SKOR.id – PT Astra Daihatsu Motor selaku distributor kendaraan Daihatsu, mencatat performa penjualan mengesankan hingga pertengahan tahun 2023 ini.
Tercatat, PT Astra Daihatsu Motor berhasil membukukan penjualan ritel sebanyak 102.000 unit pada semester pertama 2023.
Jumlah tersebut berarti naik sebanyak 12,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni sekitar 90 ribu unit.
Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso dalam rilisnya Minggu (16/7/2023), menyambut gembira performa penjualan Daihatsu.
"Kami bersyukur, dalam 1 semester tahun 2023 ini penjualan ritel Daihatsu tetap meraih capaian positif dengan jumlah sebanyak lebih dari 102 ribu unit, atau naik 12,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," ujar Hendrayadi.
Merujuk dari capaian tersebut, kontribusi penjualan ritel Daihatsu terhadap market share ritel otomotif nasional tercatat sebesar 20,4 persen.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu selama semester satu tahun 2023 didominasi oleh tiga model yang selama ini menjadi favorit masyarakat.
Model teratas dengan penjualan terbanyak adalah Daihatsu Sigra, yang mencatat total penjualan sebanyak 32.532 unit atau berkontribusi sekitar 31,7 persen.
Kemudian disusul Daihatsu Gran Max PU (Pick Up) pada posisi kedua dengan total penjualan sejumlah 21.712 unit (kontribusi 21,2 persen).
Untuk posisi ketiga ditempati Daihatsu Terios yakni sebanyak 13.795 unit (kontribusi 13,5 persen).
Catatan penjualan yang bagus juga dialami oleh merek-merek Daihatsu di luar tiga posisi teratas tersebut.
MPV Daihatsu Ayla menempati posisi keempat dengan jumlah penjualan sebesar 12.102 unit (11,8 persen), disusul Daihatsu Xenia sebanyak 11.177 unit (10,9 persen) posisi kelima.
Kemudian, Daihatsu Gran Max MB berada di belakang Xenia dengan total penjualan sebanyak 6.122 unit (6 persen).
Berikutnya ada Daihatsu Rocky sejumlah 3.322 unit (3,2 persen), serta Daihatsu Sirion dan Daihatsu Luxio masing-masing 1.753 unit (1,7 persen).
Performa penjualan yang positif ini membuat pihak Daihatsu optimistis terhadap penjualan produk-produk
"Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung pada semester berikutnya, dan pasar otomotif tahun ini dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi, berharap.