SKOR.id – Apa jadinya jika warisan sepak bola dicampurkan dengan gaya busana kelas atas? Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir tidak hanya merek fesyen tetapi pengecer semakin memperhatikan segala hal yang sporty.
LuisaViaRoma adalah perusahaan ritel terkini yang memanfaatkan daya tarik sepak bola. Mereka berkolaborasi dengan Kappa merek apparel dan perlengkapan milik BasicNet Group serta ACF Fiorentina, klub sepak bola asal Florence, Italia, untuk mengembangkan desain khusus untuk seragam keempat klub musim 2024-2025 ini.
Kerja sama ini bertujuan untuk merayakan hubungan antara pengecer mewah yang menjual produk fesyen, dekorasi rumah, dan gaya hidup kelas atas dengan kampung halamannya. Sekaligus menandai yang hubungan pertama bagi LuisaViaRoma, yang berasal dari Florence, dengan klub sepak bola terbesar di kota tersebut.
Untuk seragam dipilih warna ungu untuk menghormati warna khas klub. Namun, Kappa dan LuisaViaRoma bermain dengan warna ungu gradasi di atas dasar hitam.
Fitur utama dari jersey spesial ini adalah model kerahnya yang kuno mengingatkan pada kemeja polo, sementara logo dan sponsor ditampilkan melalui efek warna-warni.
Jersey yang dinamai Kombat Pro yang dirancang untuk performa puncak dibuat menggunakan kain ultra-ringan dan jahitan nilon elastis untuk memastikan kenyamanan dan kebebasan bergerak, serta teknologi perlindungan Hydroway yang memberikan sirkulasi udara dan pelepasan panas tubuh yang efektif.
Jersey edisi terbatas ini hanya akan tersedia dalam 1.926 buah, sesuai dengan tahun berdirinya ACF Fiorentina. Jersey ini juga bakal hadir dalam kotak hitam khusus.
Seragam keempat juga mencakup celana pendek, kaus kaki, dan jaket lagu kebangsaan yang akan diungkapkan para pemain saat mereka turun ke lapangan sebelum pertandingan Fiorentina melawan Genoa CFC di Liga Italia pada hari Minggu (2/2/2025)—yang dimenangi La Viola, 2-1—saat tim akan mengenakan koleksi tersebut untuk pertama kalinya.
Seragam keempat Fiorentina 2024-2025 ini tersedia di toko LuisaViaRoma, atau online di luisaviaroma.com, fiorentinastore.com, dan kappa.com, koleksi ini dibanderol dengan harga antara 19 euro (sekira Rp320 ribu) untuk kaus kaki dan 150 euro (Rp2,52 juta) untuk jersey.
“Kami sangat gembira mengumumkan kolaborasi ini, yang pertama dalam sejarah LuisaViaRoma dengan Fiorentina dan Kappa, dua mitra ikonik di dunia olahraga,” kata Tommaso Maria Andorlini selaku CEO LuisaViaRoma.
“Proyek ini mewakili langkah penting bagi kami dan merayakan ikatan unik antara fesyen dan olahraga, dua dunia yang berbagi kreativitas, semangat, dan dedikasi terhadap keunggulan.”
Pengetahuan Andorlini dalam kategori pakaian olahraga dan sepatu kets, selain pengalamannya selama dua dekade di industri fesyen, kemungkinan besar berperan dalam mendorong kolaborasi ini.
Dia memimpin Holding IT, perusahaan induk dari FFW Srl, yang telah membuat dan mengelola situs e-commerce untuk merek fesyen sejak 2011, dan Playground Srl, yang mengoperasikan toko pakaian olahraga mewah di bawah bendera SOTF.
Seperti diberitakan, tahun lalu LuisaViaRoma mengakuisisi Holding IT, dan mendirikan Grup LuisaViaRoma baru.
Kesepakatan tersebut menyusul penunjukan Andorlini sebagai CEO LuisaViaRoma pada tahun 2023. Ia menggantikan Alessandra Rossi, yang bergabung dengan perusahaan tersebut pada Oktober 2021 setelah penutupan kesepakatan dengan perusahaan ekuitas swasta Style Capital yang berbasis di Milan.
Seperti diberitakan, pendanaannya dipimpin oleh CEO Roberta Benaglia, yang menginvestasikan 130 juta euro untuk mengakuisisi 40 persen saham LuisaViaRoma.
Presiden pengecer tersebut, Andrea Panconesi – yang memiliki nenek bernama Luisa Jaquin yang menanam benih kesuksesan perusahaan keluarga dengan membuka toko konsep kecil di Via Roma di Florence pada tahun 1929 – mempertahankan 60 persen saham di perusahaan tersebut.
Panconesi menjadi sosok di balik serangan digital LuisaViaRoma di awal tahun 2000-an dengan peluncuran platform e-commerce-nya.
Sejak saat itu, hal ini telah ditingkatkan dengan bagian-bagian baru — termasuk pengenalan LVRSustainable pada tahun 2019 — dan pemilihan pakaian dan aksesoris untuk pria, wanita dan anak-anak, serta produk kecantikan dan perlengkapan rumah tangga, dengan lebih dari 500 merek mewah internasional.
Meski begitu, Panconesi selalu menyoroti pentingnya ritel fisik dan acara IRL bagi kesuksesan perusahaan. Untuk mencapai tujuan ini, selain lokasinya di Florence, LuisaViaRoma juga membuka pos internasional pertamanya di NoHo, New York, tahun lalu.