SKOR.id – Sejak dibuka pada 31 Januari 2009 di Stuttgart-Zuffenhausen, Jerman, Porsche Museum telah menyambut hampir 6 juta pengunjung dari seluruh dunia.
Museum ini mendukung sejarah Porsche tidak hanya dengan koleksi yang mengesankan dan pengetahuan yang komprehensif dari arsip perusahaan.
Melainkan juga menjadi bagian penting dari sejarah Porsche yang masih terus ditulis.
Pada 15 tahun yang lalu, Porsche Museum membuka pintunya untuk pengunjung dari seluruh dunia untuk pertama kalinya.
Sejak 31 Januari 2009, museum ini telah membawa 5.824.325 orang dalam perjalanan yang menakjubkan melalui sejarah dan perkembangan merek Porsche.
Angka ini juga meliputi pengunjung selebritas seperti Paris Hilton, Backstreet Boys, Vladimir Klitschko, Arnold Schwarzenegger, Mario Barth, Patrick Dempsey, AC/DC, Peter Maffay, Udo Lindenberg, dan lain-lain.
Pada tahun 2023, Porsche Museum memecahkan rekor tahun 2009 untuk jumlah pengunjung.
Pada tahun pembukaannya, museum ini menyambut 511.513 tamu, sementara pada tahun 2023 ada 535.613 tamu.
"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pengunjung yang membuat tahun lalu menjadi tahun istimewa bagi kami," kata Achim Stejskal, Head of Porsche Heritage and Museum.
"Karena ulang tahun merek '75 Years of Porsche Sports Cars' kami, jumlah pengunjung ke Zuffenhausen 54 persen lebih tinggi daripada tahun sebelumnya.”
“Banyaknya elemen pameran interaktif dan teknik presentasi yang canggih membuat kunjungan ke museum ini jadi pengalaman yang mendebarkan bagi para tamu dari segala usia," Stejskal menambahkan.
Bersama dengan timnya, ia menyampaikan semangat merek ini terhadap performa dan desain, baik dengan menengok ke belakang maupun menatap masa depan.
Porsche Museum bukan hanya tempat di mana mobil-mobil bersejarah dipamerkan dan sejarahnya didokumentasikan.
Tetapi juga merupakan ruang hidup yang memberikan penghormatan kepada signifikansi budaya dan warisan merek melalui pameran yang berubah secara teratur dan pameran khusus.
"Perayaan ulang tahun ke-15 Porsche Museum kami juga memberikan penghormatan kepada sejarah, inovasi, dan semangat yang telah membentuk merek ini," kata Stejskal.
Porsche Heritage and Museum tentu saja terlibat dalam proyek-proyek yang berorientasi pada masa depan di dalam perusahaan.
"Porsche Museum tidak hanya mewakili masa lalu dengan melestarikan nilai-nilai dan semangat merek untuk generasi mendatang.”
“Ini sudah menjadi bagian penting dari sejarah Porsche yang akan terus ditulis di masa depan," Stejskal menyimpulkan.
Walter Rohrl, peraih dua kali juara Reli Dunia dan Porsche brand ambassador, ikut senang atas capaian Porsche Museum ini.
"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Porsche Museum atas ulang tahunnya yang ke-15. Saya senang datang ke sana.”
“Museum ini selalu memberikan suasana yang tepat untuk bertemu tidak hanya dengan penggemar setia Porsche, tetapi juga banyak teman dan mantan rekan pembalap.”
“Dan dipertemukan kembali dalam pameran dengan banyak mobil balap yang pernah saya rasakan kesuksesannya.”
“Tiga mobil sport super 959, Carrera GT dan 918, yang saya terlibat dalam pengembangannya, tentu saja juga dipamerkan secara rutin.”
“Yang istimewanya, saya masih mendapat kesempatan mengendarai mobil-mobil tersebut untuk Porsche di berbagai acara hari ini.”
“Tim Porsche Heritage and Museum tidak hanya berhasil melestarikan sejarah Porsche dengan cara yang sangat jelas, namun juga membawanya ke masa depan,” kata Rohrl.
Program Beragam Juga Direncanakan untuk 2024
Tahun 2024 akan menjadi peringatan 50 tahun 911 Turbo. Setengah abad yang lalu, produsen mobil sport Stuttgart menghadirkan 911 Turbo pertama dengan teknologi balap.
Mobil ini meluncurkan era mobil sport berperforma tinggi. Pada tanggal 30 Juli, museum ini membuka pameran khusus untuk menandai "50 Years of the Turbo".
