DFSK Gelora E Masih Jadi Pemain Tunggal Segmen Mobil Niaga Ramah Lingkungan

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Mobil listrik DFSK Gelora E yang diuji coba di Bandara Halim (Dok. PT Sokonindo Automobile).
Mobil listrik DFSK Gelora E juga berkolaborasi dengan Evista sebagai operator transportasi di Bandara Halim Perdanakusuma (Yusuf/Skor.id).

SKOR.id – Mobil listrik DFSK Gelora E sudah beredar sejak dua tahun lalu di Indonesia. Dalam kurun waktu itu, DFSK Gelora E cukup mendapatkan penerimaan positif dari berbagai kalangan.

Peminatnya adalah para pelaku usaha yang membutuhkan alat transportasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis dengan pendekatan ramah lingkungan. 

DFSK Gelora E saat ini masih menjadi satu-satunya kendaraan listrik yang berada pada segmen kendaraan niaga ringan.

Mobil listrik yang didistribusikan oleh PT Sokonindo Automobile ini juga diminati karena pemerintah Indonesia terus mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Termasuk penggunaan kendaraan listrik pada berbagai instansi pemerintahan, BUMN, Polri, TNI, dan lain-lain.

salah satu kendaraan listrik DFSK Gelora E yang digunakan oleh pemerintah daerah (Dok. Sokonindo Automobile).
Salah satu kendaraan listrik DFSK Gelora E yang digunakan oleh pemerintah daerah (Dok. Sokonindo Automobile).

Hal itu disampaikan Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, dalam keterangan resmi yang dikutip Minggu (19/11/2023).

“Kami menghadirkan DFSK Gelora E setelah melakukan riset dan melihat adanya kebutuhan akan kendaraan niaga yang ramah lingkungan untuk menunjang berbagai jenis usaha,” ujar Rofiqi. 

“Tapi di sisi lain, semangat DFSK menghadirkan kendaraan lingkungan juga selaras dengan semangat pemerintah menekan emisi karbon hingga nanti mencapai net zero emission tahun 2060.” 

DFSK Gelora E ini menjadi bukti bagaimana kami mendukung iklim usaha yang ramah lingkungan dan kebijakan pemerintah menuju era berkelanjutan,” ucap Rofiqi.

Payung hukum yang melatarbelakangi perkembangan kendaraan listrik di Indonesia adalah Peraturan Presiden No 55 Tahun 2019.

Perpres tersebut membahas tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Perpres ini mengatur mengenai beberapa hal, beberapa di antaranya:

  • Percepatan pengembangan industri kendaraan listrik berbasis Baterai dalam negeri
  • Pemberian insentif
  • Penyediaan infrastruktur pengisian listrik dan pengaturan tarif tenaga listrik untuk kendaraan listrik berbasis baterai
  • Pemenuhan terhadap ketentuan teknis kendaraan listrik berbasis baterai
  • Perlindungan terhadap lingkungan hidup
Kemenhub RI menggunakan DFSK Gelora E sebagai kendaraan operasional (Dok. Sokonindo Automobile).
Kemenhub RI juga menggunakan DFSK Gelora E sebagai kendaraan operasional (Dok. Sokonindo Automobile).

Melihat keberpihakan pemerintah terhadap kendaraan listrik, DFSK kemudian merakit DFSK Gelora E di pabrik di Cikande, Serang, Banten.

Sehingga, DFSK bisa menghadirkan unit yang lebih terjangkau. Saat ini DFSK Gelora E bisa dibeli dengan harga mulai Rp350.000.000 (on the road DKI Jakarta).

Perakitan lokal model DFSK Gelora E di Cikande ini juga merupakan buah dari investasi besar yang dipercayakan pabrik pusat DFSK di Cina kepada Indonesia sejak 2017. 

DFSK langsung membangun pabrik yang didukung teknologi robotik dan menjadikannya sebagai pabrik dengan status industri 4.0.

Spesifikasi DFSK Gelora E

DFSK Gelora E 100 persen ditenagai oleh listrik sehingga ramah lingkungan dan tanpa emisi karbon gas buang. 

Sistem baterai sebagai sumber penyimpanan daya didukung pengisian fast charging sebanyak 20-80% dalam waktu 80 menit.

Jarak tempuh berkendara bisa mencapai hingga 300 kilometer berdasarkan NEDC (New European Driving Cycle).

Sedangkan untuk pengisian reguler, DFSK Gelora E memiliki sistem pengisian normal yang bisa diterapkan pada listrik rumah tangga dengan rata-rata 220V 16A. 

Mobil listrik DFSK Gelora E dipamerkan di PEVS 2023 (Kunta Bayu Waskita/Skor.id).
Mobil listrik DFSK Gelora E dipamerkan di PEVS 2023 (Kunta Bayu Waskita/Skor.id).

DFSK Gelora E didukung torsi maksimum 200 Nm, dan diklaim mampu menghemat biaya energi menjadi sekitar Rp200 per kilometer.

