Mengenal Drag Reduction System, ''Nge-NOS'' Ala Formula 1

Aditya Fahmi Nurwahid

Editor:

  • Drag Reduction System adalah salah satu sistem yang resmi digunakan dalam balapan Formula 1.
  • Sebagai ''NOS'' di mobil Formula 1, Drag Reduction System diatur dengan peraturan yang ketat selama balapan.
  • Skor Indonesia merangkum gambaran umum mengenai Drag Reduction System ini.

SKOR.id - Mobil Formula 1 merupakan salah satu mobil tercepat di dunia, meski tidak dilengkapi dengan NOS (Nitrous Oxide System).

Disebut jet darat, pengembangan mobil F1 kini terus dilakukan, termasuk terus meningkatkan kecepatan dengan sistem DRS atau Drag Reduction System.

DRS merupakan alat resmi yang digunakan oleh para pembalap untuk meningkatkan performa kecepatan tertinggi mereka dalam balapan.

Sistem ini mendorong lebih banyak mobil untuk saling salip sehingga balapan tersebut menjadi lebih menghibur.

Teknologi DRS pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011. Hingga sekarang, DRS juga digunakan jenis balapan lainnya seperti Formula 2, Formula 3, Formula Renault 3.5, Super Formula, dan Deutsche Tourenwagen Masters.

Apa itu DRS Formula 1? 

Sistem DRS di mobil Formula 1 adalah mekanisme untuk membuka flap pada sayap belakang mobil yang berfungsi untuk mengurangi drag.

Mekanisme ini memberi mobil tambahan kecepatan hingga  10-12km/jam untuk melakukan gerakan menyalip. 

Saat diaktifkan, DRS mengatur sayap mobil dan memungkinkan flap yang berfungsi untuk mengurangi drag, yang nantinya  mengurangi downforce.

Downforce merupakan akselerasi lebih cepat, tergantung pada mobil dan pengaturannya, dan memicu kecepatan maksimum menuju batas yang lebih tinggi.

Efektivitas dari DRS memiliki variasi dari satu trek ke trek lainnya, dan dapat bergantung pada elemen-elemen di mobil seperti gaya turun setiap sirkuit, panjang setiap zona DRS, dan karakteristik trek di ujung zona DRS. 

Apa aturan DRS di Formula 1? 

Ada beberapa aturan yang mengatur untuk penggunaan DRS di Formula 1, di antaranya:

1) Mobil berada dalam jarak satu detik dari mobil di depan.

2) Mobil berada di zona DRS seperti yang telah ditentukan oleh FIA.

3) Sistem DRS tidak boleh digunakan pada dua lap pertama setelah start balapan, restart, atau periode safety car.

4) Sistem DRS tidak dapat digunakan oleh pengemudi di depan untuk mempertahankan posisinya, kecuali jika mereka berada dalam jarak satu detik dari mobil di depannya.

5) Sistem DRS tidak dapat diaktifkan jika Race Director menganggap kondisi balapan tidak aman, seperti balapan yang diadakan di tengah hujan.

Apa itu zona DRS Formula 1?

Zona DRS adalah zona untuk menyalip, dimana pengemudi diizinkan untuk menerapkan sistem, jika mereka berada dalam satu detik dari mobil di depannya.

Ini ditandai dengan adanya garis pada trek untuk menandakan awal dari zona, yang dikenal dengan sebutan titik deteksi.

Lalu diikuti oleh garis kedua yang dikenal sebagai titik aktivasi. Ada juga tanda  'DRS' di mana zona DRS dimulai. 

Siapa yang dapat mengaktifkan DRS di Formula 1?

Lampu di dasbor mobil memungkinkan pengemudi ketika sistem DRS diaktifkan. Pengemudi juga dapat melihat sistem menyebar di kaca spionnya.

Sistem dinonaktifkan ketika pengemudi menekan pedal rem. Deteksi jarak satu detik antara mobil sepenuhnya otomatis melalui sensor di mobil saat mereka memasuki zona deteksi.

