- LaLiga baru-baru ini melampaui angka 150 juta pengikut di semua akun media sosialnya.
- Penonton muda adalah bagian penting dari pertumbuhan eksponensial ini, yang selama setahun terakhir telah mencapai 10 juta penggemar.
- LaLiga menjadi kompetisi dengan jumlah pengikut terbanyak ketiga setelah NBA dan Liga Champions, serta di depan kejuaraan lain seperti Premier League dan NFL.
SKOR.id - LaLiga (Liga Spanyol) baru-baru ini melampaui angka 150 juta pengikut di semua akun media sosialnya.
Angka ini memperkuat posisi LaLiga sebagai kompetisi dengan jumlah penggemar terbesar ketiga di jagat digital, di belakang NBA dan Liga Champions, dan mengungguli kejuaraan lainnya seperti Premier League dan NFL.
Angka 150 juta dicapai dengan menambahkan jumlah pengikut dari 23 saluran di mana LaLiga hadir, termasuk akun eLaLiga, FUNDACIÓN LaLiga dan LaLigaSportsTV.
Fans dapat mengakses konten di jejaring sosial ini dalam total 16 bahasa, diantaranya adalah Spanyol, Inggris, Prancis, Arab, Cina, Israel, Swahili, dan Hungaria. Lebih lanjut, terdapat berbagai kemungkinan penambahan bahasa mengingat sebanyak lebih dari 185 negara dapat menonton kompetisi ini.
Direktur Strategi Digital di LaLiga, Alfredo Bermejo menjelaskan: “Mencapai lebih dari 150 juta pengikut menunjukkan kepada kami bahwa strategi digital kami berhasil.
"Kami semakin dekat dengan penggemar dan kami mampu membuat format baru, berinovasi, dan menghasilkan konten menarik yang disesuaikan dengan setiap jenis platform dan penonton.”
Kunci pertumbuhan LaLiga: Penonton muda
Selanjutnya, berbicara tentang pasar Tiongkok, yaitu Douyin atau disebut TikTok versi Tiongkok, telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir karena musik dan konten yang sedang tren.
Ketiga jejaring sosial ini telah membantu memecahkan rekor dengan menambah 10 juta pengikut dalam satu tahun, dari 140 juta penggemar di musim 2020/2021, menjadi lebih dari 150 juta hari ini.
Ketertarikan anak muda terhadap LaLiga dan jejaring sosialnya terlihat jelas jika mempertimbangkan dari total jumlah pengikut di Facebook dan Instagram yang masing-masing terdiri atas 76,6 persen dan 66,28 persen adalah pria dan wanita berusia antara 18 dan 34 tahun.
Sebuah jendela menuju dunia
Internasionalisasi LaLiga juga tercermin dalam saluran media sosialnya. Menguatkan hal ini, negara-negara dengan jumlah pengikut LaLiga terbesar adalah India, Bangladesh, Indonesia, Mesir, Meksiko, Brasil, Aljazair, Maroko, Spanyol, Kolombia, dan Tiongkok.
Selain itu, terdapat peningkatan tajam dalam pengikut internasional di saluran media sosial LaLiga, terutama selama setahun terakhir.
Peningkatan ini dapat dilihat secara khusus melalui Facebook dan Instagram, di mana negara-negara dengan pertumbuhan pengikut terbesar pada tahun 2022 adalah Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Maroko di Facebook, serta Brasil, Ghana, Argentina, dan Cili di Instagram.
Baca Juga Berita LaLiga Lainnya
Seputar LaLiga Pekan Ini: 12 Gol Barcelona hingga Jadwal El Clasico Bulan Ini
Presiden LaLiga Kecam Agnelli, Laporta, dan Perez: Mereka Berbohong Lebih dari Putin