Mengapa Timnas Amerika Memilih Mauricio Pochettino sebagai Pelatih

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Untuk kali pertama Mauricio Pochettino akan melatih tim nasional sepak bola sebuah negara dengan menangani Amerika Serikat. (Hendy AS/Skor.id)
Untuk kali pertama Mauricio Pochettino akan melatih tim nasional sepak bola sebuah negara dengan menangani Amerika Serikat. (Hendy AS/Skor.id)

SKOR.id Mauricio Pochettino ditunjuk sebagai pelatih kepala tim nasional putra Amerika Serikat (AS) – biasa disebut United States Men’s National Soccer Team (USMNT) – yang baru. US Soccer mengumumkan penunjukan pelatih asal Argentina itu pada Selasa (10/9/2024) malam waktu setempat. 

Pochettino menggantikan Gregg Berhalter, yang dipecat dari perannya oleh Federasi Sepak Bola AS (USSF), setelah penampilan buruk pada Copa America pada musim panas lalu di Amerika Serikat. 

Dikontrak hingga 31 Juli 2026, Pochettino ditugaskan untuk memandu USMNT menuju Piala Dunia 2026 yang diselenggarakan bersama oleh Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Mengapa AS memilih Pochettino sebagai pelatih timnas sepak bola pria mereka? Apa yang diharapkan AS dari pelatih yang sudah berpengalaman menangani sejumlah klub elite Eropa?  

Skor.id akan coba mengulasnya dalam Skor Special kali ini. (Skor Special adalah artikel yang akan memberikan perspektif berbeda setelah Skorer membacanya dan artikel ini bisa ditemukan dengan mencari #Skor Special atau masuk ke navigasi Skor Special pada homepage Skor.id.). 

Pencarian Global untuk Nama-nama Besar

Setelah pemecatan Berhalter, satu hal yang dipikirkan para bos di USSF adalah mereka ingin sesuatu yang berbeda pada pelatih USMNT berikutnya. 

Sejak pertemuan pertama, mereka membahas kemungkinan merekrut pelatih asing. USSF tidak menutup pintu bagi pelatih Amerika yang lebih familiar dengan pengaturan tersebut. Namun, USSF tahu bahwa mereka harus mengambil arah yang berbeda, dan memilih seseorang di luar sepak bola Amerika, sesuatu yang belum pernah dilakukan sejak Jurgen Klinsmann dipekerjakan pada tahun 2011, dan yang kedua kalinya sejak tahun 1991. 

Di bawah kepemimpinan Direktur Olahraga Matt Crocker, USSF mendekati beberapa target berkaliber tinggi dari luar AS. 

Crocker memulai dengan daftar lebih dari 100 kandidat sebelum menguranginya. Dari sana, ia dan timnya memasukkan pada kandidat itu ke dalam tiga kelompok. 

Kelompok ketiga adalah para kandidat yang telah mereka pertimbangkan sebelumnya. Kelompol kedua adalah “kandidat yang terjangkau”. Sedangkan tingkat teratas terdiri dari para pelatih yang menurut USSF berada di luar jangkauan mereka – opsi “sangat luas”. USSF memutuskan untuk "tersinggung" dan mencari kandidat tingkat atas. 

Thomas Tuchel dan Zinedine Zidane awalnya menjadi fokus teratas USSF. Sementara, kandidat lainnya seperti Pochettino, pelatih TSG Hoffenheim Pellegrino Matarazzo (yang lahir dan besar di New Jersey), Patrick Vieira, Rafa Benitez, Xavi, Thierry Henry, Marcelo Gallardo, dan Graham Potter, masuk di daftar berikutnya.

Dari seleksi USSF itu, ada satu nama yang akan memenuhi semua kriteria tersebut, yakni Jurgen Klopp. Dia adalah impian mutlak. Namun, pelatih asal Jerman mantan bos Liverpool FC itu dengan cepat menutup rumor tersebut, dengan alasan keinginannya untuk mengambil istirahat signifikan dari sepak bola.

Mengapa Pochettino Cocok untuk AS 

“Pochettino sangat cocok dengan etos dan tim kami,” kata Kepala Eksekutif USSF J.T. Batson, seperti dikutip ESPN.

“Saya senang bahwa dia akan menginspirasi tidak hanya para pemain dan staf kami untuk meraih kejayaan. Juga bahwa dia akan membantu menginspirasi generasi Amerika selanjutnya untuk jatuh cinta pada sepak bola.”

Namun, ada kabar yang menyebut bila pemilihan Pochettino tidak lepas dari masa lalunya sebagai pelatih. Mauricio Pochettino memulai karier kepelatihannya dengan menangani klub asal Spanyol, RCD Espanyol pada Januari 2009 sampai November 2012. 

Berikutnya, Pochettino berturut-turut melatih Southampton FC, Tottenham Hotspur, Paris Saint-Germain (PSG), Chelsea FC, dan kini USMNT.

Crocker adalah direktur teknis selama satu musim Pochettino menangani Southampton pada 2013-2014, dan hubungan mereka tetap sangat baik. 

