- LeBron James membuat banyak kepurusan investasi cerdas selama hidupnya.
- Di antaranya Blaze Pizza, berupa kepemilikan 10% saham senilai $ 1 juta pada 2012.
- Sialnya, saat bekerja di salah satu kedai, fans meyangkanya Dwight Wade.
SKOR.id - LeBron James membuat banyak keputusan investasi cerdas selama hidupnya.
Berkat permainannya yang luar biasa di lapangan basket, dia mendapat banyak uang melalui kontraknya di liga (NBA) dan kesepakatan sponsorship dengan beberapa perusahaan besar.
Dengan uang sebanyak itu, dia membuat langkah-langkah cerdas dengan menginvestasikan uangnya ke berbagai perusahaan dan memperluas portofolio bisnisnya.
Salah satu perusahaan itu adalah Blaze Pizza, dengan investasi senilai $ 1 juta pada 2012 dan pada saat perusahaan itu dijual, investasinya telah menghasilkan $ 35 juta.
Keterlibatan James dengan Blaze Pizza sangatlah besar bagi mereka.
Maklum, mereka komoditas yang tidak diketahui sebelum kedatangan James. Dan waralaba itu pun meledak dalam popularitas. Sedemikian rupa sehingga mereka bahkan meminta James untuk menyajikan pizza kepada penggemar untuk interaksi khusus.
Sekitar enam tahun silam, selama perjalanan ke Los Angeles, James rehat dari rutinitas NBA selama beberapa jam untuk bekerja sebagai koki pizza di waralaba Blaze Pizza di kota itu.
Selama interaksi, seorang pelanggan mengatakan bahwa dia tampak familier dan memiliki kemiripan yang mencolok dengan kolega dan teman dekatnya, Dwyane Wade.
James menanggapinya dengan kocak, "Saya juga pernah mendengar soal pria (Wade) itu.”
Jelas sang pebasket bersenang-senang dengan beberapa pelanggan awam yang hanya ingin mencoba pizza, walaupun harus menerima olok-olok dari Dwyane Wade.
James dan Wade, seperti diketahui banyak penggemar NBA, teman yang sangat dekat, dan berbagi lapangan bersama selama di Miami, dan juga di Cleveland.
James dan Wade pergi ke 4 Final NBA bersama-sama dan memenangkan 2 kejuaraan NBA, di mana James dinobatkan sebagai MVP Final di kedua tahun tersebut.
Menolak McDonalds
April 2016, hanya beberapa bulan sebelum James dan Cleveland Cavaliers memenangi trofi kejuaraan NBA pertama mereka, sebuah video menampilkan James diposting online dan dengan cepat menjadi viral.
Itu bukan rekaman campuran atau cuplikan cabul dari situs gosip TMZ tentang perilakunya yang salah. Itu adalah iklan untuk Blaze Pizza, dan momen ketika dia disangka Wade.
Dalam video tersebut, James menyamar sebagai karyawan Blaze, bernama Ron yang bekerja di sebuah restoran di Pasadena.
Pelanggan menatap bingung saat James (yang tinggi 2,03 meter dan bobot 250 pon/114 kg) berinteraksi dengan mereka dan menyiapkan pesanan mereka seperti anggota tim lainnya.
Jika Blaze Pizza belum ada di peta untuk pelanggan di seluruh negeri Amerika pada saat itu, video tersebut membuatnya begitu.
Klip ringan berdurasi dua menit itu adalah pesta pembukaan untuk kemitraan James dengan Blaze, yang dimulai pada tahun 2012.
Bersama tokoh-tokoh terkenal lainnya: Maria Shriver dan co-pemilik Boston Red Sox, Tom Werner, James dan mitra bisnisnya Maverick Carter adalah investor pendiri Blaze.
Laporan pada 2017 dari ESPN mencatat bahwa investasinya sekitar $ 1 juta dan James memiliki sekitar 10 persen saham dalam bisnis tersebut.
