- Ducati dan Aprilia benar-benar menguasai tes resmi MotoGP 2023 di Sirkuit Sepang, Malaysia.
- Tidak hanya waktu lap, Ducati Desmosedici GP23 dan Aprilia RS-GP juga memimpin daftar top speed.
- Dua pabrikan asal Jepang, Honda dan Yamaha, hanya masuk 10 besar.
SKOR.id – Pada MotoGP Malaysia 2022, Oktober lalu, Ducati Desmosedici GP21 geberan Enea Bastianini – yang saat itu membela Tim Gresini Racing – mampu melesat 336,4 km/jam dan menjadi top speed tertinggi di trek lurus sejauh 920 meter Sirkuit Sepang.
Pada tes resmi MotoGP 2023 selama tiga hari di Sepang, catatan Bastianini itu mampu dilewati para pembalap tim pabrikan asal Italia, juara dunia MotoGP Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) serta duo Tim Aprilia Racing, Maverick Vinales dan Aleix Espargaro, sama-sama mampu menembus 337,5 km/jam pada tes yang selesai pada Minggu (12/2/2023).
Satu yang patut dicermati adalah pernyataan Bagnaia, yang setelah hari pertama masih mengkritik aliran tenaga (powerdelivery) agresif dari mesin baru namun menilai dapur pacu versi 2023 ini sangatlah bagus.
“Kami melakukan sebuah ubahan pada sistem elektronik. Selebihnya sama seperti motor 2022, hanya kecepatannya lebih tinggi. Jadi, kami sudah di level yang bagus,” ucap Bagnaia seperti dikutip Speedweek.
“Namun, fokus saya kini mencoba selangkah lebih maju dari sisi power delivery dibanding motor 2022. Saya kira kami mampu meraihnya.”
Sementara itu, Aprilia dikabarkan tidak memakai mesin Aprilia RS-GP 2023 hasil pengembangan terkini, saat tes di Sepang. Pabrikan asal Noale, Italia, itu berencana melakukan pekerjaan lebih banyak pada tes resmi berikutnya (11-12 Maret) di Portimao, Portugal.
“Romano Albesiano (bos Aprilia Racing) mengatakan bila mesin yang tengah dites di Noale sedikit lebih baik,” ucap Aleix Espargaro, yang berharap akan adanya peningkatan.
Di sisi lain, pembalap tim pabrikan Yamaha Fabio Quartararo mengaku cukup puas dengan performa mesin Yamaha YZR-M1. Terkait top speed, juara dunia MotoGP 2021 itu pada dasarnya konsisten berada di posisi atas.
Pada tes Sepang lalu, pembalap asal Prancis itu berada di peringkat kesembilan setelah Yamaha YZR-M1 versi 2023 geberannya menembus 335,4 km/jam yang dibuatnya pada Sabtu (11/2/2023).
“Saya selalu berada di atas, masih sendiri, dan itu sangat menjanjikan,” kata El Diablo.
Pun begitu, Quartararo juga menjelaskan: “Top speed bagus, tetapi aerodiamika kami masih ‘enteng’. Rasanya, downforce sedikit lebih besar lagi akan sangat menarik.”
Bintang Tim Repsol Honda Marc Marquez melesat 336,4 km/jam pada Minggu yang menempatkannya dua tingkat lebih baik daripada Quartararo di 10 besar.
Top speed kedua yang dibuat Marquez mencapai 333,3 km/jam yang mendekati para pembalap Honda lainnya.
“Saya selalu mencoba mesin baru di Sepang. Mesin lawas hanya dipasang di motor Repsol dan hanya berada di pit pada Jumat,” kata Marquez.
“Mesin lama sedikit lebih lambat dari sisi top speed. Namun terlepas dari itu, mesin lama dan baru serupa untuk akselerasi dan lainnya,” tutur juara dunia delapan kali (125cc 2010, Moto2 2012, dan MotoGP 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, 2019) itu.
Dari Pierer Mobility Group, rider baru GasGas Tech3 Pol Espargaro menjadi yang tercepat dengan 334,3 km/jam yang dibuatnya pada Minggu.
“Saya harus apresiasi para teknisi di departemen mesin GasGas di Pierer Mobility Group karena sudah bekerja sangat keras untuk melakukan pengembangan sehingga kami mengalami peningkatan,” ujar Pol Espargaro.
Top Speed Tes Resmi MotoGP 2023 di Sepang, Malaysia (10-12 Februari):
1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 337,5 km/jam
2. Maverick Vinales (Aprilia Racing) 337,5
3. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) 337,5
4. Luca Marini (Mooney VR46 Racing-Ducati) 336,4
5. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing-Ducati) 336,4
6. Jorge Martin (Prima Pramac Racing-Ducati) 336,4
7. Marc Marquez (Repsol Honda) 336,4
8. Enea Bastianini (Ducati Lenovo) 336,4
9. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) 335,4
10. Miguel Oliveira (RNF MotoGP-Aprilia) 335,4
11. Pol Espargaro (GasGas Factory Racing Tech3) 334,3
12. Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP-Ducati) 334,3
13. Johann Zarco (Prima Pramac Racing-Ducati) 333,3
14. Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) 333,3
15. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP-Ducati) 333,3
16. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP) 333,3
17. Raul Fernandez (RNF MotoGP-Aprilia) 332,3
18. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) 332,3
19. Cal Crutchlow (Yamaha) 332,3*
20. Joan Mir (Repsol Honda) 332,3
21. Alex Rins (LCR Honda) 332,3
22. Stefan Bradl (Honda) 330.2
23. Augusto Fernandez (GasGas Factory Racing Tech3) 330,2
24. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 330,2
25. Katsuyuki Nakasuga (Yamaha) 327,2*
*= Test rider