- Barcelona terus bekerja keras untuk mencari sponsor yang bisa beriklan di media yang berbeda 'demi memperoleh pendapatan pada waktunya'.
- Dan, Spotify merupakan opsi yang paling terbuka.
- Perusahaan teknologi yang menawarkan aplikasi pemutaran musik streaming ini tertarik dengan jersey Barca.
SKOR.id - Barcelona terus bekerja keras untuk mencari sponsor yang bisa beriklan di media yang berbeda 'demi memperoleh pendapatan pada waktunya' dalam periode pandemi.
Salah satu yang paling penting, jika bukan yang paling penting, adalah seragam tim utama, yang sekarang buatan Rakuten, perusahaan penjualan dan produksi audiovisual online Jepang.
Masalahnya adalah kontrak dengan brand itu akan berakhir pada 30 Juni dan tidak ada niat dari pihak mereka untuk memperpanjang dan memperbarui sponsor ini.
Dalam konteks ini, dalam area pemasaran Barcelona, seorang sponsor telah mencari selama berbulan-bulan, mengetahui bahwa Rakuten tidak menunjukkan minat untuk memperbarui, meskipun perusahaan Jepang itu juga diberi opsi untuk melanjutkannya.
Dengan demikian, berbagai kontak telah terjalin dengan perusahaan-perusahaan penting.
Salah satu perusahaan yang paling tertarik untuk beriklan dengan Barça adalah perusahaan Spotify, perusahaan layanan multimedia yang menawarkan aplikasi pemutaran musik streaming yang sukses di seluruh dunia.
Menurut sumber yang mengetahui percakapan tersebut, di dalam dewan direksi Barca, opsi tersebut telah dibahas, menunjukkan sangat menarik mengingat kekuatan merek dan solvabilitasnya yang nyata pada tingkat ekonomi.
Yang menurut Spotify sangat menarik dari skuat Azulgrana adalah jumlah penggemar klub Catalan itu masih yang paling besar di seluruh dunia.
Faktanya, Barcelona adalah klub dengan pengikut terbanyak di jejaring sosial.
Terhitung pada Juni 2021, klub mencapai 400 juta pengikut dengan jumlah profil resminya di saluran digital, yang terus meningkat dari hari ke hari.
Angka ini dengan jelas mengukur panggilan global klub yang jadi acuan dalam ekosistem digital jejaring sosial di bidang olahraga dan hiburan, tidak hanya terfokus pada jumlah pengikut tetapi juga untuk 'keterlibatan' (komitmen) yang dihasilkan dengan para audiens.
Dalam konteks itulah, Spotify dikabarkan tertarik pada kemampuan Barca untuk mempertahankan pengikut, serta data yang dimiliki klub tentang jutaan penggemar itu, yang dapat membantu brand applikasi streaming itu untuk berkembang.
Namun, memang benar bahwa jumlah 'pengikut' di jaringan Barça berbeda dari mereka yang kemudian memberikan data mereka ke klub (informasi bahwa semua perusahaan ingin mengetahui selera mereka dan menawarkan produk mereka), jumlah yang dienkripsi oleh beberapa sumber. di sekitar dua juta.
Sponsorship ini bisa menghasilkan antara 30 dan 60 juta euro per tahun, tergantung pada variabel dan area di mana kedua merek dapat bersatu selama hubungan mereka.
Dua merek raksasa
Di Barca, wakil presiden pemasaran, Juli Guiu, telah memutar otaknya bersama CEO, Ferran Reverter, dan dengan Alex Barbany, direktur pendapatan klub, dalam mencari sponsor.
Mereka telah melakukan beberapa perjalanan kerja, termasuk ke Amerika Serikat, untuk mencari sponsor untuk jersey tim tersebut.
Baik Guiu dan Reverter, karena karire profesional masing-masing (yang pertama terkait promosi musik dan yang kedua di Mediamarkt), mengenal perusahaan Spotify dengan sangat baik.
Dalam hal ini, Spotify adalah merek yang Oktober lalu mendaftarkan 381 juta pengguna aktif bulanan, di mana 172 juta di antaranya adalah pelanggan berbayar.
Itu diakui dalam laporan pendapatan kuartalan terbaru. Mereka yang membayar untuk layanan 'premium' dapat mendengarkan musik, misalnya, tanpa iklan.
Dalam kasus Barca, pada Juni tahun lalu tercatat 136 juta pengikut di Facebook, diikuti oleh Instagram (118 juta) dan Twitter (71).
Mereka juga menyoroti angka 33 juta di Line, saluran dengan kehadiran yang kuat di Asia; 12 juta dari YouTube, 9 dari TikTok dan 24 juta antara Viber, Snapchat, Weibo dan Douy.***
Berita Barcelona Lainnya:
Ousmane Dembele Bakal Tinggalkan Barcelona, Borussia Dortmund yang Diuntungkan
Geram Dianggap Memeras Barcelona, Dembele Tulis Surat Panjang di Instagram
Ferran Torres Tekankan Barcelona Punya Pemain yang Bisa Bantu Klub Keluar dari Situasi Sulit