Inilah Makanan yang Dikonsumsi Pemain Muslim Liga Inggris Saat Bulan Ramadan

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Bek Wesley Fofana saat masih memperkuat Leicester City, berbuka puasa sejenak dengan meneguk air di sela laga melawan Crystal Palace musim lalu (Hendy AS/Skor.id)
Bek Wesley Fofana saat masih memperkuat Leicester City, berbuka puasa sejenak dengan meneguk air di sela laga melawan Crystal Palace (Hendy AS/Skor.id)
  • Para pesepak bola Muslim di Inggris menjalani ibadah puasa selama lebih dari 12 jam sehari.
  • Saat buka puasa tim dokter klub tidak memberi pemain makanan seperti gorengan atau makanan tinggi gula.
  • Dr Zafar Iqbal mengaku, beberapa atlet dan pemain justru merasa lebih kuat secara mental ketika berpuasa.

SKOR.id – Umat Islam berkomitmen untuk berpuasa tiap hari tanpa makanan atau minuman dari fajar hingga senja, dan itu juga dijalani para atlet sepak bola Muslim.

Namun mereka tetap harus menjaga pola makan yang optimal, hingga kerasnya latihan dan kompetisi, serta memastikan mendapatkan pemulihan yang tepat.

Jadi sungguh luar biasa bahwa tiap tahun, selama sebulan penuh, para pesepak bola Muslim mendedikasikan diri berpuasa selama berjam-jam tiap hari demi menjalani ibadah wajib itu.

Ramadan dimulai lagi tahun ini pada 23 Maret dan berlangsung sekitar 30 hari, sebuah periode penting dalam kalender sepak bola. 

Dalam beberapa tahun terakhir, kita melihat pemain Liga Inggris berbuka puasa ketika diizinkan pada pertengahan pertandingan, untuk mengatasi tuntutan yang diberikan pada tubuh mereka.

Lalu, apa yang harus dilalui para pemain Liga Inggris yang berpuasa tersebut untuk tetap menjalankan perintah agama selama Bulan Suci bagi Umat Islam ini?

Mulai dari subuh sekitar pukul 04.00 waktu setempat, pemain yang berpuasa tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun hingga matahari terbenam.

Yaitu kira-kira pukul 18.30 waktu Inggris, dan itu berarti mereka berpuasa lebih dari 12 jam tanpa bahan bakar. 

“Ini menimbulkan tantangan tertentu bagi pesepak bola dan atlet profesional,” kata kepala kedokteran olahraga Crystal Palace Dr Zafar Iqbal, dikutip dari Mirror Football

"Anda harus berlatih dengan tingkat tinggi dan hal utama yang Anda khawatirkan adalah mengoptimalkan kinerja, hidrasi, nutrisi, tidur, latihan, dan pemulihan Anda."

Bintang Liverpool Mohamed Salah merupakan salah satu pemain Muslim di Liga Primer yang taat menjalankan ibadah puasa (Hendy AS/Skor.id)
Bintang Liverpool Mohamed Salah merupakan salah satu pemain Muslim di Liga Primer yang taat menjalankan ibadah puasa (Hendy AS/Skor.id)

Pengalaman Dr Zafar Iqbal Tangani Pemain yang Berpuasa

Dr Zafar telah bekerja di sejumlah klub sepak bola, termasuk Liverpool, Tottenham, Crystal Palace, Leyton Orient, dan tim muda Inggris.

Ia juga pernah bekerja dengan sejumlah atlet elite Muslim, termasuk bintang rugby Selandia Baru yang menjadi petinju Sonny Bill Williams dan pemain kriket Inggris, Moeen Ali. 

Dr Zafar juga akan berpuasa selama Ramadan dan secara teratur menasihati dan mendukung para atlet yang berpuasa agar terus tampil prima dalam olahraga masing-masing.

“Kuncinya adalah memiliki komunikasi yang terbuka. Saya pernah mendengar beberapa pemain khawatir tidak mendapat dukungan dari manajer mereka atau tim medis/sains.”

“Jadi mereka menyembunyikan fakta bahwa mereka berpuasa karena mereka khawatir akan dinilai atau tidak dipilih,” ucap Dr Zafar.

Untungnya bagi Dr Zafar, ia mengatakan semua manajer yang pernah bekerja dengannya sangat mendukung kebutuhan pemain mereka.

Meskipun itu tidak membuatnya lebih mudah dalam membantu mereka menavigasi jadwal yang sulit.