Kemampuan Pochettino berbicara bahasa Spanyol, keterampilan penting dalam upaya merekrut pemain potensial yang memenuhi syarat untuk mewakili AS dan Meksiko, serta terhubung dengan komunitas Latin yang cukup besar, juga membantunya menonjol. 

Pentingnya ikatan yang kuat antara seorang pelatih dan direktur olahraga, baik di tingkat klub maupun internasional, tidak dapat disangkal. 

“Sesuatu yang tidak bisa dilebih-lebihkan adalah hubungan (Pochettino) dengan Matt (Crocker),” kata salah satu sumber yang mengetahui pencarian tersebut. “Tingkat kepercayaan sejak awal sangat tinggi. Itu sesuatu yang sangat penting.”

Apa Saja Target dan Tugas Pochettino di Timnas AS

Presentasi yang dilakukan oleh para petinggi US Soccer kepada para calon pelatihnya sederhana saja: membuat kemajuan dengan skuad yang ada sambil juga mengembangkan generasi berikutnya. 

USSF juga menetapkan tujuan utama mereka: mencapai setidaknya perempat final Piala Dunia di kandang sendiri – sebuah pencapaian yang hanya dicapai dua kali dalam sejarah program ini, terakhir pada tahun 2002 (Piala Dunia Jepang-Korea).

Pelatih Timnas AS yang baru juga perlu memahami bahwa program (sepak bola) wanita akan setara dengan pria dalam hampir segala hal. Mengingat cara Pochettino bergaul dengan manajer USWNT saat ini Emma Hayes ketika keduanya berada di Chelsea, hal ini tidak akan menjadi masalah. 

Sebuah sumber juga mengungkapkan bahwa gaji Hayes, bagaimanapun, akan tetap sama, dan tidak sejajar dengan gaji Pochettino. Pochettino juga terlibat dalam hal pengarahan tim nasional muda. 

Sedangkan bagi Pochettino, pelatih berusia 52 tahun itu mencari pengalaman dan petualangan berbeda. Gagasan untuk mengikuti Piala Dunia berikutnya untuk salah satu negara tuan rumah sangatlah menarik. 

Begitu pula bekerja dengan pemain-pemain muda yang menjanjikan seperti Christian Pulisic, Weston McKennie, Antonee Robinson, Gio Reyna, dan Sergino Dest. Dia juga bisa menjalani pekerjaannya dengan relatif tenang dibandingkan dengan kekacauan yang dia alami bersama PSG dan Chelsea.

Data boks Mauricio Pochettino - Hendy AS Skor.id.jfif
Pelatih Timnas AS yang baru Mauricio Pochettino belum mampu merebut trofi bergengsi meskipun termasuk salah satu pelatih hebat. (Hendy Andika S/Skor.id)

Apa yang Diharapkan Pencinta Sepak Bola AS dari Pochettino 

Dari 2014 hingga 2019, Pochettino menangani Tottenham, dan mampu mencetak rata-rata 1,84 poin per game dalam 293 pertandingan di semua kompetisi. 

Kendati memiliki rekor konsisten di Tottenham, pada akhirnya Pochettino gagal meraih gelar berarti bersama klub asal London, Inggris, tersebut. 

Namun pelatih asal Argentina itu nyaris mencetak dua “gol”. Pada musim 2015-2016, Tottenham memimpin Liga Inggris (Premier League) namun akhirnya turun ke peringkat ketiga saat Leicester City meraih gelar juara secara ajaib. Kemudian pada tahun 2019, Tottenham mencapai final Liga Champions tetapi kalah 0-2 dari salah satu rival di liga domestik, Liverpool.

Gelar-gelar yang terlewat bersama Tottenham tampaknya menentukan karier Pochettino. Memang benar, ia akhirnya mampu meraih trofi setelah bergabung dengan PSG pada 2021. 

Ia memimpin raksasa Liga Prancis (Ligue 1) itu selama dua musim, meraih gelar pada 2021-2022 namun gagal membawa pulang trofi Eropa. Setelah bersama PSG, ia bergabung dengan Chelsea. 

Namun meskipun ada peningkatan hasil di paruh kedua musim 2023-2024, Todd Boehly selaku pemilik The Blues akhirnya mengizinkan Pochettino pergi atas persetujuan bersama. 

Lalu, apa yang bisa diharapkan penggemar AS dari Pochettino? Reputasi Pochettino di Liga Inggris mungkin sebenarnya sedikit meningkat berkat pekerjaan yang dia lakukan di Chelsea musim lalu, mengingat kondisi tempat dia bekerja. 

Setelah paruh pertama musim The Blues yang penuh goyah, Pochettino memantapkan tim, membimbing klub kembali ke Eropa, sambil mengembangkan bintang-bintang muda seperti Cole Palmer, dan berhasil membuat skuad yang sangat besar tetap bahagia. Merupakan kejutan besar ketika diumumkan Pochettino akan meninggalkan Chelsea. 

Saat melatih Tottenham, Pochettino melakukan pekerjaan luar biasa untuk mengubah klub yang sempat tersingkir dari kualifikasi Eropa di Liga Inggris, untuk menjadi klub yang mengumumkan diri mereka di pentas Eropa (Liga Champions). 

