10 Makanan yang Membuat ASI Berkualitas

Irfan Sudrajat

Editor:

  • Air Susu Ibu (ASI) sangat penting bagi bayi.
  • Pentingnya ASI bagi bayi di antaranya adalah mencegah (melindungi) bayi dari terserang penyakit atau sebagai antibodi.
  • Simak rekomendasi berbagai makanan untuk membuat ASI berkualitas dalam artikel ini!

SKOR.id - Air Susu Ibu (ASI) merupakan produksi alami dari tubuh ibu yang tidak hanya diiringi dengan rasa cinta dan kasih sayang tapi di dalamnya terkandung begitu banyak nutrisi.

Ketika seorang ibu menyusui, dia bukan hanya memberikan kasih sayang, kenyamanan, kedekatan, melainkan juga menyalurkan nutrisi air susu ke dalam tubuh sang buah hati.

Ketika itu pula, seorang ibu telah memberikan bekal bagi buah hatinya untuk tumbuh sehat pada fase 0-6 bulan pertama. Dengan demikian pula, betapa pentingnya ASI bagi bayi yang baru lahir.

Jadi, ASI adalah sumber asupan nutrisi bagi bayi baru lahir. Sifatnya adalah eksklusif, karena pemberiannya berlaku hanya pada bayi berusia 0 bulan sampai 6 bulan.

Pentingnya ASI pun membuat organisasi World Alliance for Breastfeeding Action (WABA) mencetuskan Hari (Pekan) ASI Sedunia setiap tanggal 1 hingga 7 Agustus yang kemudian diresmikan oleh lembaga dunia seperti WHO dan UNICEF.

Pentingnya ASI bagi bayi di antaranya adalah mencegah (melindungi) bayi dari terserang penyakit atau sebagai antibodi.

Dalam hal ini, ASI membuat sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat dan bisa membantunya melawan segala macam bakteri dan virus.

ASI juga membantu perkembangan otak dan fisik bayi, dalam hal ini dapat menguatkan tulang leher dan tulang belakangnya.

Lalu, semua ibu tentu menginginkan bayinya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Kandungan asam lemak pada ASI dapat mencerdaskan otak bayi.

Di dalam ASI terkandung protein, lemak, vitamin, hingga karbohidrat.

Nah, karena itu pula, sangat penting bagi ibu untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung unsur tersebut karena akan membuat ASI sang ibu tetap berkualitas.

Dengan demikian pula, jelas bahwa ibu adalah pilar penting pertama yang harus diperhatikan untuk memproduksi ASI berkualitas.

Asupan atau energi yang dikonsumsi ibu haruslah diperhatikan. Seorang ibu yang menyusui memerlukan asupan yang lebih banyak, membutuhkan kalori lebih banyak yang didapatkan dari makanan.

Terkadang, seorang ibu bahkan harus cepat mengonsumsi makanan ketika rasa lapar muncul.

Sangatlah wajar apabila ibu merasa cepat sekali lapar selama masa menyusui, karena tubuh memerlukan banyak sekali energi untuk memproduksi ASI.

Oleh karena itu, penting sekali adanya snack time (makanan tambahan) di antara tiga waktu makanan utama. Nah, bagi ibu atau suami bisa memesan secara cepat membelinya di Gojek.

Banyak makanan yang bisa dipesan melalui Gojek karena Gojek menyediakan fitur Gomart, cara belanja kebutuhan rumah termudah, atau Goshop yang merupakan jasa titip membeli apapun dan di mana pun.

Dengan Gomart memudahkan ibu menyusui untuk membeli bahan-bahan makanan demi memproduksi ASI berkualitas.

Lalu, apa saja jenis-jenis makanan yang harus dikonsumsi ibu menyusui sehingga bisa memberikan ASI berkualitas untuk sang buah hati?

Berikut ini, Skor.id merangkum makanan-makanan untuk membuat ASI berkualitas yang bisa dibeli melalui fitur Gomart dan Goshop. Berikut makanan-makanan yang membuat ASI berkualitas:

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan sumber protein. Di dalam ikan ini terkandung lemak penting serta omega 3 yang membuat ASI ibu berkualitas.

Dalam ikan salmon terkandung DHA (docosahexaenoic acid), yang merupakan jenis asam lemak omega-3 yang penting dalam pembentukan sistem saraf, mata, dan otak manusia.

Jadi, ikan salmon sangat bagus bagi perkembangan saraf dan meningkatkan kecerdasan sang bayi. Di sisi lain, ikan salmon adalah jenis ikan yang kandungan merkuri-nya paling rendah di antara jenis ikan laut lainnya.

Karena itu, ikan salmon sangat aman untuk dikonsumsi oleh ibu. Untuk membuat ASI berkualitas dan kental, ikan salmon paling baik.