Beberapa pemain bahkan menambahkan hari puasa ke dalam jadwal mereka sebelum Ramadan agar tubuh mereka bisa menyesuaikan diri. 

Dia menjelaskan bagaimana tim medis dan sains duduk dengan setiap pemain yang bersiap untuk berpuasa.

Ia bekerja bersama dengan ahli gizi klub, untuk menyusun rencana tentang apa yang bisa mereka makan dan kapan. 

“Saat buka puasa kita harus berhati-hati untuk tidak memberi mereka makanan yang kaya energi seperti gorengan atau makanan tinggi gula,” ujar Dr Zafar.

“Karena tubuh tidak memiliki makanan untuk waktu lama di siang hari, segera setelah Anda memasukkan makanan berlebih ke dalam tubuh dan tidak habis, itu akan disimpan (sebagai lemak). 

“Kita harus melakukannya secara hati-hati, terutama selama Ramadhan, agar pemain tidak mendapatkan lemak berlebih.”

“Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah memastikan mereka juga mengonsumsi makanan yang tepat.”

Karena hanya memiliki jendela yang terbuka sepanjang malam, Dr Zafar menjelaskan bagaimana para pemain biasanya berbuka puasa saat matahari terbenam.

Dikenal sebagai Iftar, kemudian makan lagi beberapa jam kemudian, sebelum tidur, dan kemudian bangun untuk makan sahur sebelum fajar dan salat subuh. 

“Ketika mereka buka puasa kami pastikan mereka makan karbohidrat quick release karena itu akan memberi mereka energi cepat dan membuat mereka merasa enak.”

“Mungkin beberapa buah atau kurma, koki kami juga akan memberi mereka makanan untuk dibawa pulang, seperti smoothie kurma. 

“Mereka akan memiliki air untuk dihidrasi, lalu menunggu sebentar sebelum makan lagi.”

“Banyak makanan yang kami recommend dipanggang dan mengandung karbohidrat slow release sehingga bisa bertahan lebih lama di siang hari.”

“Juga makanan mengandung protein untuk perbaikan dan pemulihan otot direkomendasikan baik sebagai minuman berprotein, atau ikan bakar, ayam, daging.”

Jaga Waktu Tidur

Mengingat dampaknya pada tidur malam yang nyenyak, memastikan para pemain mendapatkan istirahat yang cukup sangatlah penting. 

“Kami bekerja dengan tim ilmu olahraga untuk mengetahui kapan waktu terbaik bagi mereka untuk tidur siang, yang membantu pemulihan,” Dr Zafar menjelaskan.

“Kita tahu bahwa tidur adalah strategi terbesar dan terbaik untuk pemulihan karena membantu pertumbuhan dan perbaikan otot.”

“Kami melihat jadwal tidur mereka serta memberi mereka makanan dan suplemen.”

“Hal-hal seperti jus ceri asam yang meningkatkan melatonin dan memberi mereka makanan yang mengandung triptofan yang telah terbukti membantu tidur.”

Pemain kemudian akan sering berlatih pagi hari tetapi kemudian harus menunggu hingga matahari terbenam sebelum mereka dapat mengambil air atau makanan apa pun. 

Handuk dingin dan kolam berendam digunakan untuk membantu mengurangi hilangnya cairan.

Meski tidak ideal, latihan dapat disesuaikan untuk mengakomodasi puasa tersebut, meski pertandingan adalah hal berbeda, terutama jika dimulai sebelum puasa berakhir.

“Kami tahu jika Anda kehilangan bahkan dua persen dari berat badan Anda dalam cairan, yaitu beberapa liter, itu dapat menyebabkan penurunan kinerja sebesar 20 persen.”

“Dan Anda dapat dengan mudah kehilangan jumlah cairan tersebut selama satu jam latihan, setengah, dan bahkan lebih di lingkungan yang panas.”

"Jadi, jika Anda kehilangan cairan sebanyak itu dan Anda tidak dapat menerimanya, sayangnya hal itu dapat mengakibatkan penurunan kinerja."

Salah satu kekhawatirannya adalah memastikan para pemain memiliki cukup energi.

Sebab, simpanan glikogen mereka dapat dengan cepat habis dalam waktu sekitar 90 menit dengan olahraga sedang, atau hanya 20 menit dengan aktivitas intensif.

Hidrasi adalah masalah lain, karena pemain harus mengambil cukup air sebelum matahari terbit untuk membantu mereka bertahan sepanjang hari, termasuk hari pertandingan. 

Hal-hal seperti gel energi, yang mengandung elektrolit, dapat memberikan dorongan saat di luar waktu puasa, sedangkan cairan isotonik juga dapat membantu menopang tubuh lebih lama.

