SKOR.id – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), agen pemegang merek Mazda di Indonesia, kembali berpartisipasi dalam Jakarta Fashion Week (JFW) sebagai Official Vehicle Partner.
Ajang mode paling bergengsi di Indonesia ini digelar pada 21 hingga 27 Oktober 2024 di Pondok Indah Mall, dengan tema "Future Fusion: Tradition Meets Innovation".
Menurut Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia, partisipasi Mazda pada Jakarta Fashion Week merupakan wujud komitmen Mazda dalam merayakan seni dan desain melalui filosofi Kodo Design: Soul of Motion.
“Pada JFW kali ini Mazda menghadirkan tema Crafted in Style, cerminan dari dedikasi Mazda terhadap keindahan artistik yang presisi,” kata Ricky dalam keterangan resmi Senin (21/10/2024).
“Itu selaras dengan semangat Jakarta Fashion Week yang memadukan tradisi dan inovasi di dunia mode,” ia menambahkan.
Menurut Ricky, keterlibatan Mazda di Jakarta Fashion Week bukan sekadar kemitraan.
“Melainkan kesempatan untuk menampilkan dedikasi kami terhadap desain yang artistik dan presisi, seperti yang tercermin dalam filosofi Kodo Design kami,” ucapnya.
“Filosofi ini berakar pada Soul of Motion, sebuah pendekatan yang mengekspresikan dinamika dan keindahan dalam setiap gerak, sesuatu yang juga jadi inti dari dunia fashion,” kata Ricky.
Ia menambahkan, "Kolaborasi ini merupakan tahun kedua bagi Mazda sebagai Official Vehicle Partner di Jakarta Fashion Week.”
“Kami percaya bahwa antara dunia otomotif dan mode ada kesamaan dalam hal detail, kreativitas, dan inovasi.”
“Jakarta Fashion Week adalah platform yang tepat bagi Mazda untuk menunjukkan bagaimana kami menggabungkan seni dan teknologi dalam setiap desain kendaraan kami.”
“Potensi kolaborasi ini sangat besar, karena keduanya sama-sama merayakan ekspresi diri melalui desain yang kuat."
Sebagai bentuk dukungan kepada dunia mode Indonesia, Mazda Indonesia menggelar serangkaian kegiatan menarik selama Jakarta Fashion Week.
Termasuk Runway Show yang berkolaborasi dengan empat brand lokal terkemuka: Asha, Jan Sober, Moral, dan Rani Hatta.
Mazda juga menyelenggarakan ekshibisi khusus di area Jakarta Fashion Week, termasuk pengalaman test drive dengan line-up andalan Mazda CX-60.
Kolaborasi Mode dan Filosofi Desain Mazda
1. Asha
Koleksi Anatomi yang dipersembahkan oleh Asha, merek yang dipimpin desainer Oscar Lawalata, menonjolkan estetika yang berani dan elegan dengan dominasi warna hitam.
Koleksi ini turut mencerminkan warna premium Mazda, Jet Black Mica, yang melambangkan kekuatan dan keanggunan dalam kesederhanaan.
Siluet yang tegas dengan sentuhan warna dinamis menciptakan keseimbangan visual yang mencerminkan filosofi desain Mazda.
2. Jan Sober
Terinspirasi oleh filosofi Kodo Design: Soul of Motion, Jan Sober menghadirkan koleksi yang mengeksplorasi gerakan dinamis dan elegansi yang terkontrol.
Melalui perpaduan antara keanggunan struktural dan fluiditas, koleksi ini menyampaikan visi harmonis yang terinspirasi oleh perpaduan seni dan otomotif, yang terlihat jelas dalam penggunaan tekstur matte dan glossy yang menambah kedalaman desain.
3. Moral
Moral dengan bangga mempersembahkan Moral/Episode, sebuah koleksi untuk Spring Summer 2025.
Menampilan rangkaian blazer set dalam koleksi bersama Mazda, hasil perpaduan yang sempurna antara keindahan dan ketangguhan.
Blazer itu terinspirasi dari warna merah ikonik Mazda, sebuah warna yang tidak hanya menyala, tetapi juga mengalirkan energi dan keberanian.
“Seperti Mazda yang memahat keindahan dari tanah liat dalam setiap karyanya, Moral memperkenalkan breastplate hasil kolaborasi dengan Morpachio,” kata Direktur Kreatif Moral, Andandika Surasetja.
“Breastplate ini tidak sekadar aksesori, tetapi sebuah menyiratkan kekuatan yang dibalut keanggunan.”
“Mencerminkan harmoni yang diilhami dari proses seni hingga menjadi bentuk sempurna,” Andandika menambahkan.
Koleksi Moral/Episode adalah sebuah perayaan: perpaduan artistik antara desain dan fashion, di mana kecantikan dan keberanian berpadu dalam satu tarikan napas.
4. Rani Hatta
Koleksi Yohaku: The Beauty of Empty Space oleh Rani Hatta menekankan konsep estetika kosong yang terinspirasi dari konsep “Ma” dan filosofi Kodo Design.
Desain yang bersih dan sederhana dengan detail minimalis menciptakan kesan harmoni yang mendalam.
Mengajak para pencinta mode untuk menemukan keindahan dalam kesederhanaan dan ruang kosong.
Spesial sepanjang JFW 2025, Mazda Indonesia menyuguhkan penawaran eksklusif bagi para pengunjung, melalui program spesial “Drive Today, Pay Next Year.”
Menyambut kolaborasi dengan Mazda Indonesia, Svida Alisjahbana, CEO GCM Group dan Chairwoman Jakarta Fashion Week, menambahkan, "Mazda telah menjadi mitra luar biasa bagi Jakarta Fashion Week.
“Filosofi desain mereka yang sangat memperhatikan detail dan keindahan artistik sejalan dengan nilai-nilai yang kami junjung di JFW,” ujar Svida.
"Kolaborasi ini tidak hanya memadukan dua industri berbeda, tetapi juga menciptakan sinergi yang merayakan seni dalam berbagai bentuknya.”
“Saya sangat terkesan dengan bagaimana Mazda mengintegrasikan filosofi desain mereka dengan dunia fashion tahun ini," ucapnya.
Dengan partisipasi Mazda sebagai Official Vehicle Partner, Jakarta Fashion Week tidak hanya menampilkan tren mode terkini.
Tetapi juga menawarkan pengalaman berkendara premium yang merefleksikan perpaduan sempurna antara desain dan performa.
Mazda Indonesia menyemarakkan Jakarta Fashion Week 2025 dengan membuka ekshibisi di Pondok Indah Mall 1, para pengunjung berkesempatan menjelajahi lini kendaraan andalan Mazda, termasuk Mazda CX-60.