SKOR.id – Setahun sejak PT Eurokars Motor Indonesia meluncurkan Mazda CX-60, kini SUV premium tersebut hadir dengan edisi baru, yaitu Mazda CX-60 Pro (2.5L AWD).
Mazda CX-60 Pro diperkenalkan di booth Mazda bertepatan dengan pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 pada Rabu (17/7/2024) di ICE BSD, Tangerang.
Mazda CX-60 Pro kembali mengusung filosofi yang disebut Mazda sebagai “The Perfect Jinba-Ittai”, bermakna menyajikan kesatuan antara pengemudi dan kendaraan.
Seperti dua edisi terdahulu, Mazda CX-60 Kuro dan Elite, Mazda CX-60 Pro menghadirkan berbagai fitur kendaraan yang membantu pengemudi.
Fitur seperti Electric Car Seat, Center Display, Head-up Display, Driver Monitor, hingga berbagai detail lainnya mengutamakan kenyamanan dan kemudahan pengemudi.
Dari sisi desain, Mazda CX-60 Pro menggabungkan filosofi KODO Design, yang berarti keindahan dalam gerak, serta filosofi “Ma” yang artinya mengutamakan kesederhanaan.
Interior Mazda CX-60 Pro didominasi warna hitam yang juga menghadirkan kesan sporty dan petualangan.
Terpasang pula sound system Bose. Mazda CX-60 Pro memiliki center display berukuran 12 inci yang informatif dan modern.
Juga head-up display berukuran besar, serta konektor USB-C di konsol belakang untuk kemudahan pengisian daya bagi penumpang.
Juga terdapat fitur penyesuaian kemudi elektrik (tilt dan telescopic) dan panoramic sunroof yang menambah kesan kabin luas dan mewah.
Sistem personalisasi (driver personalization system) juga disematkan untuk meningkatkan kenyamanan dan kepraktisan.
Fitur keamanan disematkan dengan monitor 360 derajat untuk pengawasan menyeluruh, serta blind spot monitoring dan rear cross traffic alert untuk keamanan ekstra.
Teknologi driver monitor juga membuat pengemudi selalu dalam kondisi optimal untuk berkendara, menambah lapisan keamanan pada Mazda CX-60 Pro.
Mazda CX-60 Pro ditawarkan dengan harga OTR Jakarta Rp799.000.000 dan tersedia dalam berbagai pilihan warna.
Yaitu Soul Red Crystal Metallic, Machine Grey Metallic, Platinum Quartz Metallic, Deep Crystal Blue Mica, dan Jet Black Mica.
Harga tersebut sudah termasuk layanan 5-Years MyMazda Warranty dan 3-Years MyMazda Service.
“Bagi Mazda Indonesia, mobil bukan sekadar alat transportasi,” kata Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia, dalam konferensi pers pembukaan booth Mazda Indonesia di GIIAS 2024.
“Kami selalu berusaha menciptakan kendaraan yang tidak hanya indah dan nyaman, tetapi juga menyenangkan untuk dikendarai, bahkan menginspirasi,” ujarnya.
“Kami ingin menciptakan keselarasan yang sempurna bagi tiap pengemudi dalam tiap perjalanan.”
“Layaknya sebuah simfoni yang mengalun indah, Mazda ingin menyentuh hati dan jiwa setiap pengemudinya,” ia menambahkan.
Selain Mazda CX-60, pada GIIAS tahun ini Mazda juga menghadirkan line-up SUV lainnya yaitu Mazda CX-30 dan Mazda CX-5 (kategori segmen Medium SUV).
Pengunjung juga berkesempatan melihat langsung Mazda CX-3, yang varian teranyarnya baru saja diluncurkan akhir Februari 2024 lalu.
Booth Mazda di GIIAS 2024
Berlokasi di Hall 7A, booth Mazda menghadirkan sejumlah produk dan layanan unggulannya selama pameran GIIAS 2024 dari 18-28 Juli 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.
Mengusung tema "Light Your Drive in Harmony," Mazda memamerkan inovasinya yang difilosofikan sebagai cahaya (light) dalam hal pengalaman berkendara.
Sementara itu, menurut Ricky, kata harmoni (harmony) merujuk pada nilai Mazda yang menghargai keseimbangan antara teknologi dan estetika.
“GIIAS 2024 adalah kesempatan istimewa bagi para penggemar otomotif untuk menemukan mobil impian mereka,” kata Ricky Thio.
“Di booth Mazda, kami menawarkan berbagai penawaran menarik dan program spesial,” katanya.
Dijelaskan Ricky, desain booth Mazda di GIIAS 2024 mengusung konsep “Beauty by Subtraction” yang sejalan dengan filosofi Jepang “Ma”.
Maknanya, tiap elemen desain mengutamakan energi tenang dan mengedepankan keindahan dari ruang kosong.
Konsep ini memastikan setiap dekorasi memiliki tujuan tertentu dan tidak ada yang berlebihan.
Dengan sentuhan dekorasi ala Japan Mobility Show 2023 dan luas area 1000 m², booth Mazda menampilkan 10 mobil, Diecast Wall, Amphitheater Seating Area, Mazda Cafe, Aftersales Corner, Mazda Curated, dan ruang media.
Diecast Wall akan memajang 1.440 miniatur mobil (diecast) yang menjadi representasi perjalanan inovasi Mazda dari tahun ke tahun.
Melalui koleksi ini, diharapkan pengunjung dapat memahami perjalanan panjang Mazda dalam industri otomotif.
Beberapa model vintage yang ditampilkan termasuk Mazda K360, R360 Coupe, Mazda Familia, Mazda Light Bus Type A, dan lain-lain.
Line-up Mazda di GIIAS 2024
Untuk tampil di GIIAS 2024, Mazda telah mengkurasi 10 mobil dari berbagai kategori segmen mulai dari SUV, Sedan, Hatchback, hingga Roadster:
- Mazda MX-5 GT Limited (varian warna Aero Grey Metallic)
- Mazda 3 Fastback Dress-up with AutoExe (Machine Grey Metallic)
- Mazda CX-5 Dress-up with AutoExe (Rhodium White Metallic)
- Mazda CX-60 Limited with AutoExe (Soul Red Crystal Metallic)
- Mazda CX-3 (Aero Grey Metallic)
- Mazda CX-8 (Deep Crystal Blue Mica)
- Mazda CX-30 (Platinum Quartz Metallic)
- Mazda CX-5 Elite (Soul Red Crystal Metallic)
- Mazda3 Sedan (Machine Grey Metallic)
- Mazda CX-60 Pro (2.5L AWD) (Machine Grey Metallic)