Ada beberapa pengecualian saat pemain harus berpuasa, misalnya jika mereka tidak sehat.

Atau, saat bepergian ke kota lain yang jaraknya lebih dari 80 km, yang terbukti bermanfaat untuk pertandingan tandang. 

Beberapa pemain merasa mereka tidak dapat bermain dan berpuasa jika kick-off digelar sore hari dan kadang akan memilih untuk melakukan puasa di hari lain.

Hentikan Pertandingan untuk Berbuka

Sepak bola makin mendukung para pemain yang memilih untuk berpuasa, dan Dr Zafar memiliki beberapa kisah menyentuh dari pengalamannya sendiri. 

Ia membantu mengatur penghentian pertandingan pertama dengan manajer dan dokter tim lawan dalam pertandingan Liga Inggris Leicester vs Crystal Palace, April 2021 lalu.

Hal ini memberikan kesempatan kepada pemain Muslim (Wesley Fofana dan Cheikou Kouyate) untuk berbuka puasa, yang terbukti menjadi momen penting.

“Sekilas sebenarnya tidak ada yang tahu apa yang terjadi, atau bahwa ada jeda saat pertandingan, karena dua pemain ini makan sedikit, minum, dan permainan dilanjutkan.”

“Kemudian banyak orang menyadari setelah Wesley Fofana men-tweet tentang itu untuk berterima kasih kepada pemain, wasit, dan Liga Premier yang mengizinkan penghentian.”

Dr Zafar juga mengungkapkan beberapa pemain Crystal Palace yang bukan Muslim ikut berpuasa pada hari-hari tertentu sebagai bentuk solidaritas dengan rekan satu tim mereka.

Kemudian para pemain non-Islam itu ikut bergabung dengan pemain Muslim untuk makan malam saat buka puasa.

Dr Zafar kemudian menceritakan, saat ia masih di Liverpool, manajer Brendan Rodgers dengan senang hati membiarkan Kolo Toure dan Oussama Assaidi mengubah latihan selama pramusim.

Keduanya malah melakukan sesi yang lebih ringan di gym setelah latihan pagi. Saat itulah Luis Suarez bercanda dengan Dr Zafar. 

"Dia akan berlari ke arahku saat matahari terbenam, dan berkata 'tidak apa-apa, Dok, kamu bisa makan sekarang, kamu bisa berhenti menjadi pemarah'."

Dr Zafar yang juga seorang Muslim kemudian mengenang pengalamannya yang paling “rendah hati”. 

“Salah satu contoh terbaik yang bisa saya berikan adalah ketika saya bekerja di Tottenham Hotspur dan kami bermain melawan Newcastle United,” katanya.

“Pelatih Juande Ramos sedang memberikan arahan kepada tim, saya berada di ruang ganti dan ada ketukan di pintu.”

“Seorang satpam kemudian terlihat berdiri di pintu dengan sepiring besar makanan. Kami berpikir 'ada apa ini?'”

“Saat manajer sedang berbicara dengan timnya, dia berkata 'oh, ini untuk Dokter Zafar'.”

“Jonathan Woodgate rupanya tahu saya sedang berpuasa dan saya belum makan saat makan sebelum pertandingan.”

“Dan dengan sangat ramah, tanpa memberi tahu saya, ia telah mengatur sepiring makanan untuk dibawa ke ruang ganti.”

“Cukup lucu bahwa ketika manajer sedang berbicara dengan timnya, hal itu diteruskan ke ruang ganti,” kata Dr Zafar, mengenang.

Meski dukungan disambut baik, puasa secara alami menempatkan pesepak bola pada posisi tidak menguntungkan secara fisiologis, meski mereka tidak melihatnya seperti itu.

“Beberapa atlet dan pemain yang saya ajak bicara, mereka justru merasa lebih kuat secara mental ketika berpuasa.”

“Mereka hanya melihatnya sebagai tantangan dan tekanan pada tubuh seperti mereka akan berlatih dengan bijak.” 

“Dan karena mereka tahu mereka akan dapat berbuka puasa pada waktu yang ditentukan, secara mental mereka siap untuk itu,” Dr Zafar menegaskan.

Source: Mirror

RELATED STORIES

4 Tips Sederhana untuk Menjalankan Puasa Minum Kopi

4 Tips Sederhana untuk Menjalankan Puasa Minum Kopi

Berikut ini Skor.id menyajikan beberapa tips untuk menjalankan puasa minum kopi selama seharian atau beberapa hari.