Namun, penerapan sistem DRS yang sebenarnya diselesaikan secara manual oleh pengemudi, dengan menekan tombol pada roda kemudi. (Irfan Achmad Z)

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Skor.id (@skorindonesia)

Berita Formula 1 lainnya:

F1 Bentuk Program Beasiswa untuk Kelompok Marginal

Jelang F1 GP Inggris, Daya Juang Lewis Hamilton Disebut Sudah Berkurang

Resmi, F1 GP Inggris 2021 Bisa Dihadiri Penonton Kapasitas Penuh

Source: F1

RELATED STORIES

Austria Jadi Kunci Nasib Rossi dan Morbidelli di MotoGP 2022

Austria Jadi Kunci Nasib Rossi dan Morbidelli di MotoGP 2022

Kepala Tim Petronas SRT, Razlan Razali, menegaskan bahwa tidak ada pengumuman soal perubahan pembalap MotoGP musim 2022 sebelum dua balapan di Austria, Agustus mendatang.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Piala Presiden 2025. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Pasang Target, Rahmad Darmawan Ingin Liga Indonesia All Star Tampil Maksimal di Piala Presiden 2025

Liga Indonesia All Star asuhan Rahmad Darmawan tak mau hanya jadi penggembira di Piala Presiden 2025.

Teguh Kurniawan | 03 Jul, 19:32

ibl playoffs 2025

Basketball

Playoff IBL 2025: Pelita Jaya dan Dewa United Banten Amankan Kemenangan Tandang

Pelita Jaya dan Dewa United Banten unggul 1-0 pada putaran pertama Playoff IBL 2025 usai mencuri kemenangan di markas lawan.

Teguh Kurniawan | 03 Jul, 16:58

PSBS Biak. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

PT LIB Larang PSBS Biak Berkandang di Bandung pada Liga 1 2025-2026

Keinginan PSBS Biak untuk bermarkas di Bandung pada Liga 1 2025-2026 tampaknya sulit terwujud.

Teguh Kurniawan | 03 Jul, 15:06

Bhayangkara Presisi Lampung FC (Bhayangkara FC). (Grafis: Skor.id)

Liga 1

Bhayangkara FC Datangkan Muhammad Ferarri dan Salah Satu Pemain Tercepat Dunia

Bhayangkara FC resmi mengontrak bek Muhammad Ferarri dan winger asal Kroasia, Stjepan Plazonja.

Rais Adnan | 03 Jul, 14:46

cover bursa transfer Liga 1.

Liga 1

Update Bursa Transfer Liga 1 Menuju Musim 2025-2026

Aktivitas keluar-masuk pemain dan jajaran pelatih tim 18 klub Liga 1 2025-2026 pada awal musim, yang diperbaharui berkala.

Taufani Rahmanda | 03 Jul, 14:20

Cover Persebaya.jpg

Liga 1

Launching Tim, Persebaya Uji Coba Lawan PSS Sleman

Laga uji coba tersebut akan digelar di Stadion GBT, Surabaya, 19 Juli 2025.

Rais Adnan | 03 Jul, 11:58

Konferensi pers Audisi Umum PB Djarum 2025. (Grafis: Yudhy Kurniawan/Skor.id))

Badminton

Audisi Umum PB Djarum 2025 Buka Tahap Pendaftaran, Diharapkan Bisa Dapatkan Bibit Super

Audisi Umum PB Djarum 2025 telah membuka proses pendaftaran yang dimulai 20 Juni hingga 31 Agustus mendatang.

Gangga Basudewa | 03 Jul, 11:57

cover persib

Liga 1

Persib Tak Permasalahkan PSBS Biak Gunakan Stadion Sidolig

Manajemen Persib memberikan pernyataan mereka terkait PSBS yang ingin menggunakan Stadion Sidolig di Liga 1 2025-2026.

Rais Adnan | 03 Jul, 11:46

Bintang Liverpool dan Portugal, Diogo Jota meninggal dunia akibat kecelakaan. Grafis: Yudhy Kurniawan/Skor.id).

Esports

Dunia Esports Turut Berduka atas Meninggalnya Diogo Jota

Diogo Jota dikenal sebagai salah satu pesepak bola yang menggemari video game terutama FIFA.

Gangga Basudewa | 03 Jul, 11:23

Update bursa transfer Liga Italia (Serie A) musim 2025-2026. (Deni Sulaeman/Skor.id).

Liga Italia

Update Bursa Transfer Liga Italia 2025-2026

Update bursa transfer Liga Italia (Serie A) musim 2025-2026, Napoli, Inter Milan, Juventus, hingga AC Milan berburu pemain baru.

Pradipta Indra Kumara | 03 Jul, 10:12

Load More Articles