Demi MotoGP Mandalika, Bandara Lombok Praya Perpanjang Landasan Pacu

Any Hidayati

Editor:

  • PT Angkasa Pura memperpanjang landasan pacu Bandara Lombok Praya demi menaikkan pariwisata dan menyambut MotoGP Mandalika.
  • Proyek yang telah mencapai 62 persen ini ditargetkan selesai pada Mei 2021.
  • Bandara Lombok Praya juga tengah mengembangkan fasilitas kargo, waving gallery, serta area parkir.

SKOR.id - PT Angkasa Pura I (Persero) terus mengebut proyek persiapan MotoGP Mandalika 2021. Salah satunya dengan membenahi Bandara Lombok.

Sejak awal 2020, perluasan Bandara Lombok Praya digalakkan demi meningkatkan sektor pariwisata di Mandalika. Perpanjangan landasan pacu, dari 2.750 menjadi 3.300 meter. 

Lalu, pengerasan runway hingga meningkatkan nilai PCN (skala landas pacu bandara) dari 56 menjadi 64. Pelebaran PCN jadi prioritas PT Angkasa Pura I.

Mereka ingin mendukung operasional pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas B777 dan pesawat kargo peserta MotoGP.

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahm dalam rilis yang dierima Skor Indonesia.

"Angkasa Pura I mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang jadi lokasi penyelenggaraan MotoGP 2021 dan pariwisata Lombok secara umum."

"Pengembangan kapasitas Bandara Lombok jadi pintu gerbang bagi turis internasional nantinya atau saat penerbangan internasional dibuka," katanya. 

Per 15 November 2020, progres pengembangan terminal Bandara Lombok Praya mencapai 62 persen. Faik Fahmi mengatakan, proyek ini ditargetkan selesai Mei 2021. 

Nantinya total luas terminal penumpang menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas sekitar 7 juta penumpang per tahun. 

Angka ini bertambah 19.378 meter persegi dari luas eksisting yang hanya 24.123 meter persegi dan berkapasitas 3,5 juta penumpang per tahun di edisi sebelumnya.

Selain perpanjangan dan pengerasan runway, pada triwulan 4 tahun 2020 juga dibangun rapid exit taxiway (RET). 

Lalu, parallel taxiway timur dengan luas 865 meter x 23 meter dan perluasan apron menjadi 136.300 meter persegi dari luas eksisting yang hanya 108.100 meter persegi.

Dengan apron seluas 136.300 meter persegi, maka apron dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat berbadan kecil dan 6 pesawat berbadan lebar.

Selain itu, juga dilakukan pengembangan fasilitas kargo dan pembangunan waving gallery, serta perluasan parkir penumpang.

Adapun fasilitas kargo yang dikembangkan, pembuatan jakses kargo sepanjang 1.500 meter. Lalu, perluasan pelataran kargo dari 3.566 jadi 6.000 meter persegi. 

RET, parallel taxiway timur, perluasan apron, pemgembangan fasilitas kargo, pembangunan waving gallerry, dan perluasan parkir penumpang ditargetkan beroperasi Juli 2021. 

MotoGP Mandalika 2021 masih menunggu keputusan resmi dari Dorna Sports yang belum secara resmi ketok palu terkait kalender musim depan.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita MotoGP Mandalika Lainnya:

MP1 dan Gresini Racing Berencana Bangun Ranch seperti Milik Valentino Rossi

Tanggapan MGPA Terkait MotoGP Indonesia Masuk Daftar Reserved Date

RELATED STORIES

Joan Mir Akan Bantu Alex Rins untuk Posisi Runner Up MotoGP 2020

Joan Mir Akan Bantu Alex Rins untuk Posisi Runner Up MotoGP 2020

Joan Mir disebut bersedia membantu Alex Rins untuk finis sebagai runner up MotoGP 2020.

Moto2 GP Portugal 2020: Andi Gilang Tampil Kalem di Hari Pertama

Moto2 GP Portugal 2020: Andi Gilang Tampil Kalem di Hari Pertama

Andi Gilang tampil kalem dalam dua sesi latihan bebas GP Portugal setelah mengalami tiga crash pada GP Valencia akhir pekan lalu.

MotoGP Portugal 2020: Respons Valentino Rossi Usai Tampil Jeblok di Hari Pertama

MotoGP Portugal 2020: Respons Valentino Rossi Usai Tampil Jeblok di Hari Pertama

Valentino Rossi tampil jeblok pada dua sesi latihan bebas MotoGP 2020 dengan menduduki peringkat ke-21 dari 22 pembalap yang mengikuti sesi.

