Le Mans, Film Bertema Balap Mobil Paling Realistis

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Cover Film - Le Mans (1971) film tema balap paling realistis - Hendy AS Skor.id.jpg
Steve McQueen sukses dan melegenda bersama film bertema balap mobil, Le Mans. (Hendy AS/Skor.id)

SKOR.id – Steve McQueen lebih dari sekadar legenda layar perak, aktor, sutradara, dan pembuat film pada umumnya. Dia juga memiliki hasrat yang besar untuk balapan dan membuat film tentang 24 Hour of Le Mans, salah satu balap mobil paling terkenal di dunia, adalah impian seumur hidupnya. 

Persiapan syuting sudah dimulai tiga tahun sebelum akhirnya film dengan judul Le Mans itu ditayangkan perdana pada 23 Juni 1971. 

Untuk persiapan, Steve McQueen membeli mobil balap Porsche 908 tua untuk mulai berlatih di California dan mendapatkan lisensi balapnya. Kemudian, dia mengikuti balap mobil ketahanan Sebring 12 jam, yang meski mengalami patah kaki masih mampu menempati posisi ke-2 bersama co-driver-nya Peter Revson. 

Selanjutnya adalah hal yang nyata, syuting selama balapan Le Mans 24 Jam yang sebenarnya. Perusahaan film milik McQueen, Solar Productions, mengirim tim balap ke Le Mans 1969, hanya untuk mengetahui bahwa karena jumlah debu di pit dan kurangnya pencahayaan yang tepat, pengambilan gambar hampir tidak mungkin dilakukan.

Produksi pun ditunda selama satu tahun. Lalu, beberapa minggu sebelum Le Mans 24 Jam 1970, McQueen dan timnya kembali ke Sirkuit Bugatti. Kali ini menyenangkan karena penyelenggara balapan membangun pit baru, mengecat ulang garasi, dan menambahkan penerangan malam di beberapa bagian lintasan. 

Solar Productions pun sekali lagi memasukkan mobil ke trek. Namun kali ini, McQueen tidak bisa turun, meskipun dia awalnya masuk daftar pembalap (entry list). Pasalnya, sebelum balapan, perusahaan asuransi McQueen mengancam jika dia mengikuti Le Mans akan membatalkan semua kontrak asuransinya. 

Alhasil, hanya satu mobil Solar Productions yang muncul di garis start – sebuah Porsche 908 dengan Herbert Linge dan Jonathan Williams bergantian di belakang kemudi.

Tugas “tim balap” Solar Productions bukanlah mengejar kemenangan. Namun, mobil mereka dilengkapi dengan kamera, merekam aksi di trek untuk digunakan dalam film. 

Secara keseluruhan, produksi menggunakan lebih dari 76.000 meter film. Meskipun mobil harus sering berhenti untuk mengganti kamera, mobil ini tetap bertahan dengan grup terdepan untuk waktu yang lama, sekaligus mencetak banyak bidikan film yang bagus. 

Kamera lain, ditempatkan secara strategis di sekitar trek, bekerja sepanjang hari dan sepanjang malam, melakukan hal yang sama. Satu hal yang penting adalah tidak satu pun dari bidikan ini yang diubah dengan cara apa pun. Dalam keseluruhan 106 menit film, tidak ada trik kamera, tidak ada bidikan yang dipercepat, semuanya realitas dan nyata terjadi.

Tentu saja syuting tidak berakhir dengan tuntasnya balapan. Trek pun disewa beberapa bulan setelah balapan Le Mans 24 jam untuk menyelesaikan sejumlah adegan McQueen dan scene lainnya, seperti tiga tabrakan yang dapat Anda lihat di film.

Bagian tersulit tentu saja membuat lintasan terlihat sama seperti saat balapan. Ini mengubah produksi menjadi urusan yang monumental. Yang disewa adalah pembalap dengan seluruh tim, marshal lintasan, polisi, jurnalis, dan bahkan penonton di tribune. 