Tingginya kadar DHA dalam tubuh ibu hamil dapat merangsang kecerdasan dan fungsi otak saat bayi belum lahir dan sesudah bayi lahir.

Bagi mamah atau ibu yang ingin mengonsumsi ikan salmon yang bagus dapat dibeli melalui Gomart  ya.

  1. Beras Merah

Selingilah makan nasi dengan jenis dari beras merah atau jika memang memungkinkan, jadikan beras merah sebagai asupan rutin bagi ibu yang baru melahirkan.

Di dalam beras merah merah terkandung senyawa galaktogogus yang baik untuk melancarkan ASI.

Galaktogogus atau galactagogue adalah suatu substansi yang dapat meningkatkan suplai air susu ibu (ASI).

Jadi, Untuk bisa meningkatkan produksi ASI, ibu harus lebih banyak mengonsumsi jenis makanan yang mengandung galactagogue di antaranya adalah beras merah ini.

Tidak hanya bagus untuk melancarkan ASI, beras merah juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga baik untuk pencernaan ibu.

Selain itu, beras merah bisa membantu pemulihan ibu pasca melahirkan. Beras merah juga tersedia dan dapat dibeli di Gomart.

  1. Daun Katuk

Jenis makanan ini sudah sangat dikenal dan memang menjadi tradisi di masyarakat, serta sudah diuji secara klinis ampuh untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI terjaga.

Ya, apalagi kalau bukan daun katuk. Daun ini bisa ibu pesan atau beli di Gomart.

Daun katuk memiliki kandungan laktagogum yang membuat ASI menjadi lancar dan berkualitas.

Tidak hanya mengandung laktagogum, daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin. Kadar prolaktin adalah zat yang berfungsi untuk mempercepat dan melancarkan produksi ASI.

  1. Wortel

Selain daun katuk, wortel juga sangat berguna untuk membuat ASI lebih berkualitas dan semuanya bisa dibeli di Gomart..

Wortel mengandung vitamin A yang tinggi sehingga bisa memberikan vitamin bagi buah hati untuk kebaikan matanya.

Ibu dapat membeli Wortel di Gomart atau pesan langsung melalui Gojek..

  1. Telur

Makanan lainnya yang membuat ASI berkualitas adalah telur. Telur mengandung vitamin D yang bergungsi menjaga perkembangan tulang bayi pada masa pertumbuhannya sejak usia kelahiran.

Selain itu, tentu saja, telur juga sangat berguna bagi kesehatan ibu menyusui.

Ibu bisa membeli dengan memesan melalui Gojek  atau langsung ke fitur Gomart untuk mendapatkan telur bagi kesehatan ibu serta untuk memproduksi ASI.

  1. Susu Kedelai

Di dalam susu kedelai ada kandungan vitamin E yang baik untuk kesehatan ibu menyusui. Vitamin E meningkatkan hormon phytoestrogen.

Hormon phytoestrogen adalah hormon estrogen yang diproduksi secara alami dan membantu kelenjar susu ibu agar memproduksi ASI lebih banyak dan berkualitas.

Susu kedelai bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk mengatasi alergi pada bayi.

Selain itu, susu kedelai mengandung lesithin, antioksidan, saponin, dan juga isoflavon yang merupakan kandungan zat untuk pencegahan pertumbuhan sel yang tidak normal.

Gojek menyediakan jasa untuk membeli susu kedelai melalui Gomart dan juga Goshop.

  1. Kurma

Kurma memiliki kandungan kalsium dan serat yang tinggi, zat besi, dan vitamin B6 yang akan berguna bagi buah hati, sehingga ASI menjadi lebih berkualitas.

Di sisi lain, kurma juga dapat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak prolaktin. Prolaktin adalah hormon yang memberi tahu tubuh wanita untuk memproduksi lebih banyak ASI.

  1. Daging Sapi Tanpa Lemak

Ibu hamil dianjurkan tetap mengonsumsi daging, dalam hal ini daging sapi yang tidak memiliki lemak.

Daging sapi tanpa lemah sangat berguna bagi ibu menyusui sebagai pengganti energi, baik setelah melahirkan dan selama dalam fase menyusui sang buah hati.

Yang perlu diperhatikan tentu saja, masak daging sapi tanpa lemak tersebut dengan sangat baik atau matang. Ibu bisa membelinya lebih dulu melalui Gomart.

  1. Sup Daging

Makanan lainnya yang bagus untuk menambah ASI adalah sup daging. Daging sangat bagus untuk menambah protein dalam tubuh.

Selain itu, kuah sup akan membantu menambah cairan yang terkuras banyak ketika menyusui. Sayuran pada sup juga memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang baik bagi ibu dan si kecil. 

Bila ibu tidak sempat bisa membelinya melalui Gofood ya, pesan saja lewat Gojek sehingga tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk ke supermarket.

