Le Mans, Film Bertema Balap Mobil Paling Realistis

Tri Cahyo Nugroho

Editor: Tri Cahyo Nugroho

Cover Film - Le Mans (1971) film tema balap paling realistis - Hendy AS Skor.id.jpg
Steve McQueen sukses dan melegenda bersama film bertema balap mobil, Le Mans. (Hendy AS/Skor.id)

SKOR.id – Steve McQueen lebih dari sekadar legenda layar perak, aktor, sutradara, dan pembuat film pada umumnya. Dia juga memiliki hasrat yang besar untuk balapan dan membuat film tentang 24 Hour of Le Mans, salah satu balap mobil paling terkenal di dunia, adalah impian seumur hidupnya. 

Persiapan syuting sudah dimulai tiga tahun sebelum akhirnya film dengan judul Le Mans itu ditayangkan perdana pada 23 Juni 1971. 

Untuk persiapan, Steve McQueen membeli mobil balap Porsche 908 tua untuk mulai berlatih di California dan mendapatkan lisensi balapnya. Kemudian, dia mengikuti balap mobil ketahanan Sebring 12 jam, yang meski mengalami patah kaki masih mampu menempati posisi ke-2 bersama co-driver-nya Peter Revson. 

Selanjutnya adalah hal yang nyata, syuting selama balapan Le Mans 24 Jam yang sebenarnya. Perusahaan film milik McQueen, Solar Productions, mengirim tim balap ke Le Mans 1969, hanya untuk mengetahui bahwa karena jumlah debu di pit dan kurangnya pencahayaan yang tepat, pengambilan gambar hampir tidak mungkin dilakukan.

Produksi pun ditunda selama satu tahun. Lalu, beberapa minggu sebelum Le Mans 24 Jam 1970, McQueen dan timnya kembali ke Sirkuit Bugatti. Kali ini menyenangkan karena penyelenggara balapan membangun pit baru, mengecat ulang garasi, dan menambahkan penerangan malam di beberapa bagian lintasan. 

Solar Productions pun sekali lagi memasukkan mobil ke trek. Namun kali ini, McQueen tidak bisa turun, meskipun dia awalnya masuk daftar pembalap (entry list). Pasalnya, sebelum balapan, perusahaan asuransi McQueen mengancam jika dia mengikuti Le Mans akan membatalkan semua kontrak asuransinya. 

Alhasil, hanya satu mobil Solar Productions yang muncul di garis start – sebuah Porsche 908 dengan Herbert Linge dan Jonathan Williams bergantian di belakang kemudi.

Tugas “tim balap” Solar Productions bukanlah mengejar kemenangan. Namun, mobil mereka dilengkapi dengan kamera, merekam aksi di trek untuk digunakan dalam film. 

Secara keseluruhan, produksi menggunakan lebih dari 76.000 meter film. Meskipun mobil harus sering berhenti untuk mengganti kamera, mobil ini tetap bertahan dengan grup terdepan untuk waktu yang lama, sekaligus mencetak banyak bidikan film yang bagus. 

Kamera lain, ditempatkan secara strategis di sekitar trek, bekerja sepanjang hari dan sepanjang malam, melakukan hal yang sama. Satu hal yang penting adalah tidak satu pun dari bidikan ini yang diubah dengan cara apa pun. Dalam keseluruhan 106 menit film, tidak ada trik kamera, tidak ada bidikan yang dipercepat, semuanya realitas dan nyata terjadi.

Tentu saja syuting tidak berakhir dengan tuntasnya balapan. Trek pun disewa beberapa bulan setelah balapan Le Mans 24 jam untuk menyelesaikan sejumlah adegan McQueen dan scene lainnya, seperti tiga tabrakan yang dapat Anda lihat di film.

Bagian tersulit tentu saja membuat lintasan terlihat sama seperti saat balapan. Ini mengubah produksi menjadi urusan yang monumental. Yang disewa adalah pembalap dengan seluruh tim, marshal lintasan, polisi, jurnalis, dan bahkan penonton di tribune. 