Produksi bahkan sampai mendapati serangga yang berceceran di helm pengemudi, yang meskipun banyak selama balapan, mereka menghilang beberapa minggu kemudian. Namun, tetap saja helm itu harus diganti.

Lintasan juga harus menyala dengan panel-panel iklan dan menjadi sibuk dengan mobil balap yang mengikuti balapan sebenarnya. Namun masalah tidak berhenti di situ. 

Enzo Ferrari menolak kerja sama dengan pembuat film setelah mengetahui bahwa Porsche menang dalam film Le Mans. Itulah sebabnya sebagian besar Ferrari dalam film disewa dari tim privat atau (untuk mobil yang jatuh maupun kecelakaan) dibuat dari sasis Lola yang lebih tua dengan bodywork yang berbeda. 

Beberapa mobil hancur dalam proses pembuatan film Le Mans. Yang paling penting adalah adegan kecelakaan Michael Delaney (diperankan Steve McQueen) pada awal film – sebuah Porsche balap dipandu dari jarak jauh ke pagar pembatas. Hasilnya adalah salah satu crash terbaik dan paling realistis dalam sejarah film, dan diulang beberapa kali dalam film tersebut.

Sejumlah tabrakan, baik yang direncanakan maupun yang tidak, juga menyebabkan banyak momen dramatis dalam pembuatan film. Suatu kali, Ferrari geberan Derek Bell terbakar dan pengemudinya selamat dari luka bakar. 

Pengemudi lainnya, David Piper, berakhir lebih buruk. Porsche 917 miliknya jatuh dan terbelah dua. Piper selamat, tetapi kehilangan kaki. Sebagai kompensasi, ia pun diberi seluruh pendapatan global dari hari pertama film Le Mans diputar di bioskop.

Mengambil gambar kecelakaan dengan seorang pembalap melarikan diri dari ledakan Ferrari, menjadi momen dramatis lainnya. Mobil terbakar lebih awal dari yang direncanakan sehingga sang stuntman tidak berhasil berlari cukup jauh dan ikut terbakar. Ironisnya, hanya sebagian dari bidikan ini yang berhasil masuk ke film terakhir.

Pengambilan gambar itu sangat lama dan sulit. Dilakukan tanpa skenario, memakan waktu hampir dua tahun sehingga melampaui anggaran aslinya. Itu juga mungkin membuat banyak orang stres. 

Namun pada akhirnya, semuanya menjadi baik dan pada 23 Juni 1971, saat film Le Mans akhirnya tayang perdana. Hasilnya adalah salah satu film balap paling realistis yang pernah dibuat dan merupakan suatu keharusan bagi setiap petrolhead atau penggemar film.

Tidak seperti proses pembuatannya, cerita film fiksi aksi-drama garapan sutradara Lee H. Katzin ini sebenarnya sederhana. Michael Delaney (Steve McQueen), pembalap tim Porsche, dihantui oleh ingatan akan kecelakaan pada balapan tahun sebelumnya saat seorang pembalap yang bersaing tewas. 

Terlebih lagi, Delaney juga mendapati dirinya semakin tergila-gila dengan Lisa Belgetti (Elga Andersen), janda sang pembalap. Alur cerita minimal berfokus pada persaingan panjang balapan Delaney dengan musuh bebuyutannya yang mengendarai Ferrari, Erich Stahler (Siegfried Rauch). 

 

RELATED STORIES

Film F1 Brad Pitt Nantinya Akan Gunakan Mobil Balap Asli

Film F1 Brad Pitt Nantinya Akan Gunakan Mobil Balap Asli

Lewis Hamilton, Jerry Bruckheimer, dan Joseph Kosinski tak hanya ingin bikin film F1 yang bagus, tetapi juga film balapan paling akurat sepanjang masa.

Tom Cruise Eksplorasi Motor BMW GS Tanpa Stuntman dalam Mission Impossible 7

Tom Cruise Eksplorasi Motor BMW GS Tanpa Stuntman dalam Mission Impossible 7

Dalam film ini Tom Cruise mengendarai BMW G 310 GS yang mengagumkan.

