- ITDC dan MGPA siap menggelar event sport tourism di kawasan Mandalika, Lombok, yang bertajuk Mandalika GP Series dan Mandalika Xperiences.
- Peluncuran logo resmi yang digelar Selasa (19/10/2021) menandai dimulainya persiapan Mandalika GP Series dan Mandalika Xperiences.
- Harapannya, dua program anyar tersebut dapat meningkatkan perekonomian dan pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.
SKOR.id - ITDC dan MGPA siap menggelar event sport tourism usai meluncurkan logo resmi Mandalika GP Series dan Mandalika Experience.
Menyambut seri terakhir World Superbike 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) dan MGPA meluncurkan logo resmi Mandalika GP Series dan Mandalika Experience sebagai identitas ajang balap di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.
Acara yang berlangsung di KAUM Restaurant, Jakarta, Selasa, (19/10/2021) itu dihadiri Nugdha Achadie selaku Direktur Keuangan, Strategi dan Manajemen Risiko ITDC, Ema Widiastuti selaku Direktur Pengembangan Bisnis ITDC, Ricky F. Baheramsjah selaku Direktur Utama MGPA, dan Cahyadi Wanda selaku Wakil Direktur MGPA.
Logo Mandalika GP Series akan jadi identitas resmi semua event yang berkaitan dengan ajang balap yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit.
Sementara logo Mandalika Xperiences akan digunakan untuk event non-balap, seperti konser musik, kegiatan seni budaya, dan acara olahraga lainnya.
“Kami (ITDC) bersama MGPA secara resmi meluncurkan dua logo yang akan kami gunakan dalam event-event yang akan dilaksanakan di The Mandalika,”kata Nughda.
“Dengan peluncuran logo identitas resmi ini kami nyatakan kesiapan kami dalam menggelar berbagai event sport tourism di The Mandalika."
“Event balap yang akan berlangsung yaitu Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada 12–14 November 2021, dan FIM MOTUL World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021, serta MotoGP pada Maret 2022."
“Kami berharap kegiatan ini dapat makin meneguhkan dan memperkuat brand image The Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dengan konsep Sport Tourism Destination."
“Semoga yang kami lakukan dapat meningkatkan perekonomian dan pariwisata di Indonesia, khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika," ujarnya.
Mengenai peluncuran logo resmi, Ricky Bahramsjah menjelaskan warna-warna yang dipilih punya makna dan filosofi tersendiri.
Ini juga sebagai bentuk semangat dan gairah Indonesia dalam menyambut event balap internasional.
“Kami memperkuat identitas resmi komunikasi dengan serangkaian warna-warna yang segar,” ujar Ricky.
“Logo Mandalika GP Series menggunakan warna tropis yang menunjukkan kegembiraan baru dari olahraga balap melalui warna yang mewakili daya pikat yang hidup di wilayah Indonesia.
“Warna pada logo ini juga memiliki makna di antaranya, merah melambangkan kecepatan dan percaya diri, kuning melambangkan energi dan semangat, biru melambangkan tantangan dan kebebasan, serta abu-abu melambangkan profesionalisme serta adaptif.”
Ricky juga menjelaskan logo tersebut akan digunakan oleh sejumlah event balap yang akan diselenggarakan bersamaan dengan gelaran WSBK.
Event pendamping WSBK dilakukan untuk mengurangi beban lalu lintas dari dan ke area Pertamina Mandalika International Street Circuit.
Kegiatan pendamping juga akan melibatkan seniman, komunitas, dan UMKM lokal sebagai bentuk apresiasi dalam upaya mendorong perekonomian lokal.
“Gelaran WSBK yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit merupakan sejarah besar dalam dunia balap motor Tanah Air,” ucap Ricky.
“Oleh karena itu, kami mengajak semua pihak untuk bekerja sama dengan kami menjadi bagian dari sejarah ini.”
Artikel ini telah tayang di Motorsport Indonesia dengan judul "ITDC Luncurkan Logo Resmi Mandalika GP Series dan Mandalika Experience".
View this post on Instagram
Berita Sirkuit Mandalika lainnya:
CEO MGPA Berharap Keajaiban Valentino Rossi untuk Sirkuit Mandalika
Selain MotoGP, Sirkuit Mandalika Juga Buka Peluang Menggelar Balapan F1 di Masa Depan
Sirkuit Mandalika Berpotensi Menggelar Seri Kedua MotoGP 2022