Produksi bahkan sampai mendapati serangga yang berceceran di helm pengemudi, yang meskipun banyak selama balapan, mereka menghilang beberapa minggu kemudian. Namun, tetap saja helm itu harus diganti.

Lintasan juga harus menyala dengan panel-panel iklan dan menjadi sibuk dengan mobil balap yang mengikuti balapan sebenarnya. Namun masalah tidak berhenti di situ. 

Enzo Ferrari menolak kerja sama dengan pembuat film setelah mengetahui bahwa Porsche menang dalam film Le Mans. Itulah sebabnya sebagian besar Ferrari dalam film disewa dari tim privat atau (untuk mobil yang jatuh maupun kecelakaan) dibuat dari sasis Lola yang lebih tua dengan bodywork yang berbeda. 

Beberapa mobil hancur dalam proses pembuatan film Le Mans. Yang paling penting adalah adegan kecelakaan Michael Delaney (diperankan Steve McQueen) pada awal film – sebuah Porsche balap dipandu dari jarak jauh ke pagar pembatas. Hasilnya adalah salah satu crash terbaik dan paling realistis dalam sejarah film, dan diulang beberapa kali dalam film tersebut.

Sejumlah tabrakan, baik yang direncanakan maupun yang tidak, juga menyebabkan banyak momen dramatis dalam pembuatan film. Suatu kali, Ferrari geberan Derek Bell terbakar dan pengemudinya selamat dari luka bakar. 

Pengemudi lainnya, David Piper, berakhir lebih buruk. Porsche 917 miliknya jatuh dan terbelah dua. Piper selamat, tetapi kehilangan kaki. Sebagai kompensasi, ia pun diberi seluruh pendapatan global dari hari pertama film Le Mans diputar di bioskop.

Mengambil gambar kecelakaan dengan seorang pembalap melarikan diri dari ledakan Ferrari, menjadi momen dramatis lainnya. Mobil terbakar lebih awal dari yang direncanakan sehingga sang stuntman tidak berhasil berlari cukup jauh dan ikut terbakar. Ironisnya, hanya sebagian dari bidikan ini yang berhasil masuk ke film terakhir.

Pengambilan gambar itu sangat lama dan sulit. Dilakukan tanpa skenario, memakan waktu hampir dua tahun sehingga melampaui anggaran aslinya. Itu juga mungkin membuat banyak orang stres. 

Namun pada akhirnya, semuanya menjadi baik dan pada 23 Juni 1971, saat film Le Mans akhirnya tayang perdana. Hasilnya adalah salah satu film balap paling realistis yang pernah dibuat dan merupakan suatu keharusan bagi setiap petrolhead atau penggemar film.

Tidak seperti proses pembuatannya, cerita film fiksi aksi-drama garapan sutradara Lee H. Katzin ini sebenarnya sederhana. Michael Delaney (Steve McQueen), pembalap tim Porsche, dihantui oleh ingatan akan kecelakaan pada balapan tahun sebelumnya saat seorang pembalap yang bersaing tewas. 

Terlebih lagi, Delaney juga mendapati dirinya semakin tergila-gila dengan Lisa Belgetti (Elga Andersen), janda sang pembalap. Alur cerita minimal berfokus pada persaingan panjang balapan Delaney dengan musuh bebuyutannya yang mengendarai Ferrari, Erich Stahler (Siegfried Rauch). 

 

RELATED STORIES

Film F1 Brad Pitt Nantinya Akan Gunakan Mobil Balap Asli

Film F1 Brad Pitt Nantinya Akan Gunakan Mobil Balap Asli

Lewis Hamilton, Jerry Bruckheimer, dan Joseph Kosinski tak hanya ingin bikin film F1 yang bagus, tetapi juga film balapan paling akurat sepanjang masa.

Tom Cruise Eksplorasi Motor BMW GS Tanpa Stuntman dalam Mission Impossible 7

Tom Cruise Eksplorasi Motor BMW GS Tanpa Stuntman dalam Mission Impossible 7

Dalam film ini Tom Cruise mengendarai BMW G 310 GS yang mengagumkan.

