SKOR.id - Sebagai salah satu kompetisi terbaik di Eropa, La Liga kembali melakukan inovasi. Kali ini, mereka menghadirkan perubahan dalam logo.
Peluncuran logo baru dengan slogan The Power of our Futbol itu dilakukan, Minggu (4/6/2023).
Logo baru itu menegaskan kembali komitmen kompetisi untuk menginspirasi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.
Perubahan ini mencerminkan evolusi yang telah dialami La Liga selama dekade terakhir, baik dari segi ukuran maupun pengakuan global.
Kompetisi tersebut telah menjadi ekosistem sepak bola terbesar di dunia, dengan jaringan internasional terluas dari entitas olahraga manapun, dan kini hadir di 41 negara melalui 11 kantor dan jaringan delegasi.
Selama 10 tahun terakhir telah melihat pertumbuhan yang berkelanjutan di semua bidang, dan memantapkan dirinya sebagai merek yang diakui dalam peringkat reputasi nasional dan internasional.
Awal Era Baru
La Liga, merek global yang menjangkau semua jenis khalayak, mencerminkan posisi strategis barunya dalam slogan The Power of our Futbol, yang menonjolkan kebanggaan menjadi bagian dari organisasi dengan kapasitas untuk menginspirasi orang dan masyarakat. Slogan yang mewakili potensi fans, klub, sponsor dan seluruh pemangku kepentingan La Liga lainnya.
“Selama 10 tahun terakhir kami telah mengambil tanggung jawab untuk menginspirasi orang melalui nilai-nilai positif olahraga kami, sesuatu yang kami tunjukkan secara konsisten melalui klub kami, penggemar kami, dan seluruh ekosistem kompetisi dan kegiatan terkait. Merek baru ini adalah simbol dari perubahan ini,” kata Ángel Fernández, Kepala Merek & Strategi Global di La Liga.
Lebih lanjut, Angel Fernandez menambahkan, pihaknya ingin menegaskan kembali kebanggaan menjadi bagian dari kompetisi yang menginspirasi dan membantu pertumbuhan individu maupun masyarakat.
Dengan mempertimbangkan konteks ini, La Liga kini menjadi LALIGA, yang ditulis sebagai satu kata dengan huruf kapital. Sebuah kata yang mewakili slogan teranyar mereka.
Selain itu, logo baru ini juga menonjolkan kebanggaan sebagai liga yang mematuhi aturan, bertanggung jawab dalam masyarakat, dan berjuang untuk mengakhiri diskriminasi.
Logo merek baru diwakili oleh inisial "LL”. Pemilihan logo ini terkait dengan dua momen penting di dalam dan di luar lapangan yang mewakili gairah sepak bola: Selebrasi pemain saat mereka mencetak gol dan berlutut membentuk huruf "L" dengan siluet tubuh mereka, dan para penggemar yang membentuk "L" dengan tangan mereka saat merayakan gol atau kesuksesan tim mereka.
Warna korporat baru LALIGA adalah karang (Pantone Red 032C), yang melambangkan kebanggaan, semangat, energi, dan kegembiraan sepak bola.
Kampanye dan Implementasi
Identitas visual yang baru akan berdampak tidak hanya pada 42 klub yang membentuk LALIGA – yang akan mengenakan logo baru pada pakaian mereka – dan lebih dari 185 juta pengguna ruang digital LALIGA, tetapi juga para penggemar kompetisi yang akan dapat merasakannya dan menikmati perubahan di stadion, di siaran televisi, di ruang digital, dan di semua pengalaman yang dihasilkan melampaui kompetisi.
Posisi strategis baru ini dan pesannya akan tercermin dalam kampanye citra LALIGA berikutnya, yang akan diluncurkan pada pertengahan Juni.
Dengan bergabungnya mitra strategis baru seperti EA Sports, LALIGA juga meletakkan dasar untuk merevolusi pengalaman sepak bola dari musim 2023-2024 dan seterusnya, berupaya mendobrak batasan antara dunia fisik dan virtual, dengan peningkatan dalam penyiaran, dan melalui komitmen berkelanjutan untuk sepak bola akar rumput dari kedua perusahaan.