DFSK Gelora E Masih Jadi Pemain Tunggal Segmen Mobil Niaga Ramah Lingkungan

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Mobil listrik DFSK Gelora E yang diuji coba di Bandara Halim (Dok. PT Sokonindo Automobile).
Mobil listrik DFSK Gelora E juga berkolaborasi dengan Evista sebagai operator transportasi di Bandara Halim Perdanakusuma (Yusuf/Skor.id).

SKOR.id – Mobil listrik DFSK Gelora E sudah beredar sejak dua tahun lalu di Indonesia. Dalam kurun waktu itu, DFSK Gelora E cukup mendapatkan penerimaan positif dari berbagai kalangan.

Peminatnya adalah para pelaku usaha yang membutuhkan alat transportasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis dengan pendekatan ramah lingkungan. 

DFSK Gelora E saat ini masih menjadi satu-satunya kendaraan listrik yang berada pada segmen kendaraan niaga ringan.

Mobil listrik yang didistribusikan oleh PT Sokonindo Automobile ini juga diminati karena pemerintah Indonesia terus mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Termasuk penggunaan kendaraan listrik pada berbagai instansi pemerintahan, BUMN, Polri, TNI, dan lain-lain.

salah satu kendaraan listrik DFSK Gelora E yang digunakan oleh pemerintah daerah (Dok. Sokonindo Automobile).
Salah satu kendaraan listrik DFSK Gelora E yang digunakan oleh pemerintah daerah (Dok. Sokonindo Automobile).

Hal itu disampaikan Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, dalam keterangan resmi yang dikutip Minggu (19/11/2023).

“Kami menghadirkan DFSK Gelora E setelah melakukan riset dan melihat adanya kebutuhan akan kendaraan niaga yang ramah lingkungan untuk menunjang berbagai jenis usaha,” ujar Rofiqi. 

“Tapi di sisi lain, semangat DFSK menghadirkan kendaraan lingkungan juga selaras dengan semangat pemerintah menekan emisi karbon hingga nanti mencapai net zero emission tahun 2060.” 

DFSK Gelora E ini menjadi bukti bagaimana kami mendukung iklim usaha yang ramah lingkungan dan kebijakan pemerintah menuju era berkelanjutan,” ucap Rofiqi.

Payung hukum yang melatarbelakangi perkembangan kendaraan listrik di Indonesia adalah Peraturan Presiden No 55 Tahun 2019.

Perpres tersebut membahas tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Perpres ini mengatur mengenai beberapa hal, beberapa di antaranya:

  • Percepatan pengembangan industri kendaraan listrik berbasis Baterai dalam negeri
  • Pemberian insentif
  • Penyediaan infrastruktur pengisian listrik dan pengaturan tarif tenaga listrik untuk kendaraan listrik berbasis baterai
  • Pemenuhan terhadap ketentuan teknis kendaraan listrik berbasis baterai
  • Perlindungan terhadap lingkungan hidup
Kemenhub RI menggunakan DFSK Gelora E sebagai kendaraan operasional (Dok. Sokonindo Automobile).
Kemenhub RI juga menggunakan DFSK Gelora E sebagai kendaraan operasional (Dok. Sokonindo Automobile).

Melihat keberpihakan pemerintah terhadap kendaraan listrik, DFSK kemudian merakit DFSK Gelora E di pabrik di Cikande, Serang, Banten.

Sehingga, DFSK bisa menghadirkan unit yang lebih terjangkau. Saat ini DFSK Gelora E bisa dibeli dengan harga mulai Rp350.000.000 (on the road DKI Jakarta).

Perakitan lokal model DFSK Gelora E di Cikande ini juga merupakan buah dari investasi besar yang dipercayakan pabrik pusat DFSK di Cina kepada Indonesia sejak 2017. 

DFSK langsung membangun pabrik yang didukung teknologi robotik dan menjadikannya sebagai pabrik dengan status industri 4.0.

Spesifikasi DFSK Gelora E

DFSK Gelora E 100 persen ditenagai oleh listrik sehingga ramah lingkungan dan tanpa emisi karbon gas buang. 

Sistem baterai sebagai sumber penyimpanan daya didukung pengisian fast charging sebanyak 20-80% dalam waktu 80 menit.

Jarak tempuh berkendara bisa mencapai hingga 300 kilometer berdasarkan NEDC (New European Driving Cycle).

Sedangkan untuk pengisian reguler, DFSK Gelora E memiliki sistem pengisian normal yang bisa diterapkan pada listrik rumah tangga dengan rata-rata 220V 16A. 

Mobil listrik DFSK Gelora E dipamerkan di PEVS 2023 (Kunta Bayu Waskita/Skor.id).
Mobil listrik DFSK Gelora E dipamerkan di PEVS 2023 (Kunta Bayu Waskita/Skor.id).

DFSK Gelora E didukung torsi maksimum 200 Nm, dan diklaim mampu menghemat biaya energi menjadi sekitar Rp200 per kilometer.

Dari sisi keamanan DFSK Gelora E mengadopsi langkah-langkah perlindungan seperti perlindungan isolasi, perlindungan tegangan tinggi, tahan debu dan air (hingga standar IP67).

Serta, sistem perlindungan baterai yang ketat untuk memastikan keamanan baterai dalam kondisi ekstrem. 

Selain itu, desain bodi tahan benturan, ditambah sistem ABS dan EBD untuk menjaga keselamatan berkendara pengemudi dan penumpang.

DFSK Gelora series memiliki dimensi 4.500mm x 1.680mm x 2.000mm (PxLxT) dengan kabin lapang.

