Liz Mills: Wanita Pertama yang Melatih Tim Bola Basket Pria di Turnamen Internasional

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Sejak remaja, Liz Mills telah menyimpan mimpi untuk menjadi pelatih hebat di pinggir lapangan, alih-alih pemain bola basket.
  • Dia wanita pertama yang melatih tim nasional pria di turnamen besar FIBA.
    Dia juga wanita pertama yang melatih tim bola basket pria di Arab dan wanita pertama yang melatih sebuah tim di Basketball Africa League (BAL).

SKOR.id - Sebagian besar pelatih yang berjalan ke lapangan bola basket memikirkan taktik, susunan pemain, ataupun pertandingan yang akan datang.

Tetapi, sebagai wanita pertama yang melatih tim nasional pria di turnamen besar FIBA, Liz Mills harus memikirkan segalanya – bahkan apa yang dia kenakan.

“Ketika saya pergi ke Mozambik, mereka berkata: ‘Anda tak bisa memakai sepatu bot. Anda harus melepasnya karena Anda terlihat terlalu feminin',” kata Mills kepada CNN Sport.

Dia menolak melepas sepatu hak tinggi dan sejak itu menjadi senjatanya. “Saya sangat bangga menjadi seorang wanita. Jangan Anda melupakan itu, tetapi saya di sini untuk melatih. Dan itulah yang saya ingin orang bicarakan: kepelatihan.”

Tumbuh di Australia, Mills menonton Liga Bola Basket Nasional Wanita (WNBA). Tidak seperti kebanyakan, orang yang menginspirasinya bukanlah para pemain bola basket, melainkan sosok para pelatih di pinggir lapangan.

Mills berkata, "Saya selalu mengatakan bahwa, bagi saya, melihat pelatih seperti Carrie Graf dan Jan Sterling, ini adalah pelatih kepala tim wanita di tahun 90-an dan awal 2000-an."

Dia menambahkan, “Saya pikir itu menempatkan ide di kepala saya bahwa, saya tidak akan menjadi pemain hebat, tetapi saya bisa menjadi pelatih hebat."

“Saya melihat sosok wanita-wanita yang kuat, sukses, dan cerdas ini memenangkan liga. Jika mereka bisa melakukannya, saya bisa melakukannya.”

Mills terinspirasi oleh para perintis dalam permainan wanita, tetapi dia akan menjadi perintis dengan cara yang sama sekali berbeda. Dia merupakan pelopor dan juara untuk wanita dalam olahraga di mana pelatih hampir secara eksklusif berkelamin laki-laki.

Pertemuan yang Mengubah Hidup
Setelah menghabiskan beberapa tahun melatih bola basket di Australia, untuk tim anak laki-laki dan perempuan, Mills jadi sukarelawan di Zambia ketika dia diundang oleh seorang teman untuk menonton tim klub pria lokal.

Seperti kebanyakan orang ketika menonton tim olahraga, Mills berpikir dia bisa melakukan yang lebih baik, tetapi tidak seperti kebanyakan orang, dia melakukan sesuatu tentang itu.

“Saya mendatangi salah satu pemain dan bertanya, 'Apakah Anda memiliki presiden klub atau apa pun di sini?'” kenangnya. “Dia lalu memperkenalkan saya pada presiden klub. Dia bekerja untuk Bank Dunia, Maziko Phiri, dan berpikiran sangat terbuka, jadi kami mengobrol dan dia berkata, 'Oke, kamu bisa berlatih selama satu jam'.”

Satu jam itu berubah menjadi satu sesi latihan, yang kemudian berubah menjadi sesi latihan lain, yang akhirnya berubah menjadi Mills yang memimpin tim Heroes Play United.

Selama 10 tahun berikutnya, Mills melatih klub di Zambia dan Rwanda dan menjabat sebagai asisten pelatih tim nasional Zambia dan Kamerun sebelum mendapatkan terobosan besar sebagai pelatih kepala tim nasional putra Kenya.

Mills mengambil alih pekerjaan di Kenya jelang kualifikasi AfroBasket 2021, di mana negara itu ingin mencapai kompetisi utama Afrika untuk pertama kalinya dalam 28 tahun.

Dia menuntaskan pekerjaannya dalam cara yang paling dramatis. Pada bulan Februari 2021, forward Tylor Ongwae melayangkan tembakan untuk memenangkan Kenya atas Angola – tim paling sukses dalam sejarah AfroBasket – dan memesan tempat Morans di turnamen itu.

