- New Xpander Cross dipasangi shock breaker belakang yang diperbesar dan berdiameter sama seperti Pajero Sport.
- Perbaikan suspensi dibarengi perubahan katup dalam internal suspensi dengan tipe performa tinggi.
- Penyempurnaan suspensi ini juga berpengaruh terhadap respons kemudi.
SKOR.id – Mitsubishi New Xpander Cross sudah diserahkan kepada 50 pemilik pertama pada Sabtu (12/11/2022) kemarin.
Mitsubishi New Xpander Cross hadir di Indonesia dengan dua varian, yaitu CVT Premium Package dan Manual Transmission.
Terdapat lima pilihan warna seperti Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver Metallic, Graphite Gray Metallic, dan warna baru Green Bronze Metallic.
Model ini dibanderol harga on the road Jakarta Rp309.950.000 (Xpander Cross MT), dan Rp335.750.000 (Xpander Cross Premium Package CVT).
Mitsubishi New Xpander Cross datang dengan tampilan dan fitur serbabaru. Salah satunya dalam hal kenyamanan dan utilitas.
Dalam mewujudkan kenyamanan paripurna tersebut, secara genetik Mitsubishi New Xpander Cross meningkatkan performa bagian suspensinya.
Secara struktur, bagian suspensi memang masih menggunakan tipe MacPherson Strut with Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam di belakang.
Namun, saat ini Mitsubishi New Xpander Cross dipasangi shock breaker belakang yang diperbesar yang mempunyai diameter sama seperti milik Mitsubishi Pajero Sport.
Membesarnya ukuran perangkat suspensi ini, juga dibarengi dengan perubahan katup (valve) dalam internal suspensi dengan tipe performa tinggi.
Valve tersebut digunakan pula pada sedan-sedan mewah Eropa, sehingga mampu memberikan redaman suspensi yang “halus”.
Dengan begitu, penumpang akan merasa lebih tenang saat Mitsubishi New Xpander Cross melaju di jalan bergelombang dan tidak rata.
Sehingga, mengurangi mabuk perjalanan untuk penumpang pada baris paling belakang.
Perubahan pada suspensi belakang juga didukungan oleh penggunaan velg 17 inci pada roda.
Hal ini membuat kesan SUV pada mobil ini makin terasa, sehingga bisa menghadapi berbagai situasi jalan dan kondisi.
Perubahan suspensi tersebut membuat Mitsubishi New Xpander Cross lebih stabil walaupun dengan ground clearance yang tinggi.
Sebab peredam kejut tersebut pada dasarnya dirancang untuk mobil SUV yang tinggi, sehingga tidak mengorbankan performa kenyamanan dan pengendalian.
Penyempurnaan suspensi ini juga berpengaruh terhadap respons kemudi. Rasa kemudi Mitsubishi New Xpander Cross menjadi lebih responsif ketika bermanuver.
Selain itu, feedback setir dalam kecepatan rendah juga lebih baik. Setir lebih mudah kembali ke posisi awalnya, sehingga memudahkan ketika sedang parkir.
Perubahan tersebut juga digenapi keberadaan fitur Auto Yaw Control yang bekerja sama dengan ABS (Anti-lock Brake System) serta ASC (Active Stability Control).
Berita Otomotif Lainnya:
Gelar Life’s Adventure Park, Mitsubishi Serah Terima 50 New Xpander Cross ke Pelanggan
Jelang Akhir Tahun 2022, Wuling Gelar Promo untuk Tiga Merek Ini
Jadi Safety Car WSBK Indonesia 2022, Ini Dia Interior dan Spesifikasi Hyundai i30 N