Dan akan mendukung pameran Turbo lebih lanjut di berbagai museum di seluruh dunia.
Dari tanggal 25 hingga 28 April 2024, Porsche Heritage and Museum akan menghadirkan pilihan khusus pameran Turbo di "Retro Classics".
Pameran ini akan mengumpulkan para penggemar mobil klasik dan penggemar mobil sport dari seluruh dunia di Stuttgart.
Pada "Solitude Revival"22 dan 23 Juni 2024, pengunjung akan dibawa dalam perjalanan bermotor melintasi waktu dengan pilihan model bersejarah dari koleksi perusahaan.
Selain itu, tim Tradition juga akan mengirimkan sejumlah mobil pilihan dari koleksinya ke berbagai acara seperti Festival of Speed di Goodwood dan Monterey Car Week di California.
Tahun ini, sekali lagi, berbagai lokakarya dan kegiatan untuk anak-anak dan remaja akan ditawarkan di Zuffenhausen.
Termasuk "Social Media Ready" atau demonstrasi smartphone dan tablet baru yang menarik dan edukatif di mana teka-teki dipecahkan di seluruh Museum Porsche.
Dua Pameran Khusus dan Kolaborasi
Sejak dibuka pada 2009, Porsche Museum biasanya menyelenggarakan dua pameran khusus per tahun untuk menandai peristiwa dan hari jadi yang berkaitan dengan mobil dan perusahaan.
"Tergantung pada topiknya, kami fokus pada masa lalu, masa kini, dan masa depan, serta pada orang-orang yang menarik dan teknologi yang inovatif," kata kurator Iris Haker.
"Untuk perayaan '75 Tahun Porsche Sports Cars' tahun lalu, kami merestrukturisasi seluruh pameran dan menciptakan berbagai tampilan bertema.”
“Konsep kami sangat jelas, dan kami memodifikasinya agar sesuai dengan pameran khusus."
Porsche Museum juga bekerja sama dengan museum lain di seluruh dunia, termasuk Petersen Automotive Museum di Los Angeles.
Juga dengan Grossglockner Hochalpenstrasse Museum di Austria, pameran otomotif yang digelar di dataran tinggi, tepatnya di salah satu jalan dengan panorama terindah di dunia.
Program Pengunjung Disesuaikan untuk Anak dan Dewasa
"Selama 15 tahun terakhir, tim Porsche Museum secara teratur meluncurkan program baru dan mengembangkan program yang ada," kata Reimund Heinisch, Head of Visitor Service and Exhibitions.
Misalnya, orang dewasa dapat mengambil bagian dalam lokakarya foto di area Porsche 4Experts dan merasakan apa yang terjadi di balik layar selama tur berpemandu.
Sedangkan Porsche 4Kids dan Porsche 4School menawarkan berbagai macam kegiatan yang berbeda untuk anak-anak dan remaja.
Termasuk tur museum dan pabrik yang ditujukan untuk anak-anak, Discovery Station di pameran permanen, Teamspirits di luar ruang kelas, dan program liburan yang dijamin tidak akan membuat bosan.
"Social Media Ready" merupakan tambahan baru dalam program ini, di mana para remaja dan dewasa muda berusia antara 15 hingga 19 tahun diundang untuk membuat sesuatu yang istimewa dari foto dan video di ponsel pintar mereka.
Yang kemudian diubah menjadi sebuah showreel profesional. "Tahun ini kami ingin memperkuat kolaborasi kami dengan pusat pelatihan kerja Porsche," kata Heinisch.
Tujuannya adalah untuk juga menginspirasi generasi berikutnya dengan sejarah produsen mobil sport ini.
Arsip Perusahaan – Tulang Punggung Porsche
Porsche Archive adalah memori perusahaan sekaligus tempat penyimpanan informasi apa pun yang memiliki hubungan ekonomi, teknis, sosial, atau budaya dengan Porsche.
Ini adalah sumber daya untuk memperluas pengetahuan tentang merek untuk tujuan hubungan masyarakat yang bersejarah, dan untuk menjaga dialog dengan penggemar Porsche di seluruh dunia.
Para karyawan di Porsche Archive bersama Head of the Archive, Frank Jung, memproses lebih dari 6.000 pertanyaan setiap tahun, rata-rata.
Pertanyaan-pertanyaan ini berasal dari departemen internal, jurnalis, ilmuwan, influencer, dan penulis buku tentang pengembangan, motorsport, dan sejarah perusahaan.
