decker kelas premium Mercedes-Benz ini diserahterimakan di booth Adiputro secara langsung kepada PO Garuda Mas Putera Esa, yang diwakili Direktur Utama, Barmawi, dan Direktur Operasional, Benyamin Darmawan.
Serah terima kepada PO Garuda Mas Putra Esa dilakukan Presiden Direktur DCVI, Naeem Hassim, Direktur diler PT Citra Karya Pranata, Agustinus Hariyadi, serta Direksi PT Karoseri Adiputro Wirasejati, Andreas dan Jesse Jethrokusumo.
Nama O500 yang disematkan menunjukkan bahwa seri ini merupakan tipe sasis premium yang diproduksi di Brasil.
Dibekali mesin OM 460 LA 6 silinder, bus ini memiliki tenaga mesin sebesar 449 hp/1.800 rpm, dengan daya angkut 24 ton sesuai angka penamaannya.
Hadirnya bus Mercedes-Benz O500 RSD 2445 dengan spesifikasi tersebut serta dibekali fitur ADAS terbaru merupakan komitmen DCVI dalam menjaga keamanan serta keselamatan penggunanya.
Naeem Hassim selaku Presiden Direktur DCVI menyatakan, “O500RSD 2445 menjadi bus premium pertama di Indonesia yang mengusung fitur ADAS.”
"Sasis ini hadir dengan fitur keselamatan terbaru untuk memenuhi kebutuhan industri otobus akan bus yang menjamin keamanan pengguna baik itu pengemudi maupun penumpang.”
“Inilah yang menjadi salah satu perhatian utama kami sebagai APM Mercedes-Benz Bus khususnya pada keselamatan dan keamanan unit-unit kami yang dioperasikan di jalan darat Indonesia.”
“Kami percaya dengan hadirnya sasis-sasis bus terbaru kami di booth Adiputro, Tentrem dan Laksana membuktikan kepercayaan yang stabil dan berkelanjutan dari pelanggan loyal Mercedes-Benz Bus di Indonesia,” ujar Naeem.
Teknologi keselamatan terbaru hadir melalui adanya fitur Adaptive Cruise Control (ACA) dengan Active Brake Assist (ABA) 5 yang dapat mengantisipasi jarak kendaraan di depan dan keamanan pengereman.
Ada pula Lane Departure Warning System (LDWS) yang berfungsi memastikan posisi kendaraan di jalan.
Tambahan fitur LDWS membuat pengemudi mendapatkan alarm getar di kursi apabila bus melewati batas marka jalan, dan fitur ini akan aktif secara otomatis ketika bus berkendara di atas 60 km/jam.
Fitur lainya adalah Electronic Stability Program (ESP), dimana fitur ini membantu pengemudi menjaga kestabilan kendaraan dalam kondisi normal.
Apabila terjadi situasi di mana bus berjalan tidak stabil, sistem akan otomatis mengurangi tenaga untuk mengembalikan stabilitas kendaraan, ataupun segera otomatis melakukan pengereman.
Karoseri PT Adiputro Wirasejati menyatakan kebanggaannya mendapat kesempatan untuk membangun bodi sasis Mercedes-Benz Bus O500RSD 2445 pertama di Indonesia.
Adiputro membangun sasis 2445 selama 4 bulan, dan dalam prosesnya terus mengikuti arahan Body Building Directive secara detail dari pihak DCVI.
“Kami bangga mendapat kesempatan untuk membuktikan kredibilitas dan kemampuan kami dengan membangun sasis baru ini,” ujar Jesse Jethrokusumo selaku Direktur PT Adiputro Wirasejati.
"Ada beberapa hal baru yang menarik bagi kami ketika proses membangun bodinya, seperti hadirnya sensor depan untuk fitur terbaru ADAS dalam mendeteksi jalur pengendara di jalanan.”
“Lalu khusus untuk O500 RSD 2445 ini, kami juga memberikan sesuatu yang spesial, yaitu untuk pertama kalinya menghadirkan first-class captain seat layaknya business-class pesawat.”
“Tentu saja ini hanya bisa terwujud dengan bantuan dari pihak DCVI yang juga dengan setia menghadirkan Body Builder Advisor-nya untuk mendampingi kami dalam menjamin semua teknologinya terfasilitasi dengan baik,” Jesse menambahkan.
Sasis baru ini didesain secara premium oleh Adiputro dan berkapasitas penumpang total 36, dengan kombinasi kursi eksekutif dan kursi kompartemen di dek atas, serta first-class 4 captain-seat dan 2 sleeper-seat di dek bawah.
Sebagai sasis pertama di Asia, PO Garuda Mas Putera Esa merasa bangga sebagai konsumen pertama di Indonesia yang menerima bus Mercedes-Benz O500 RSD 2445 tersebut.
Garuda Mas telah menggunakan bus tronton Mercedes-Benz yakni OC500RF 2542 sejak tahun 2016, dan saat ini mengoperasikan 28 unit bus Mercedes-Benz termasuk dengan Mercedes-Benz OH 1626.
“Sebelumnya kami telah membuktikan kenyamanan dan kekuatan bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dan dapat banyak tanggapan positif dari pelanggan kami,” ucap Benyamin Darmawan, Direktur Operasional PT Garuda Mas.
“Kali ini, kami mendapat kesempatan sebagai PO yang pertama kali mengoperasikan model terbaru bus double-decker Mercedes-Benz O500 RSD 2445 ini.”
“Sebelumnya kami tidak menyangka bahwa model terbaru ini memiliki fitur keselamatan terbaru (ADAS) yang canggih seperti passenger cars.”
“Sehingga, kami bangga bisa menjadi yang pertama di Indonesia dalam memberikan pelayanan tersebut kepada masyarakat pengguna angkutan bus,” Benyamin menuturkan.