Untuk model minibus, DFSK Gelora memiliki pengaturan tujuh tempat duduk penumpang.

Sedangkan untuk model blind van, panjang kabin mencapai 2,63m (luas 4,8 meter kubik) sangat cocok untuk meningkatkan kapasitas kargo dan logistik.

Source: Sokonindo Automobile

RELATED STORIES

DFSK Gelora E Media Challenge Ikut Ramaikan PEVS 2023

DFSK Gelora E Media Challenge Ikut Ramaikan PEVS 2023

5 unit DFSK Gelora E yang dibawa awak media tempuh perjalanan dari Lampung menuju arena PEVS berjarak 220 km.

DFSK Buka Rahasia Cara Menekan Harga Mobil Listrik Gelora E

DFSK Buka Rahasia Cara Menekan Harga Mobil Listrik Gelora E

DFSK tanda tangani kerja sama dengan PT Pupuk Kaltim dan PT Global Pahala Rental di IIMS 2023.

DFSK Catatkan 953 Pemesanan di IIMS 2023, Didominasi Kendaraan Listrik

DFSK Catatkan 953 Pemesanan di IIMS 2023, Didominasi Kendaraan Listrik

Kendaraan listrik DFSK menyumbang 55 persen dari total SPK di IIMS 2023.

DFSK Super Cab, Kendaraan Niaga dengan Biaya Perawatan Rp6.000-an Sehari

DFSK Super Cab memiliki biaya perawatan sangat terjangkau, yakni hanya Rp6.859 jika dikalkulasikan dalam hitungan harian.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Grup 3 Liga 2 2023-2024 - Wiryanto - Skor.id

Liga 2

Hasil Liga 2 2023-2024: Persela Tunda Kelolosan Gresik United ke Babak 12 Besar

Gresik United gagal meraih poin penuh saat menjamu Persela Lamongan di Blitar, Rabu (6/12/2023) sore.

Taufani Rahmanda | 06 Dec, 09:55

Penyerang sayap Real Madrid, Vinicius Junior, yang juga bintang timnas Brasil. (Jovi Arnanda/Skor.id).

La Liga

Piala Dunia Qatar Ikut Berperan atas Problem Cedera di Real Madrid

Studi dari Howden menunjukkan Real Madrid menjadi klub Spanyol dengan kasus cedera terbanyak selama musim lalu.

Tri Cahyo Nugroho | 06 Dec, 09:02

Jersey AS Roma Originals produksi Adidas (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Fashion

Adidas Rilis Koleksi Jersey AS Roma Originals, Terinspirasi Era 1990-an

Jersey AS Roma Originals padukan logo trefoil Adidas yang ikonik dan logo Lupetto Piero Grattonra bersamaan.

Kunta Bayu Waskita | 06 Dec, 09:00

Film Race for Glory Audi vs Lancia mengisahkan sengitnya persaingan dua pabrikan besar di WRC 1983. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Films

Race for Glory: Audi vs Lancia, Kisah Riil Rivalitas Dua Pabrikan Legendaris di WRC

Race for Glory: Audi vs Lancia mengisahkan perseteruan sengit di WRC 1983.

Tri Cahyo Nugroho | 06 Dec, 08:51

PMGC 2023 (Yusuf/Skor.id)

Esports

Hadapi Kondisi dan Cuaca di Turki, Ini yang Dilakukan MRPX dan Persija EVOS

Morph GPX dan Persija EVOS sendiri sudah melakukan persiapan yang maksimal terutama soal kondisi dan cuaca.

Gangga Basudewa | 06 Dec, 08:33

bermain di Wolverhampton Wanderers, Justin Hubner. (M. Yusuf/Skor.id)

Timnas Indonesia

Justin Hubner Ngebet Bela Timnas Indonesia, Yakin Lolos Grup di Piala Asia 2023

Justin Hubner yang baru mendapat status WNI juga berharap bisa mengantarkan Timnas Indonesia ke Piala Dunia.

Sumargo Pangestu | 06 Dec, 06:57

'Rick' Lima Mancin Barros, pemain asing U-20 Bintang Timur Surabaya untuk Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Bintang Timur Surabaya Datangkan Pemain Asing U-20 untuk Pro Futsal League 2023-2024

Juga dari Brasil seraya dua pemain asing Bintang Timur Surabaya lainnya, Rick berposisi main flank.

Taufani Rahmanda | 06 Dec, 06:39

Calon pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner menjalani pengambilan sumpah pewarganegaraan untuk menjadi WNI di Kantor Wilayah DKI Jakarta Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Jakarta, 6 Desember 2023. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Timnas Indonesia

Alasan Justin Hubner Akhirnya Pilih Timnas Indonesia dan Tinggalkan Belanda

Proses naturalisasi bek Wolverhampton ini sempat terhenti karena memilih memenuhi panggilan Timnas U-20 Belanda.

Sumargo Pangestu | 06 Dec, 05:50

Nike Zegama 2 dan Nike Pegasus Trail 5 (Jovi Arnanda/Skor.id).

Sneakers

Nike Akan Hadirkan Sepatu Lari Zegama 2 dan Pegasus Trail 5 pada 2024

Kedua sepatu lari trail Nike tersebut akan dirilis pada Mei 2024.

Kunta Bayu Waskita | 06 Dec, 04:34

bek baru persebaya, yan victor

Liga 1

Skor Stats: Yan Victor, Harapan Baru Persebaya untuk Pertahanan yang Lebih Baik

Uraian fakta menarik dari hasil laga Rans Nusantara FC vs Persebaya Surabaya di pekan ke-21 Liga 1 2023-2024.

Taufani Rahmanda | 06 Dec, 04:13

Load More Articles