Selama 15 tahun terakhir, lebih dari 90.000 pertanyaan telah diajukan kepada tim.
"Kami melihat diri kami tidak hanya sebagai penyimpan dan pengelola pengetahuan dan inovasi yang berharga dari masa lalu.”
“Kami juga melihat ke masa depan, karena inovasi hari ini adalah tradisi masa depan," kata Jung.
Koleksi Mobil: Pameran Museum sebagai Brand Ambassador
Selama beberapa dekade, Porsche Museum telah membangun dan memperluas koleksi mobilnya yang mencakup sejarah semua model dari tahun 1898 hingga saat ini.
Dalam 15 tahun terakhir, sejumlah dari 800 atau lebih kendaraan dalam koleksinya telah melakukan perjalanan sebagai duta merek dan pameran dari Zuffenhausen ke berbagai tempat di seluruh dunia.
Porsche Heritage and Museum telah mendukung lebih dari 3.300 acara dan pameran perdagangan dengan pameran ini.
Dunia telah menjadi rumah mereka dan hubungan masyarakat bersejarah adalah misi mereka.
"Mobil-mobil dalam koleksi kami adalah saksi kontemporer yang menceritakan kisah perusahaan.”
“Kami melihatnya sebagai aset budaya yang harus dilindungi, dan tindakan pelestariannya juga merupakan aset budaya," kata Alexander E. Klein, Head of the Car Collection and Heritage Concepts.
Mobil-mobil terkenal seperti Porsche 911 (901 No. 57) ditemukan oleh tim dari program TV Der Trodeltrupp (The Jumble Gang).
Koleksinya juga menampilkan versi model saat ini yang melengkapi gambaran masa depan.
Porsche Museum sebagai Lokasi Acara
Bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman sejarah produsen mobil sport secara eksklusif, Porsche Museum dapat dipesan untuk berbagai acara.
"Museum ini merupakan tempat acara yang sangat istimewa, terutama karena arsitekturnya yang mengesankan.”
“Sebuah acara yang digelar di ruangan kami memberikan pengalaman Porsche tanpa filter kepada para tamu.”
“Sesuatu yang tidak akan mereka lupakan dalam waktu dekat," ujar Philipp Schumm, Head of Communication and Events Porsche Museum.
Tim ini juga menggelar serangkaian acara sendiri, termasuk Porsche Sound Night, acara bioskop Porsche 4Kids dengan 'Checker Tobi', atau siaran langsung 24 Hours of Le Mans.
Sejarah yang dapat Anda Bawa Pulang dari Toko Museum
Porsche Museum mengundang pengunjung untuk melihat-lihat dan menjelajah.
Anda dapat mencari suvenir untuk anak-anak atau orang dewasa, memilih pakaian dan barang dari koleksi Porsche Lifestyle.
Atau produk edisi terbatas khusus untuk para kolektor, toko museum menawarkan kepada para pelanggan dan penggemar berbagai macam produk.
Anda juga akan menemukan banyak publikasi yang berkaitan dengan sejarah merek Porsche.
Judul-judul dalam seri "Edition Porsche Museum" merupakan bagian utama dari literatur di toko museum, karena penerbit Porsche Museum sendiri juga merayakan ulang tahun ke-15 tahun ini.
"Bersamaan dengan toko museum, kami juga menjaga toko pabrik di Zuffenhausen dan Weissach, serta pelanggan bisnis-ke-bisnis kami," ujar Alexander Keck, Head of Resource Management and Shops.
Porsche Museum dalam Angka
- 5.824.325 juta pengunjung dan 2.000 acara sejak dibuka pada tahun 2009
- Arsip perusahaan terdiri dari 25.000 pameran kecil, lima juta foto, 1.700 jam materi film, dan sekitar tiga kilometer dokumen
- Arsip ini telah menerima lebih dari 90.000 pertanyaan selama 15 tahun terakhir
- Lebih dari 1 juta orang mengikuti Porsche Museum di media sosial (Instagram/Facebook/Weibo)
- 314.219 wanita, pria, dan anak-anak telah mengikuti tur
- Hingga hari ini, sudah ada 28.301 tur museum yang dipandu
- Team Porsche Heritage and Museum telah mendukung lebih dari 3.300 acara di seluruh dunia dengan mobil-mobil dari koleksinya
- Lebih dari 3.000 kendaraan dirawat secara teknis di bengkel museum dan dipersiapkan untuk misi mereka