10 Film Dokumenter F1 Terbaik untuk Ditonton

Sejumlah film dokumenter Formula 1 dinilai cocok disaksikan karena mendekati kejadian sesungguhnya.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Bulu tangkis, salah satu cabang populer di Indonesia. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Badminton

Indonesia Masters 2025: Salah Pola Permainan, Dejan/Fadia Terhenti di Babak Pertama

Dejan Ferdinansyah/Siti Fadia Silva Ramadhanti langsung terhenti di babak pertama Indonesia Masters 2025.

Arin Nabila | 22 Jan, 13:57

Laga Sparta Praha vs Inter Milan di Liga Champions 2024-2025 akan digelar pada Kamis (23/1/2025) pukul 03.00 WIB. (Hendy Andika/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Sparta Praha vs Inter Milan di Liga Champions 2024-2025

Prediksi dan link live streaming Sparta Praha vs Inter Milan di Liga Champions 2024-2025 yang akan digelar pada Kamis (23/1/2025) pukul 03.00 WIB.

Irfan Sudrajat | 22 Jan, 12:51

Borneo FC vs Kaya FC di ASEAN Club Championship 2024-2025. (Jovi Arnanda/Skor.id)

National

Prediksi dan Link Live Streaming Borneo FC vs Kaya FC di ASEAN Club Championship 2024-2025

Laga Borneo FC vs Kaya FC akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Kamis (23/1/2025).

Rais Adnan | 22 Jan, 12:46

Lerby Eliandry (PSPS Pekanbaru). (Foto: Instagram @pspsriau/Grafis: Jovi Arnanda/Skor.id)

Liga 2

Player of The Week Liga 2 2024-2025: Lerby Eliandry, Misi Bangkit Usai Cedera Parah

Lerby Eliandry menjadi salah satu pemain yang berperan membawa PSPS Pekanbaru menang di kandang Persiraja.

Rais Adnan | 22 Jan, 11:37

PBESI (Dede Mauladi/Skor.id)

Esports

Tanggapan PBESI Soal Freeze Contract di Esports

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) berharap ke depan tidak ada kejadian serupa.

Gangga Basudewa | 22 Jan, 11:03

Konferensi Pers EVOS X Chupa Chups Big Babol. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

EVOS Esports Umumkan Kolaborasi dengan Chupa Chups Big Babol

Keduanya ingin menciptakan pengalaman unik yang memadukan dunia gaming dan keseruan menikmati bubble gum.

Gangga Basudewa | 22 Jan, 10:50

 Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, pebulu tangkis ganda putra Indonesia. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Badminton

Indonesia Masters 2025: Penuh Drama, Fajar/Rian Berhasil Lolos ke 16 Besar

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjalani pertandingan penuh drama pada babak pertama Indonesia Masters 2025.

Arin Nabila | 22 Jan, 08:59

Laga Paris Saint-Germain vs Manchester City. (Hendy Andika/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming PSG vs Man City di Liga Champions 2024-2025

Prediksi dan link live streaming Paris Saint-Germain vs Manchester City di Liga Inggris 2024-2025 yang akan digelar pada Kamis (23/1/2025) pukul 03.00 WIB.

Irfan Sudrajat | 22 Jan, 08:19

Honor of Kings Invitational Season 3. (Level Infinite)

Esports

Global Ban Bakal Hadir di HOK Invitational Season 3

Honor of Kings Invitational S3 akan dimulai pada 21 Februari 2025 dan berakhir pada 1 Maret di Manila, Filipina.

Gangga Basudewa | 22 Jan, 07:47

Laga Arsenal vs Dinamo Zagreb di Liga Champions 2024-2025. (Hendy Andika/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Arsenal vs Dinamo Zagreb di Liga Champions 2024-2025

Prediksi pertandingan dan link live streaming Arsenal vs Dinamo Zagreb di Liga Champions 2024-2025.

Pradipta Indra Kumara | 22 Jan, 02:45

Load More Articles