- Sepeda motor matic memakai dua jenis oli, yakni oli mesin dan oli gardan.
- Sebaiknya oli gardan pada motor matic diganti sebelum 10.000 km.
- Buat yang berniat mengganti oli gardan sendiri, tentunya juga tidak bisa sembarangan.
SKOR.id – Pemilik sepeda motor matic sebaiknya juga paham cara merawat kendaraan di rumah. Tidak hanya rajin mencucinya, melainkan berani melakukan sedikit hal teknis.
Seperti mengganti oli contohnya. Perlu diketahui, sepeda motor matic memakai dua jenis oli, yakni oli mesin dan oli gardan.
Keduanya sama-sama harus diganti secara berkala. Tapi, interval waktu penggantiannya berbeda.
Jika oli mesin disarankan diganti tiap 2.000 km atau sebelumnya, oli gardan memiliki waktu pergantian lebih lama. Yakni setelah menempuh jarak 10.000 km.
Namun, supaya lebih aman, sebaiknya oli gardan pada motor matic diganti sebelum 10.000 km. Misalnya, pada angka 8.000-an km.
Untuk mengganti oli gardan sangat mudah, tidak harus ke bengkel, Anda bisa mengerjakannya sendiri di rumah.
Buat yang berniat mengganti oli gardan sendiri, tentunya juga tidak bisa sembarangan. Maka itu, perhatikanlah langkah-langkah berikut ini:
1. Siapkan oli gardan untuk motor matic
Jika ingin mengganti oli gardan yang pertama harus disiapkan tentunya sediakan oli gardan yang tepat untuk motor matic Anda.
Terutama oli gardan yang sudah diformulasikan khusus untuk motor matic. Salah satu contohnya misalnya Federal Gear Matic.
2. Siapkan alat atau kunci sesuai ukuran
Selain menyiapkan oli, Anda juga perlu menyiapkan kunci untuk membuka baut. Kunci yang dibutuhkan adalah kunci T atau Y berukuran 12.
3. Parkirkan sepeda motor di tempat yang rata
Jika oli dan perlengkapan sudah siap, pakirkan motor Anda di tempat yang rata, dan gunakan penyangga tengah.
Jika motor sudah diparkir, langkah selanjutnya buka baut untuk lubang pembuangan oli atau baut out dan juga buka baut in yakni lubang untuk memasukkan oli gardan.
4. Buang oli bekas
Jika baut sudah dibuka, buanglah oli bekasnya. Jangan lupa gunakan tempat untuk menadah oli bekas tersebut. Buang oli bekas hingga habis.
Supaya oli benar-benar habis, miringkan posisi motor Anda. Biarkan beberapa saat sampai oli yang berada di dalam benar-benar habis.
5. Tutup baut out dan masukkan oli
Jika oli bekas benar-benar sudah habis, tutup kembali baut out tadi. Jika sudah tertutup masukan oli gardan melalui lubang baut in yang sejajar dengan baut out.
Supaya mudah memasukkan oli gardan, sebaiknya gunakan selang kecil supaya oli tidak berceceran.
Jika oli sudah masuk semua, jangan lupa tutup kembali baut in tadi, karena kalau tidak ditutup bisa berbahaya.
Berita Otomotif Lainnya:
Mercedes Resmikan 6 Bengkel Body & Paint Tersertifikasi Standar Global di Indonesia
BMW Mulai Garap iX1, Tonggak Sejarah Produksi EV BMW Selanjutnya
6 Komponen Ini Wajib Dicek untuk Mencegah Water Hammer pada Skuter Matic