Dari sisi keamanan DFSK Gelora E mengadopsi langkah-langkah perlindungan seperti perlindungan isolasi, perlindungan tegangan tinggi, tahan debu dan air (hingga standar IP67).

Serta, sistem perlindungan baterai yang ketat untuk memastikan keamanan baterai dalam kondisi ekstrem. 

Selain itu, desain bodi tahan benturan, ditambah sistem ABS dan EBD untuk menjaga keselamatan berkendara pengemudi dan penumpang.

DFSK Gelora series memiliki dimensi 4.500mm x 1.680mm x 2.000mm (PxLxT) dengan kabin lapang.

Untuk model minibus, DFSK Gelora memiliki pengaturan tujuh tempat duduk penumpang.

Sedangkan untuk model blind van, panjang kabin mencapai 2,63m (luas 4,8 meter kubik) sangat cocok untuk meningkatkan kapasitas kargo dan logistik.

Source: Sokonindo Automobile

RELATED STORIES

DFSK Gelora E Media Challenge Ikut Ramaikan PEVS 2023

DFSK Gelora E Media Challenge Ikut Ramaikan PEVS 2023

5 unit DFSK Gelora E yang dibawa awak media tempuh perjalanan dari Lampung menuju arena PEVS berjarak 220 km.

DFSK Buka Rahasia Cara Menekan Harga Mobil Listrik Gelora E

DFSK Buka Rahasia Cara Menekan Harga Mobil Listrik Gelora E

DFSK tanda tangani kerja sama dengan PT Pupuk Kaltim dan PT Global Pahala Rental di IIMS 2023.

DFSK Catatkan 953 Pemesanan di IIMS 2023, Didominasi Kendaraan Listrik

DFSK Catatkan 953 Pemesanan di IIMS 2023, Didominasi Kendaraan Listrik

Kendaraan listrik DFSK menyumbang 55 persen dari total SPK di IIMS 2023.

DFSK Super Cab, Kendaraan Niaga dengan Biaya Perawatan Rp6.000-an Sehari

DFSK Super Cab memiliki biaya perawatan sangat terjangkau, yakni hanya Rp6.859 jika dikalkulasikan dalam hitungan harian.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Hampir dua tahun terakhir, pelatih Unai Emery bisa dibilang berhasil mengubah Aston Villa secara signifikan. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Manchester United vs Aston Villa di Liga Inggris 2024-2025

Berikut ini adalah prediksi pertandingan dan link live streaming Manchester United vs Aston Villa dalam laga lanjutan Liga Inggris.

Thoriq Az Zuhri | 24 May, 01:29

Laga Chelsea vs Nottingham Forest di Liga Inggris 2024-2025. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Nottingham Forest vs Chelsea di Liga Inggris 2024-2025

Berikut ini adalah prediksi pertandingan dan link live streaming Nottingham Forest vs Chelsea dalam laga lanjutan Liga Inggris.

Thoriq Az Zuhri | 24 May, 00:10

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2024-2025. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2024-2025 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Skor Indonesia | 23 May, 23:41

Logo baru kompetisi futsal kasta tertinggi di Indonesia, Pro Futsal League 2024-2025. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Futsal

Pro Futsal League 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Pro Futsal League 2023-2024 terus diperbaharui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 23 May, 23:37

jan olde - dewa united

Liga 1

Dewa United Raih Tiket Asia, Jan Olde Singgung Persib dan Sudah Punya Rekomendasi Pemain

Pelatih Dewa United FC, Jan Olde Riekerink, mengomentari pencapaian Banten Warriors pada Liga 1 2024-2025.

Taufani Rahmanda | 23 May, 23:33

La Liga 2024-2025 (Liga Spanyol). (Hendy Andika/Skor.id).

La Liga

La Liga 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Berikut ini jadwal lengkap, hasil, dan klasemen La Liga (Liga Spanyol) musim 2024-2025.

Pradipta Indra Kumara | 23 May, 23:19

Kompetisi Liga Italia 2024-2025 dimulai pada Sabtu (17/8/2024) lalu. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Italia

Liga Italia 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Liga Italia 2024-2025 telah bergulir pada Sabtu (17/8/2024) lalu, berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen yang diupdate sepanjang musim ini bergulir.

Irfan Sudrajat | 23 May, 23:03

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

MPL Indonesia Season 15: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MPL Indonesia Season 15 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen tertinggi Mobile Legends: Bang Bang Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 23 May, 22:37

FFWS alias Free Fire World Series. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Esports

Daftar Tim yang Sudah Lolos Grand Final FFWS SEA Spring 2025

FFWS SEA Spring 2025 akan segera memasuki fase Grand Final, berikut ini tim-tim yang sudah lolos ke Grand Final.

Thoriq Az Zuhri | 23 May, 22:36

FFWS alias Free Fire World Series. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Esports

FFWS SEA Spring 2025: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran FFWS SEA Spring 2025 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire se-Asia Tenggara ini.

Thoriq Az Zuhri | 23 May, 22:36

Load More Articles