- Honda berusaha beradaptasi dengan perilaku konsumen yang kian menggemari dunia digital.
- Mereka ingin menjangkau pasar potensial di Gen Z lewat Honda MetaWorld.
- Berbeda dengan sebelumnya, Honda Metaworld menawarkan hiburan, permainan dan interaksi.
SKOR.id - Honda meluncurkan MetaWorld untuk menjawab tantangan di era digital sekaligus menyesuaikan dengan pergeseran perilaku para konsumen.
Pabrikan Jepang tersebut makin memanfaatkan platform digital untuk menjangkau lebih banyak konsumen terutama kalangan milenial dan Gen Z. Honda menilai perlu ‘berbicara’ dalam format digital untuk merangkul mereka.
Inovasi pun diluncurkan sejak tahun lalu. Honda pun menjadi merek otomotif pertama yang masuk ke Metanesia.
Menggandeng PT Telkom Indonesia, mereka membuat showroom di Metanesia. Di sini para calon pembeli dapat merasakan sensasi menyetir mobil produksi pabrikan tersebut secara virtual.
“Berdasarkan hasil evaluasi dari car showroom di Metanesia, pengguna terbesar Metaverse adalah Gen Z. Untuk 5 atau 10 tahun mendatang, mereka akan jadi pasar potensial industri di Indonesia termasuk otomotif,” ujar Yulian Karfili, PR & Digital Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor (HPM).
“Honda MetaWorld merupakan inovasi terbaru kami. Kami berkolaborasi dengan Telkom untuk memperkenalkan sebuah inspirasi untuk anak muda, teknologi apa yang terbaru menjadi sarana mereka berinteraksi.”
Seiring dengan meningkatnya animo pengguna terutama dari Gen Z, yang sangat terbuka dengan teknologi baru, maka ke depannya mereka akan menambahkan beragam fitur dan keseruan.
Honda mempelajari bahwa para pengguna menyukai hiburan, bersosialisasi dan bermain.
“Honda MetaWorld sebuah dunia virtual yang dirancang untuk kesenangan anak-anak muda. Kami menciptakan sebuah dunia yang tidak serius tapi sangat menghibur,” Arfi menambahkan.
“Sekarang, area gim lebih besar 60 kali dari sebelumnya dan ada lebih banyak atraksi. Mereka tidak hanya melihat mobil dan mencari info soal mobil, tapi mereka juga bisa beraktivitas di skatepark, ada panggung virtual untuk konser.
“Karena ini adalah konsepnya dunia, pasti ada area hunian dan area urban. Para pengunjung bisa melakukan interaksi lebih banyak, secara fitur dan teknologi, avatar yang dipakai juga lebih natural, banyak gerakan dan ekspresi.”
Fitur suara dan percakapan juga dibuat lebih canggih. Tak cuma itu, pengguna juga dapat mengabadikan kunjungan dengan fitur swafoto. Mobil keluaran Honda yang pastinya tersedia di panggung bisa dilihat lebih dekat.
Demi menambah partisipasi, Honda akan mengadakan berbagai program dalam MetaWorld seperti pertemuan komunitas, acara bincang-bincang virtual, kompetisi balap, test drive mobil. Beragam permainan dan kuis juga tersedia.
“Kami mendukung tujuan serta visi-misi Honda untuk hadir di dunia Metaverse, menjadi yang terdepan, dengan menciptakan pengalaman baru di mana Honda menawarkan produk-produk dan solusi di dunia itu,” kata David Cuh Sihotang, Product Manager
“Ini jadi kolaborasi unik antara Honda dan Telkom karena kami ingin bersama-sama menarik pasar milenial atau Gen Z, yang ke depannya akan menjadi salah satu pasar atau pengguna dunia virtual.”
Aplikasi ini dapat diakses dengan Android, Windows OS, MacOS atau Oculus.
Berita Metaverse Lainnya
PBESI dan Garudaku Resmi Hadirkan Esport Metaverse
Bandai Namco Siap Kembangkan Gundam Metaverse