Yang terjadi berikutnya, Mills membawa Kenya keluar dari babak grup untuk pertama kalinya dalam sejarahnya dan hanya nyaris lolos ke perempatfinal, kalah satu bola, 58-60, dari Sudan Selatan di babak 16 besar.

Dengan kesuksesan itu, Mills pindah dari Timur ke Afrika Utara, mengambil alih klub Maroko, AS Salé, dan memecahkan beberapa tonggak sejarah lainnya saat ia menjadi wanita pertama yang melatih tim bola basket pria di dunia Arab dan wanita pertama yang melatih sebuah tim di Basketball Africa League (BAL).

Mendobrak Hambatan
Mills tertawa melihat kembali serangkaian cobaan dan pencapaiannya, tetapi menanggung diskriminasi yang dideritanya tidaklah mudah.

"Saya ingat pertama kali kami main melawan Angola, mereka seperti, 'Apa yang dilakukan gadis Anda itu di lapangan?' Mereka tidak dapat memahami ada pelatih wanita."

Tetapi prasangka itu tidak terbatas pada orang Angola. “Seorang jurnalis Australia bertanya pada saya apa yang saya lakukan ketika para pemain mandi,” kata Mills, “Atau apa yang saya lakukan di ruang ganti ketika mereka perlu berganti pakaian.”

Dia juga jadi terbiasa mendapat sorotan dalam pengetahuan penuh bahwa setiap kegagalan tidak hanya akan dilihat sebagai kegagalan pribadinya, tetapi juga salah satu dari seluruh jenis kelaminnya.

“Saya berpikir kembali ke AfroBasket,” Mills mengingat satu momen. “Pertandingan pertama kami melawan Pantai Gading adalah pertama kalinya seorang wanita melatih di event olahraga seperti itu. Jadi saya berkata: 'Astaga, saya harap kami memenangkan pertandingan ini, tetapi saya harap kami bermain dengan baik.' Tetapi kemudian saya harus, tampil juga sebagai seorang wanita."

“Rekan laki-laki saya tidak duduk di sana mengkhawatirkan hal-hal seperti itu sama sekali. Mereka hanya di luar sana untuk melatih."

Sebagai orang pertama yang mencapai apa yang dia miliki itu, Mills telah merintis jalan ini sendiri, tetapi dia tidak ingin wanita lain harus melakukan hal yang sama.

Itu sebabnya Mills kemudian mendirikan Global Women in Basketball Coaching Network (Pelatihan Wanita Bola Basket Global) pada bulan Agustus.

“Ada begitu banyak pelatih di Afrika sekarang yang telah menjangkau saya, terutama wanita muda, yang berpikir seperti, 'Saya melihat Anda melatih Kenya' atau 'Saya melihat Anda melatih Salé dan itulah mengapa saya ingin melatih',” kata Mills. “Terutama setelah Kenya lolos, ada banyak wanita di seluruh dunia yang menghubungi saya, dari Irlandia, Filipina,  hingga Kolombia.”

Jaringannya – yang didirikan Mills dengan saudara kembarnya, Vic – menghubungkan wanita dari seluruh dunia yang melatih bola basket di semua level permainan, memberi mereka pelatihan dan kursus untuk meningkatkan pembinaan mereka.

Tetapi yang paling penting, sistem ini adalah ruang yang aman bagi para pelatih untuk saling mendukung dalam industri yang penuh dengan seksisme.

Anggota jaringan telah mengalami segala bentuk diskriminasi, terutama mereka yang telah bekerja di bidang permainan pria. Mills mengatakan salah satu anggota pernah ditawari pekerjaan sebagai pelatih kepala tim putra, tetapi sponsor klub mengatakan bahwa, jika dia diberi pekerjaan itu, mereka akan menarik sponsor mereka.

Bahkan dalam permainan wanita, pembinaan masih dipandang sebagai pekerjaan terutama untuk pria. Mills baru-baru ini menghadiri Piala Dunia Bola Basket Wanita FIBA ​​di negara asalnya, Australia, di mana hanya lima dari 12 negara yang dilatih oleh wanita.

Namun, untuk setiap cerita yang membebani Mills, ada cerita lain yang mengangkatnya dan mendorongnya untuk terus berjuang.

“Saya berada di Senegal untuk BAL (Basketball Africa League). Hari pertama turnamen, kami baru saja selesai latihan dan saya sedang berjalan di sekitar arena menunggu pertandingan mulai, dan seorang wanita dan dua anaknya menghentikan saya berjalan,” kata Mills.

“Dan dia seperti, 'Saya hanya ingin mengatakan alasan mengapa saya dan dua gadis saya di sini menonton adalah kami menyukai bola basket, tetapi kami akan datang dan menonton setiap pertandingan Anda karena gadis-gadis saya ingin menjadi seperti Anda ketika mereka tumbuh dewasa'.”

