SKOR.id – Inchcape Plc, distributor otomotif dunia, pada Senin (2/10/2023) mengumumkan akuisisi operasi perakitan dan distribusi Mercedes-Benz AG di Indonesia sudah diselesaikan.
Dengan demikian, operasional PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) telah resmi dialihkan ke Inchcape Indonesia.
PT MBI merupakan produsen kendaraan penumpang merek Mercedes-Benz di Indonesia.
Sedangkan PT MBDI berperan sebagai importir kendaraan CBU dan distributor kendaraan penumpang merek Mercedes-Benz di Indonesia.
Operasi akan dikelola Inchcape dalam usaha patungan (joint venture) bersama mitra lokalnya, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil).
Usaha patungan ini menggabungkan keahlian global Inchcape dalam keunggulan distribusi, serta kapabilitas digital dan data dengan keahlian lokal Indomobil.
Dalam usaha patungan ini, Inchcape memiliki saham 70% dan Indomobil 30%.
Perjanjian ini akan memperluas kerja sama distribusi Inchcape dan Indomobil di Indonesia, serta terus membangun Inchcape agar makin berkembang di Indonesia.
Terkait akuisis tersebut, Inchcape menyatakan berkomitmen untuk melanjutkan operasi Mercedes-Benz di Indonesia.
Pelanggan akan terus mendapatkan produk dan layanan dengan kualitas terbaik sebagaimana telah diberikan oleh Mercedes-Benz selama bertahun-tahun.
Kegiatan produksi di pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, juga akan terus berjalan tanpa gangguan.
Karyawan akan tetap bekerja dan diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaannya saat ini di bawah kepemilikan baru.
Semua kebijakan terkait kepegawaian akan tetap sama dan patuh pada peraturan yang berlaku.
"Pasar Indonesia tetap menjadi pasar yang penting bagi kami,” kata Amanda Zhang, CEO & President Mercedes-Benz and Head of Region SEA II, menanggapi akuisisi ini.
“Dan kami menargetkan perkembangan yang makin besar dengan memprioritaskan pengalaman pelanggan yang mewah pada masa transformasi dengan elektrifikasi dan digitalisasi.”
“Bersama Inchcape Indonesia dan Indomobil, kami memiliki mitra berpengalaman untuk melampaui harapan pelanggan kami.”
“Serta membantu kami dalam melanjutkan perjalanan yang penuh keberhasilan di Indonesia,” kata Amanda.
Sedangkan Ruslan Kinebas, Inchcapes APAC CEO, mengaku senang bisa menyelesaikan akuisisi Mercedes-Benz Indonesia.
“Ini memperluas kemitraan global kami dengan Mercedes-Benz. Kami telah meraih keberhasilan bersama Mercedes-Benz sebagai mitra di wilayah Amerika dan yang terbaru di Filipina.”
“Indonesia adalah pasar prioritas bagi Inchcape dan saya semangat akan kesuksesan bersama Mercedes-Benz ke depannya di Indonesia,” ujar Kinebas.
Sementara Khoo Shao Tze, President Director of Inchcape Indonesia, mengatakan, Mercedes-Benz telah menjadi merek kendaraan mewah nomor satu di Indonesia selama bertahun-tahun.
“Inchcape bersemangat untuk melanjutkan keberhasilan ini dan juga mengembangkan bisnis Mercedes-Benz di Indonesia.”
“Penambahan Mercedes-Benz ke dalam portfolio merek kami di Indonesia adalah langkah penting dalam mencapai ambisi kami.”
“Yakni, untuk menjadi mitra utama dalam perjalanan Indonesia ke era energi baru dan menjadi pemain penting dalam segmen premium mass to luxury.”
Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur Indomobil, kemudian menimpali, “Kami bangga bisa memiliki Mercedes-Benz sebagai bagian dari portfolio merek otomotif kami.”
“Dengan menggabungkan pengalaman dan keahlian kami di pasar Indonesia dengan kapabilitas global milik Inchcape, kami yakin merek Mercedes-Benz akan berkembang dan jadi makin besar di Indonesia.”