Dia juga bermitra dengan pendiri Restoran Levy, Larry Levy sebagai pemegang waralaba di pasar Blaze di Chicago dan Miami.
Tetapi peran James di Blaze melahirkan dimensi lain pada Oktober 2015.
Saat itulah merek mengumumkan kesepakatan sponsor multi-tahun dengan superstar, yang menurut perusahaan akan mencakup aktivasi melalui iklan, media sosial, penampilan di dalam toko, dan kampanye perusahaan lainnya.
“Blaze Pizza bukanlah jaringan pizza khas Anda. Model mereka benar-benar mengubah masa depan industri fast-casual sama sekali,” kata James dalam sebuah pernyataan saat itu.
“Saya awalnya berinvestasi karena saya tahu itu adalah ide khusus yang menawarkan sesuatu yang diinginkan orang."
"Sekarang saya bersemangat untuk bekerja sama dengan Blaze Pizza dalam peran baru ini dan terus memberikan pengalaman yang sama sekali baru kepada orang-orang.”
Kesepakatan pengesahan itu bukanlah hanya berita besar karena nasib baik Blaze untuk merenggut James.
Juga karena empat kali MVP NBA itu rela menolak kesepakatan yang bernilai $ 14 juta dari McDonald, menurut laporan ESPN.
Sponsorship bukan masalah sederhana bagi James. Dikenal sebagai seorang pengusaha elite dan dermawan, James selalu selektif dalam setiap tawaran yang diterimanya, yang juga termasuk dari Nike, Coca Cola, Beats by Dre, dan Kia.
"Kelompoknya memberi tahu kami, 'Dia hanya membuat satu makanan, satu restoran, dan dia ingin bergabung dengan kalian karena dia menyukai apa yang kamu lakukan dan dia menyukai makanannya,'" kata Rick Wetzel.
“Kami mencintai LeBron. Dia duta besar bagi kami. Selalu menjadi pendukung besar, dan dia selalu membicarakan kami di media sosial.”
Elise Wetzel mengatakan postingam James di media sosial selalu jadi keuntungan bagi bisnis mereka.
Dia memiliki sekitar 42 juta pengikut di Twitter dan 45 juta di Instagram (@KingJames untuk kedua akun), sebuah jangkauan luar biasa untuk 300 unit Blaze.
"Yang saya suka adalah dia begitu otentik," katanya. “Ketika dia men-tweet, memposting, itu adalah 100 persen dia. Kami tidak menuliskan sesuatu untuk LeBron untuk dimasukkan ke feed-nya. Ini persis seperti yang dia rasakan, jadi ini seotentik yang Anda dapatkan.”
Hubungan James dengan Blaze mengalami dinamika baru pada 2018, ketika ia tanda tangan kontrak sebagai agen bebas dengan Los Angeles Lakers, tim kampung halaman Blaze.
Tak lama setelah dia menandatangani kontrak pada bulan Juli, perusahaan menggelar pesta pizza di lokasi Culver City untuk menghormati kedatangannya.
James mentweet tentang pesta itu, membuat banyak orang percaya bahwa dia akan berada di sana secara langsung. Ratusan orang mengantri di sekitar blok untuk mendapatkan pizza gratis, tetapi sang Raja tidak pernah muncul.
Keluarga Wetzel tidak keberatan. Mereka tahu betapa beruntungnya mereka memiliki James di pihak mereka — dan bukan hanya demi bisnis.
“Saya senang dia ada di sini, karena saya bisa menonton pertandingan Lakers sekarang,” kata Rick Wetzel sambil tertawa.***
Berita LeBron James Lainnya:
5 Pemain NBA Terbaik versi Stephen Curry, LeBron James Masuk dalam Daftar
LeBron James Jadi Pemain Ketiga NBA yang Cetak 36.000 Poin
LeBron James Resmi Jadi Pemain Tersubur di Hari Natal
Pencetak Poin Terbanyak NBA Christmas Games, LeBron James Berpeluang Lampaui Kobe Bryant