- Maverick Vinales menyebut ban belakang masih jadi masalah utama YZR-M1 di Sirkuit Misano.
- Maverick Vinales mengakui lintasan menjadi lebih licin karena sebelumnya dipakai Moto2 dan Moto3.
- Maverick Vinales coba mengubah bagian depan agar memiliki kepercayaan diri lebih besar saat melakukan pengereman keras.
SKOR.id – Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) tak kunjung menemukan setelan tepat untuk ban pada balapan kedua di Sirkuit Misano, San Marino, akhir pekan ini.
Pada balapan yang berjuluk Grand Prix (GP) Emilia Romagna itu, Maverick Vinales harus bekerja keras untuk menemukan keseimbangan terbaik.
Ketika melakoni tes di Sirkuit Misano, Selasa (15/9/2020), Maverick Vinales merasa ada peningkatan. Utamanya soal daya cengkeram ban.
Namun, saat melakoni latihan bebas (FP) 1 dan 2, trek juga digunakan oleh Moto2 dan Moto3 hingga permukaan aspal menjadi lebih licin.
Hal tersebut membuat Maverick Vinales kehilangan rasa nyaman di atas Yamaha YZR-M1 dan menganggap motornya itu tak mengalami peningkatan.
“Sayangnya, kami belum menemukan jawaban. Sudah mencoba dengan tangki bahan bakar penuh, melaju dengan kekuatan sama, tapi masalah tetap sama.”
Pada balapan terakhir, masalah utama Maverick Vinales adalah ban belakang yang terlalu banyak berputar hingga membuatnya gagal mengeluarkan potensi YZR-M1.
“Kami fokus pada ban belakang, berusaha dapat daya cengkeram lebih besar. Selama tiga tahun terakhir, saya tak memiliki itu semua,” kata Vinales.
“Saya tak ingin kehilangan banyak waktu karena ban belakang. Kami sadar bahwa ban belakang bekerja dengan cara yang lain dan kami harus beradaptasi.”
Pada latihan bebas kedua, Jumat (18/9), Maverick Vinales menempati posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 31,669 detik.
Namun, bukan itu fokus utamanya. Vinales ingin memiliki kecepatan yang konsisten di setiap lap agar tampil kuat di sepanjang balapan.
“Ketika memiliki daya cengkeram bagus, saya bisa mencatatkan lap yang baik. Masalah terjadi saat saya kehilangan daya cengekeram,” ujar Vinales
“Saya tak dapat mengerem pada titik yang sama dan tak memiliki keyakinan pada daya cengkeram ban depan,” lanjutnya.
Pada latihan bebas pertama dan kedua, Maverick Vinales mencoba kombinasi ban hard-medium untuk meningkatkan perasaannya saat balapan.
Ikuti juga Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.
Akhir Pekan Ini, Roma Masters Buka Pintu untuk 1.000 Penontonhttps://t.co/D7Sivxj8bD— SKOR Indonesia (@skorindonesia) September 19, 2020
Berita MotoGP lainnya:
MotoGP Emilia Romagna 2020: Maverick Vinales Pede Kembali Mengaspal di Sirkuit Misano
Perangkat Baru Bantu Maverick Vinales Temukan Solusi untuk Masalah YZR-M1