10 Film Dokumenter F1 Terbaik untuk Ditonton

Sejumlah film dokumenter Formula 1 dinilai cocok disaksikan karena mendekati kejadian sesungguhnya.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Grup 2 Liga 2 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 2

Prediksi dan Link Live Streaming Liga 2 2024-2025: Grup 2 Pekan Kesepuluh

Persiku vs Nusantara United, Persekat vs Persijap, Persipa vs Bhayangkara FC, dan Persikas vs Adhyaksa FC, pada 9-10 November 2024.

Taufani Rahmanda | 08 Nov, 14:35

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti. (M. Yusuf/Skor.id).

La Liga

Carlo Ancelotti Tegaskan Tidak Akan Ubah Posisi Vinicius Junior dan Kylian Mbappe

Jelang lawan Osasuna, Carlo Ancelotti menyatakan bahwa persoalan timnya bukan dari aspek serangna melainkan dari kemampuan timnya bertahan.

Irfan Sudrajat | 08 Nov, 14:26

Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem

Formula 1

Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem Diserang Balik oleh Seluruh Pembalap F1

GPDA yang beranggotakan seluruh pembalap Formula 1 mengkritik Mohammed Ben Sulayem terkait sejumlah isu.

I Gede Ardy Estrada | 08 Nov, 13:43

Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Foto: Yogie Gandanaya/Grafis: Yusuf/ Skor.id)

Timnas Indonesia

Pindai Garuda ID dan 103 CCTV, Cara PSSI Pastikan Kenyamanan dan Keamanan Penonton Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, ingin standar penyelenggaraan laga Timnas Indonesia di level internasional meningkat.

Teguh Kurniawan | 08 Nov, 13:22

Piala AFF Futsal 2024 atau ASEAN Futsal Championship 2024. (Hendy Andika/Skor.id)

Futsal

ASEAN Futsal Championship 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Piala AFF Futsal 2024 atau ASEAN Futsal Championship 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 08 Nov, 13:08

Gelandang Liverpool, Curtis Jones, tampil bagus musim ini dan membuatnya masuk skuad Timnas Inggris. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Inggris

Liverpool vs Aston Villa: Arne Slot Puji Perubahan Besar Curtis Jones

Arne Slot menyatakan Curtis Jones meningkat performanya setelah sang pemain menjadi seorang ayah, wajar kalau kini dia kembali masuk skuad Timnas Inggris.

Irfan Sudrajat | 08 Nov, 12:47

Iga Swiatek

Tennis

Iga Swiatek Harus Tersisih dari WTA Finals 2024 karena Hasil Pertandingan Lain

Setelah gugur dari WTA Finals 2024 Iga Swiatek akan mengalihkan fokusnya memperkuat Polandia di Billie Jean King Cup, pekan depan.

I Gede Ardy Estrada | 08 Nov, 11:23

Arki Dikania Wisnu, point guard Satria Muda Pertamina. (Zulhar Eko Kurniawan/Skor.id)

IBL

Arki Dikania Wisnu Gabung Dewa United Banten, Siap Bawa Tim ke Puncak IBL

Nama Arki Wisnu memang menjadi buah bibir pada akhir musim 2024 dengan tim yang membesarkan namanya.

Gangga Basudewa | 08 Nov, 11:12

Grup 1 Liga 2 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 2

Prediksi dan Link Live Streaming Liga 2 2024-2025: Grup 1 Pekan Kesepuluh

FC Bekasi City vs Persikota, PSMS vs PSKC, Persikabo 1973 vs PSPS, dan Sriwijaya FC vs Dejan FC, pada 9-10 November 2024.

Sumargo Pangestu | 08 Nov, 10:13

Yu-Gi-Oh Master Duel (Konami)

Esports

Konami Buat Event Spesial 1000 Hari Perilisan Yu-Gi-Oh Master Duel

Sejak dirilis pada Februari 2022, Yu-Gi-Oh! MASTER DUEL telah berhasil menyuguhkan Duel lintas platform.

Gangga Basudewa | 08 Nov, 09:44

Load More Articles