SKOR.id – Dempsey and Firpo merupakan salah satu lukisan paling ambisius yang pernah dibuat George Bellows. Sarat akan makna dan menunjukkan sejumlah momen dramatis, membuat banyak yang meyakini bila Dempsey and Firpo sebagai lukisan olahraga terbesar di Amerika.
Dempsey and Firpo adalah hasil dari tugas yang diterima Bellow dari Saturday Evening Post untuk meliput pertarungan kejuaraan dunia tinju kelas berat antara juara bertahan Jack Dempsey dan penantangnya asal Argentina Luis Angel Firpo yang berlangsung pada 14 September 1923 di Polo Grounds, New York, Amerika Serikat.
Kegilaan itu berlangsung kurang dari empat menit. Pada ronde pertama, Firpo terjatuh hingga tujuh kali. Lalu, masih di ronde pertama, sebuah pukulan tangan kanan yang sangat keras dari Firpo membuat Dempsey terjungkal hingga keluar ring, melalui sela-sela tali.
Dempsey mampu bangkit dan melanjutkan pertarungan. Total, 11 knockdown terjadi di antara kedua petinju, hanya sepanjang ronde pertama!
Ronde kedua pun berlangsung. Sebuah pukulan keras dari Dempsey pun mengakhiri perlawanan Firpo, yang kala itu memiliki bobot tubuh lebih berat daripada lawannya.
Meskipun akhirnya Dempsey keluar sebagai pemenang, Bellows memilih untuk mewakili momen dramatis ketika Firpo membuat lawannya terlempar keluar ring, lewat sebuah pukulan ke rahang.
Banyak yang percaya bahwa penonton telah membantu mendorong Dempsey kembali ke atas ring, yang membuat kemenangannya itu kontroversial. Dari angle lukisan memang terlihat sejumlah penonton di sisi ring tengah menahan tubuh Dempsey.
Litograf menangkap kejatuhan Dempsey dan ekspresi tertegun dari penonton. Efek terang-gelap menggambarkan tubuh atletis yang berotot dan juga menyampaikan drama perjuangan.
Kegembiraan semakin meningkat dengan kontras berwarna antara para petinju yang bermandikan cahaya seram, serta atmosfer gelap yang dipenuhi kepulan asap rokok di sekitar mereka.
George Wesley Bellows membuat lukisan Dempsey and Firpo – juga dikenal dengan nama Brodie's Revenge – pada 1924 dengan gaya Ash Can School, meskipun saat itu paling tidak ada tiga style lainnya yang tak kalah hebat: Modern art, American realism, dan realism.
George Bellows adalah seorang seniman Amerika yang lahir di Ohio. Ia belajar melukis di New York dan dianggap sebagai pelukis terpenting dalam kelompok yang kemudian dikenal sebagai The Ash Can School.
Sebelum menjadi pelukis Bellows adalah seorang atlet. Dia memiliki karier bisbol cukup bagus di perguruan tinggi. Mungkin karena seorang atlet dan terbiasa aktif secara fisik, Bellows menjadi seorang pelukis yang sangat energik.
Lukisan-lukisan Bellows – yang konon hampir mencapai 200 lebih, antara 1916 sampai 1924 – adalah sebuah studi dalam kekuatan yang terkendali seperti yang bisa dilihat didemonstrasikan oleh Dempsey and Firpo.
Bellows memahami energi dan urgensi yang dibutuhkan saat berolahraga dan mampu mentransfer pemahaman ini ke atas kanvas. Lukisannya tentang Demphsey and Firpo menangkap momen penting dalam pertarungan ketika keduanya berjuang begitu keras untuk menang dan belum ada yang lebih unggul.
Ada sesuatu yang sangat mendasar tentang lukisan George Bellows yang satu ini; seolah-olah para pria berjuang untuk hidup mereka sendiri.
Bellows telah menangkap esensi olahraga dalam lukisan ini dengan melukis pria yang mudah dilihat tidak memiliki pikiran lain di benak mereka saat itu selain bertahan hidup.
Ketegangan di tubuh kedua petinju itu dramatis dan bergaya, serta membuat pencinta lukisan yang melihatnya, hampir bisa merasakan mereka saling tegang.
Penonton memiliki kualitas yang menakutkan. Wajah orang-orang dibesar-besarkan dan hampir seperti topeng. Penonton juga digambarkan begitu terjebak pada saat itu sehingga mereka tidak bisa berbuat apa-apa.
Subjek lukisan-lukisan Bellows berkisar dari adegan bergenre, masalah sosial, dan kekejaman perang hingga potret dan telanjang. Khusus tinju, Bellows membuat 18 litograf, 22 gambar, dan 6 lukisan, yang dibuatnya dari tahun 1907 hingga 1924.
George Bellows menggunakan kuas catnya dengan sapuan yang kuat. Mungkin akan mencapai lebih banyak lagi karya seni hebat seandainya dia tidak meninggal dunia secara mendadak pada 1925 di usia yang baru 42 tahun.