Catatan CEO Dorna Sports untuk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika

Catatan CEO Dorna Sports untuk MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika

Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports) memberi dukungan kepada tim MGPA untuk mewujudkan MotoGP 2021 mampir ke Sirkuit Mandalika.

Kans Dimas Ekky Pratama untuk Tampil di Moto2

Kans Dimas Ekky Pratama untuk Tampil di Moto2

Dimas Ekky Pratama masih menunggu restu dari IRTA dan Dorna untuk kembali ke Moto2 bersama Mandalika Racing Team Indonesia.

Mandalika Racing Team Jadi Tim Indonesia Pertama di Moto2

Mandalika Racing Team Jadi Tim Indonesia Pertama di Moto2

Mandalika Racing Team Indonesia resmi menggandeng SAG Team untuk berkompetisi di kejuaraan dunia Moto2.

Batik Jadi Motif Body Motor Gresini Racing MP1 di Moto3 2021

Motif batik yang diambil adalah modifikasi dari keraton Jawa Tengah dengan perancang asal Italia.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Cover Bali United

Liga 1

Jelang Lawan Dewa United, Dua Pemain Bali United Alami Kenaikan Berat Badan

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, menuturkan saat ini timnya fokus untuk mengembalikan kondisi fisik pemainnya.

Rais Adnan | 07 Apr, 11:42

Bintang Philadelphia Phillies, Bryce Harper, menato lengannya dengan gambar maskot tim, Phanatic. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Art

Bryce Harper Tunjukkan Kecintaannya pada Phillies Lewat Tato Ikonik Phanatic

Bryce Harper menato lengan kanannya dengan gambar maskot Philadelphia Phillies, Phanatic, sedang mengendarai ATV.

Rais Adnan | 07 Apr, 10:58

Bintang Phoenix Suns, Devin Booker, mengenakan Nike Book 1. (Grafis: Deni Sulaeman/Skor.id)

Sneakers

Devin Booker Debut Pakai Nike Book 1, Terinspirasi Air Force 1 Jewel 1997

Devin Booker menggunakan sneaker Nike Book 1 saat menghadapi New York Knicks dalam lanjutan NBA 2024-2025, hari ini.

Rais Adnan | 07 Apr, 10:46

Cover Olahraga Padel.

Other Sports

Panduan Memilih Raket Padel Berdasarkan Level Kemampuan

Berikut tips memilih raket padel berdasarkan tingkat kemampuan bermain.

Rais Adnan | 07 Apr, 10:43

Rapor pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri, lebih tepatnya di kompetisi negara Asia. (Hendy AS/Skor.id)

National

Rapor Pemain Indonesia di Asia: Pratama Arhan Menonjol, Rafael Struick Terlupakan

7 Pemain berlabel Timnas Indonesia bersama klubnya dalam sepekan terakhir saat transisi Maret ke April 2025.

Taufani Rahmanda | 07 Apr, 04:20

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2024-2025. (Hendy Andika/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2024-2025 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Skor Indonesia | 07 Apr, 03:17

Piala Asia U-17 2025 di Arab Saudi atau AFC U-17 Asian Cup Saudi Arabia 2025. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia U-17 2025: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia U-17 2025, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 07 Apr, 03:13

Bursa transfer futsal atau pergerakan keluar-masuk pemain di Liga Futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Futsal

Update Bursa Transfer Paruh Musim Pro Futsal League 2024-2025

Aktivitas 12 tim peserta Pro Futsal League 2024-2025 pada bursa transfer paruh musim, yang terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 07 Apr, 03:11

Liga Inggris 2024-2025. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2024-2025: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen, serta profil klub lengkap Liga Inggris 2024-2025 yang akan diupdate sepanjang musim bergulir.

Irfan Sudrajat | 07 Apr, 02:47

Kompetisi Liga Italia 2024-2025 dimulai pada Sabtu (17/8/2024) lalu. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Liga Italia

Liga Italia 2024-2025: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Liga Italia 2024-2025 telah bergulir pada Sabtu (17/8/2024) lalu, berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen yang diupdate sepanjang musim ini bergulir.

Irfan Sudrajat | 07 Apr, 02:32

Load More Articles