Meskipun membawa Spurs ke final Liga Champions dan comeback terkenal mereka di semifinal melawan AFC Ajax, Pochettino mungkin tidak akan pernah lagi membeli minuman di sekitar Tottenham Court Road, mungkin sampai dia bergabung dengan Chelsea. 

Kekuatan terbesar Pochettino adalah keterampilan manajemen pemainnya dan kemampuannya untuk menggalang semangat sekelompok pemain muda. Meskipun ia bukan ahli taktik elite di level Josep Guardiola, Klopp, atau Mikel Arteta, Pochettino masih sangat cerdik secara taktik.

RELATED STORIES

Rekap Copa America 2024: Uruguay Pesta, AS Tumbang

Rekap Copa America 2024: Uruguay Pesta, AS Tumbang

Di laga kedua Grup C Copa America 2024, hasil berbeda diraih oleh Timnas Meksiko dan Timnas AS, persaingan masih ketat.

Ted Lasso Dukung Timnas AS di Piala Dunia 2022 dengan Baliho Raksasa

Ted Lasso Dukung Timnas AS di Piala Dunia 2022 dengan Baliho Raksasa

Ted Lasso mendukung Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 Qatar lewat baliho, iklan hingga podcast.

Enzo Maresca Setuju Melatih Chelsea, Segera Tanda Tangan Kontrak

Chelsea akan segera memperkenalkan Enzo Maresca sebagai pelatih baru mereka menggantikan Mauricio Pochettino.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Adidas mempersembahkan SPZL F.C. dengan menampilkan salah satu karakter terbesar di sepak bola, Jurgen Klopp. (M. Yusuf/Skor.id)

Culture

Adidas Hadirkan Koleksi SPZL F.C. bersama Jurgen Klopp

Adidas mempersembahkan SPZL F.C., koleksi baru yang dirancang dengan cermat dengan menampilkan salah satu karakter terbesar di sepak bola, Jurgen Klopp.

Tri Cahyo Nugroho | 17 Sep, 16:49

Chief Marketing Officer DRX Wear, Kash Topan. (Foto Instagram Kash Topan/Grafis: Yusuf/Skor.id)

National

Naik Daun di Pasar Lokal, DRX Wear Jajaki Kolaborasi dengan Klub Luar Negeri

Sebagai brand apparel, DRX Wear ingin terus berkembang dengan merambah pasar internasional.

Nizar Galang | 17 Sep, 14:52

Liga TopSkor

Peserta Bertambah, Seleksi Hari Kedua TSI U-14 Diikuti 51 Pemain

Yunus Muchtar mengaku pencerotan pemain akan dilakukan seusai digelarnya seleksi pada hari ketiga pada Kamis (19/9/2024).

Sumargo Pangestu | 17 Sep, 14:45

Rider Gresini Racing Marc Marquez

MotoGP

Marc Marquez Dapat Kans Cetak Hat-trick di MotoGP, Pertama dalam 5 Tahun

Rider Gresini Racing Marc Marquez bermodalkan dua kemenangan beruntun menghadapi MotoGP Emilia Romagna akhir pekan ini.

I Gede Ardy Estrada | 17 Sep, 14:24

Persik Kediri vs Persita Tangerang. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Persik vs Persita Liga 1 2024-2025

Persik Kediri akan menjamu Persita Tangerang pada lanjutan pekan kelima Liga 1 2024-2025, Rabu (17/9/2024).

Nizar Galang | 17 Sep, 14:07

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2024-2025. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2024-2025 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Skor Indonesia | 17 Sep, 14:04

Liga Champions 2024-2025 menggunakan format baru. (Hendy Andika/Skor.id).

World

Liga Champions 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Liga Champions 2024-2025 dimulai dengan Fase Liga, berikut jadwal, hasil, dan klasemen yang akan diupdate seiring bergulirnya kompetisi ini.

Irfan Sudrajat | 17 Sep, 13:59

Perwakilan daerah untuk Battle of Guardian di PON Aceh Sumut (Battle of Guardian)

Esports

Ekshibisi Battle of Guardians di PON 2024 Dimenangi Provinsi Bali

I Gede "Joddz" Triana dari dari Provinsi Bali berhasil merebut medali emas mengalahkan DKI Jakarta.

Gangga Basudewa | 17 Sep, 13:25

Semen Padang vs Barito Putera. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Semen Padang vs Barito Putera di Liga 1 2024-2025

Pertandingan ini akan digelar di Stadion Utama Sumatera Barat, Padang, pada Rabu (18/9/2024) sore.

Sumargo Pangestu | 17 Sep, 13:20

Stadion Sepak Bola Pemuda Qingdao. (Grafis: Hendy Andika/Skor.id)

Timnas Indonesia

Profil Stadion Sepak Bola Pemuda Qingdao, Venue Baru Timnas Cina

Cina bakal menjamu Timnas Indonesia pada lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, 15 Oktober nanti.

Rais Adnan | 17 Sep, 13:16

Load More Articles