- Valentino Rossi telah menghabiskan karier balapnya selama 25 tahun.
- Total ada enam tipe motor yang pernah ia tunggangi sebagai pembalap.
- Itu berasal dari pabrikan-pabrikan besar seperti Aprilia, Honda, Yamaha, dan Ducati.
SKOR.id - Karier Valentino Rossi di Kejuaraan Dunia Balap Motor yang sudah berjalan selama 25 tahun akan segera berakhir.
Minggu (14/11/2021), The Doctor melakoni balapan terakhirnya pada MotoGP Valencis di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.
Total, ia telah meraih sembilan gelar juara dunia. Masing-masing satu gelar ia raih di kelas 125 cc dan 250 cc. Sedangkan tujuh lainnya di kelas 500cc/MotoGP.
Ada enam tipe motor yang pernah ia kendarai sepanjang kariernya di lintasan dunia. Pabrikan seperti Aprilia, Honda, Ducati, dan Yamaha pernah dibelanya.
View this post on Instagram
Total ada enam prototype motor yang sudah ia tunggangi. Berikut daftarnya:
1. Aprilia RS 125 R
Musim: 1996 dan 1997
Bersama motor inlah Valentino Rossi mengawali kariernya di kejuaraan dunia balap motor.
Pada 1996, ia meraih satu kemenangan dan menempati peringkat 9 klasemen. Sedangkan pada 1997, ia menjadi juara dunia usai memenangi 11 balapan.
2. Aprilia RSW250
Musim: 1998 dan 1999
Pada 1998, Rossi naik ke kelas 250 cc dan langsung jadi penantang perebutan gelar juara dunia.
Menggunakan Aprilia RSW250, Rossi meraih lima kemenangan pada 1998. Sayang ia hanya jadi runner up karena kalah bersaing dengan Loris Capirossi.
Pada 1999, barulah Rossi merajalela dengan meraih sembilan kemenangan. Ia pun keluar sebagai juara dunia.
3. Honda NSR500
Musim: 2000 dan 2001
Musim 2000, Rossi promosi ke kelas 500cc. Ia langsung menunggangi Honda yang sedang kuat-kuatnya saat itu.
Karena kursi tim pabrikan, Repsol Honda, penuh, Honda membuatkan tim khusus untuk Rossi bernama Nastro Azzuro Honda.
Spesifikasi motor yang ia dapatkan sama dengan yang diberikan Honda kepada tim utamanya.
Hasilnya, Rossi langsung jadi runner up 500cc. Ia kalah bersaing melawan pembalap Suzuki, Kenny Roberts Jr.
Barulah pada 2001 ia keluar sebagai juara. Meraih 11 kemenangan, Rossi tak terbendung di puncak klasemen pembalap. Di sinilah era dominasi Rossi dimulai.
4. Honda RC211V
Musim: 2002 dan 2003
Pada 2002, kelas MotoGP hadir untuk menggantikan kelas 500cc. Kini, ajang balap motor dunia tak lagi menggunakan mesin 2-tak, melainkan 4-tak.
Rossi membela tim utama Honda, Repsol Honda. Hasilnya, selama dua musim, Rossi tak tersentuh. Ia meraih gelar juara dunia pada 2002 maupun 2003.
5. Yamaha YZR-M1
Musim: 2004-2010 dan 2013-2020
Punya hubungan yang kurang baik dengan petinggi Honda, Rossi menyeberang ke Yamaha pada 2004. Yamaha YZR-M1 pun jadi motor yang paling lama ditunggang Rossi.
Tak pernah juara sejak 1992 bersama Wayne Rainey, Yamaha berharap besar kepada Rossi.
Hasilnya, ia mampu menjawab ekspektasi para petinggi Yamaha. Tak tanggung-tanggung, empat gelar juara bisa dipersembahkan Rossi, yakni pada 2004, 2005, 2008, dan 2009.
Pada 2011, ia hijrah ke Ducati untuk kemudian kembali ke Yamaha pada 2014.
6. Ducati Desmosedici
Musim: 2011 dan 2012
Rossi pindah ke Ducati karena ingin menjadi juara dunia asal Italia bersama motor Italia.
Sayangnya hal tersebut tak pernah terwujud. Alih-alih jadi juara dunia, Rossi malah tak kompetitif bersama Ducati.
Sayangnya, impian tersebut tak pernah terwujud
Sayang, periode keduanya bersama Yamaha tak berakhir manis. Sejak 2013-2017, ia berada di bawah bayang-bayang hagemoni Marc Marquez dan kemudian mulai menurun pada 2018 hingga dirinya memutskan pensiun.
Lihat postingan ini di Instagram
Berita Valentino Rossi lainnya:
Jadwal MotoGP Valencia 2021: Menanti Aksi Terakhir Valentino Rossi
Valentino Rossi: Francesco Bagnaia Bisa Menjadi Juara MotoGP Musim Depan
Valentino Rossi dan Casey Stoner Saling Lempar Pujian Jelang MotoGP Algarve