- Manchester City memperoleh pengakuan internasional dalam setahun terakhir.
- The Citizens berhasil melampaui Barcelona untuk merebut status brand sepak bola terbesar kedua setelah Real Madrid.
- Dua raksasa Liga Premier, Liverpool dan Manchester United menempati posisi keempat dan kelima dalam survei Brand Finance.
SKOR.id - Manchester City dinyatakan sebagai brand sepak bola terbesar kedua di dunia.
Juara Liga Premier itu secara mengejutkan berhasil melampaui Barcelona untuk merebut status bergengsi itu dan hanya berada di belakang raksasa Spanyol, Real Madrid.
Penilaian total atas pencapaian itu didapatkan dari jumlah penjualan jersey hingga sponsor.
Liverpool berada di urutan keempat, sedangkan Manchester United turun ke urutan kelima.
Kenaikan The Citizens di tabel nilai merek itu menunjukkan kemajuan luar biasa mereka di era kepemilikan Sheikh Mansour.
Penilaian terbaru, dari data yang disajikan oleh SportsLens.com, juga mengungkapkan fakta kemerosotan rival Manchester mereka sejak keluarga Glazer mengambil alih Setan Merah.
Nilai merek Man. City diperkirakan mencapai £1,15 miliar atau naik 18% dalam setahun.
Real Madrid jauh di depan dengan £1,32 miliar – kenaikan tahunan sebesar 19,5%.
Dan, itu dibantu sukses Les Merengues memenangkan Liga Champions musim lalu yang kelima kalinya dalam sembilan tahun terakhir.
Sementara itu, musuh terberat mereka Barcelona turun ke posisi ketiga – dengan pertumbuhan moderat 5% – menjadi £1,13 miliar.
Nilai merek Liverpool melonjak 30% menjadi £ 1,1 miliar setelah berhasil menembus tiga final Liga Champions dalam lima tahun terakhir. Sementara nilai brand Man United hanya tinggal £ 1,09 miliar.
Yang jelas, survei Brand Finance tersebut menunjukkan Liga Premier masih mendominasi dunia sepak bola, dengan nilai merek total mencapai £7,46 miliar pada tahun 2022
LaLiga Spanyol meraup £3,56 miliar tahun ini dengan Bundesliga (Jerman) dan Serie A (Italia) menempati peringkat berikutnya masing-masing pada nilai £2,69bn dan £1,82bn.
Real Madrid, Manchester City, Barcelona, Liverpool, dan Manchester United tetap menjadi lima merek klub sepak bola paling berharga di dunia, bernilai gabungan £5,79 miliar.***
Berita Manchester City Lainnya:
Wolves vs Manchester City: Catatan Apik Kevin De Bruyne dan Erling Haaland
VIDEO: Manchester City Jalani Sesi Pemulihan Pasca Kemenangan atas Dortmund