Liz Mills tidak sendirian dalam sosok perintis dalam permainan pria dan bergabung dengan daftar pelatih wanita yang semakin banyak membuat kemajuan dalam olahraga.

Brigitte Affidehome Tonon adalah pelatih kepala pasukan Benin sebelum kabar Mills gabung dengan Kenya.

Di Amerika Serikat (AS), Becky Hammon telah menapaki puncak bola basket putra selama beberapa tahun, setelah menghabiskan delapan tahun sebagai asisten pelatih Gregg Popovich untuk juara NBA lima kali San Antonio Spurs.

Dia dipertimbangkan oleh sejumlah tim NBA untuk lowongan pelatih kepala mereka, sebelum mengambil peran pelatih kepala di tim WNBA, Las Vegas Aces, yang dia pimpin menjadi juara di musim pertamanya.

Namun, Mills bertekad untuk mencapai semuanya di panggung internasional – tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan.

“Saya ingin menjadi wanita pertama yang melatih di Piala Dunia sebagai pelatih kepala tim (pria) Afrika,” tegasnya. Banyak yang akan melihat itu hanya masalah waktu.***

Berita Olahraga Lainnya:

Persiapkan Diri Untuk MSC 2022, IDNS Gandeng Pelatih Wanita Asal Indonesia

Sudah Diwawancarai Dua Klub, Becky Hammon Segera Jadi Pelatih Perempuan Pertama di NBA

Source: CNN

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

David da Silva.jpg

Liga 1

David da Silva Topskor Reguler Series Liga 1 2023-2024, Hampir Pasti Kunci Gelar

Striker Persib Bandung, David da Silva, menyelesaikan Reguler Series Liga 1 2023-2024 sebagai pemain tersubur dengan 26 gol.

Teguh Kurniawan | 02 May, 22:21

Pelatih asal Italia, Antonio Conte. (Dede Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Taktik Antonio Conte untuk Chelsea jika Gantikan Mauricio Pochettino

Antonio Conte diisukan bakal kembali menangani Chelsea FC.

Tri Cahyo Nugroho | 02 May, 21:32

MPL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MPL Indonesia Season 13: Daftar Lengkap Pelatih Semua Tim

Berikut ini adalah daftar lengkap pelatih semua tim di MPL Indonesia Season 13. Ada beberapa nama baru yang akan jadi nakhoda tim.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 21:20

MPL Indonesia. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Esports

MPL Indonesia Season 13: Daftar Lengkap Roster Semua Tim

Berikut ini adalah daftar lengkap roster semua tim di MPL Indonesia Season 13. Ada beberapa nama baru dari setiap tim yang bertanding.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 21:18

Liga 3 Nasional atau putaran nasional Liga 3. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

National

Liga 3 Nasional 2023-2024: Pelatih ASIOP Antisipasi Kecepatan Pemain PS Ngada

Pertandingan ASIOP vs PS Ngada akan digelar di Stadion Hoegeng, Pekalongan, Jumat (3/5/2024).

Sumargo Pangestu | 02 May, 20:57

Turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RPS Clash of Giants Season 4: Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants Season 4.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 20:56

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 02 May, 20:54

Timnas U-16 Indonesia.

Timnas Indonesia

Timnas U-16 Indonesia Mulai Persiapan Umum, Bakal Ada Promosi-Degradasi

Asisten pelatih Timnas U-16 Indonesia, Tommy Haryanto, mengungkap bakal ada pemain yang dipulangkan dari TC.

Teguh Kurniawan | 02 May, 20:40

Di atas adalah beberapa makanan penurun kolesterol Jahat menurut pakar Universitas Harvard. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Culture

10 Makanan Penurun Kolesterol ‘Jahat’ Menurut Pakar dari Universitas Harvard

Para ahli Universitas Harvard mengungkap makanan terbaik untuk menurunkan profil kolesterol jahat dalam darah ke tingkat yang sehat.

Tri Cahyo Nugroho | 02 May, 19:17

Irak U-23 vs Indonesia U-23. (Yusuf/Skor.id)

Timnas Indonesia

Skor Stats: Rating Pemain dan MotM Indonesia U-23 vs Irak U-23 di Piala Asia U-23 2024

Timnas U-23 Indonesia gagal meraih tiket lolos langsung ke Olimpiade 2024 setelah takluk di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Kamis (2/5/2024) malam WIB.

Taufani Rahmanda | 02 May, 19:03

Load More Articles