    10. Kacang Almond

Pada dasarnya, hampir semua kacang-kacangan bagus untuk produksi ASI yang berkualitas. Salah satu kacang-kacangan terbaik untuk produksi ASI adalah kacang almond.

Selain mengandung gizi dan nutrisi yang sang tinggi, beberapa kandungan lainnya yaitu asam lemak, protein, vitamin B kompleks, dan vitamin E baik untuk ibu dan bayi.

Kacang almond pun bisa dipesan di Gomart atau Goshop.

Selain sejumlah makanan tersebut, penting bagi ibu menyusui memiliki pompa ASI.

Pompa Asi sangat penting bagi ibu menyusui, alat yang dapat membantu ibu mengeluarkan ASI Terkadang, air susu di dalam payudara ibu sedikit mengental, nah dengan poma ASI bisa membantunya. Alat ini dapat dibeli pula di Goshop ya.

Terakhir, jangan lupa untuk banyak mengonsumsi air putih. Seorang ibu menyusui dianjurkan untuk minum satu gelas air setiap menyusui.

Jumlah cairan yang dibutuhkan ibu menyusui adalah 2,6 liter atau sekitar 10 gelas. Nah, selamat menyusui semoga si buah hati menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Baca Juga Berita Lainnya:

Tiga Gejala Diabetes 2 Baru Terungkap, Tanda-tanda yang Perlu Anda Ketahui

Cobalah Teknik Pernapasan Ini untuk Tidur Malam yang Lebih Tenang, Menurut Studi

 

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Kanker bisa menyerang anak-anak, maka itu orangtua perlu melakukan tindakan pencegahan (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

All Culture

Hari Peduli Stroke Anak: Gejala Stroke pada Anak dan Pengobatannya

Pertumbuhan otak anak memiliki peluang lebih besar untuk pulih dari stroke dibanding otak orang dewasa.

Kunta Bayu Waskita | 04 May, 05:36

Laga Real Madrid vs Cadiz pada Jornada ke-34 La Liga 2023-2024, di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu, (4/5/2024) malam WIB. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

La Liga

Prediksi dan Link Live Streaming Real Madrid vs Cadiz di La Liga 2023-2024

Berikut ini prediksi dan link live streaming Real Madrid vs Cadiz pada jornada ke-34 La Liga (Liga Spanyol) musim 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 04 May, 04:45

Laga Girona vs Barcelona di La Liga 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

La Liga

Prediksi dan Link Live Streaming Girona vs Barcelona di La Liga 2023-2024

Prediksi dan link live streaming Girona vs Barcelona di La Liga 2023-2024 yang akan digelar pada Sabtu (4/5/2024) pukul 23.30 WIB.

Irfan Sudrajat | 04 May, 04:03

Laga Manchester City vs Wolverhampton di Liga Inggris 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Manchester City vs Wolves di Liga Inggris 2023-2024

Prediksi dan link live streaming Manchester City vs Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris 2023-2024 yang digelar pada Sabtu (4/5/2023) pukul 23.30 WIB.

Irfan Sudrajat | 04 May, 01:37

Bigetron Esports. (Hendy Andika./Skor.id)

Esports

Bigetron Alpha, Tim Pertama yang Lolos Playoff MPL ID S13

Satu tim sudah memastikan diri lolos ke babak Playoff di MPL Indonesia Season 13, yaitu Bigetron Alpha.

Thoriq Az Zuhri | 04 May, 00:17

Ilustrasi turnamen Esports. (Hendy Andika/Skor.id)

Esports

5 Turnamen Esports Terpopuler April 2024

Sepanjang bulan April 2024, ada beberapa turnamen Esports yang paling populer dan meraih jumlah penonton tertinggi.

Thoriq Az Zuhri | 04 May, 00:03

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13. (Yusuf/Skor.id)

Esports

MPL Indonesia Season 13: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MPL Indonesia Season 13 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen tertinggi Mobile Legends: Bang Bang Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 03 May, 23:21

FFWS alias Free Fire World Series (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Esports

FFWS SEA Spring 2024: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran FFWS SEA Spring 2024 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Free Fire se-Asia Tenggara ini.

Thoriq Az Zuhri | 03 May, 23:20

Turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

RPS Clash of Giants Season 4: Hasil, Jadwal, dan Klasemen

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen turnamen PUBG Mobile, Ruthless Pro Series: Clash of Giants Season 4.

Thoriq Az Zuhri | 03 May, 23:19

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1. (Hendy Andika/Skor.id).

Esports

VCT 2024 Pacific Stage 1: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran VCT 2024 Pacific Stage 1 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen Valorant Asia Pasifik ini.

Thoriq Az Zuhri | 03 May, 23:18

Load More Articles