Alasan di Balik Pentingnya Puasa Sebelum Lakukan Cek Darah

Alasan di Balik Pentingnya Puasa Sebelum Lakukan Cek Darah

Jika makan atau minum sebelum melakukan cek darah ditakutkan hasilnya nanti akan menjadi kurang akurat.

5 Pesepak Bola Muslim Top Ucapkan Selamat Puasa Ramadan, Ada yang Tag Indonesia

5 Pesepak Bola Muslim Top Ucapkan Selamat Puasa Ramadan, Ada yang Tag Indonesia

Berikut ini adalah beberapa pesepak bola muslim yang mengucapkan selamat puasa kepada penggemar.

5 Olahraga Ringan yang Baik Dilakukan setelah Satu Bulan Berpuasa

5 Olahraga Ringan yang Baik Dilakukan setelah Satu Bulan Berpuasa

Berikut Skor.id merangkum lima olahraga ringan yang baik dilakukan setelah satu bulan berpuasa.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Stadion Utama Gelora Bung Karno SUGBK - Skor.id

Liga 1

Jamu Persis Solo, Persija Akhirnya Kembali ke SUGBK pada Liga 1 2023-2024

Setelah mengungsi ke Bali dalam tiga laga kandang terakhir, Persija Jakarta akhirnya kembali ke Jakarta.

Nizar Galang | 29 Mar, 08:51

Putri Kerajaan Inggris, Kate Middleton, didiagnosis terkena penyakit kanker (Jovi Arnanda/Skor.id).

All Culture

Kate Middleton Sakit Kanker, Simak 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Jadi Pemicu

Daging merah seperti daging sapi, daging babi, daging rusa, dan domba dikaitkan dengan kanker.

Kunta Bayu Waskita | 29 Mar, 08:42

Futsal Indonesia (Hendy Andika/Skor.id)

National

FFI Tunda Dimulainya Putaran Kedua Pro Futsal League 2023-2024, Geser Kategori Putri

Sebelumnya jadwal putaran kedua Pro Futsal League 2023-2024 sempat bergesekan dengan Timnas futsal Indonesia.

Taufani Rahmanda | 29 Mar, 08:15

Cover STY

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Akan Tambah Beberapa Pemain Naturalisasi Sebelum FIFA Matchday Juni 2024

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengisyaratkan ada lebih dari satu pemain naturalisasi yang akan bergabung.

Teguh Kurniawan | 29 Mar, 07:56

Para selebritas wanita kini banyak yang bergaya dengan jersey sepak bola (Jovi Arnanda/Skor.id).

Fashion

Blokecore, Tren Fashion yang Membuat Wanita Menyukai Jersey Sepak Bola

Blokecore merupakan obsesi terhadap segala hal yang berhubungan dengan sepak bola.

Kunta Bayu Waskita | 29 Mar, 07:21

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 29 Mar, 07:07

Cerita Ramadan tentang Mohamed Salah. (Hendy Andika/Skor.id).

World

Cerita Ramadan: Mohamed Salah Tolak Tawaran Minum setelah Bertanding

Cerita Ramadan, seputar pengalaman Mohamed Salah ketika tampil membela Liverpool di saat berpuasa di bulan Ramadan.

Pradipta Indra Kumara | 29 Mar, 03:44

Caroline Wozniacki memutuskan untuk kembali terjun ke tenis profesional, setelah sebelumnya menyatakan pensiun pada 2020. (M. Yusuf/Skor.id)

Sneakers

Caroline Wozniacki bersama Dua Anaknya Pamer Koleksi Sepatu Adidas

Wozniacki unggah foto Olivia, James, dan dirinya sendiri mengenakan sepatu kets Adidas Originals.

Kunta Bayu Waskita | 29 Mar, 03:14

MPL Indonesia (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Esports

MPL Indonesia Season 13: Daftar Lengkap Roster Semua Tim

Berikut ini adalah daftar lengkap roster semua tim di MPL Indonesia Season 13. Ada beberapa nama baru dari setiap tim yang bertanding.

Thoriq Az Zuhri | 29 Mar, 02:40

Tim Bundesliga (Liga Jerman) Bayern Munchen. (Hendy Andika/Skor.id)

World

5 Alasan Bayern Munchen Diunggulkan di Der Klassiker Musim Ini

Bayern Munchen diunggulkan dalam duel Der Klassiker melawan Borussia Dortmund akhir pekan ini.

Pradipta Indra Kumara | 29 Mar, 00:36

Load More Articles