- Kampanye promosi produk baru Apple Inc. pada hari Selasa lalu sempat membuat terkejut para penggemar olahraga dan bola basket NBA.
- Tanpa peringatan apapun, CEO Apple, Tim Cook menuliskan tweet promosi iPad koleksi terbaru mereka dengan menggunakan #TakeNote.
- Padahal tagar itu sudah identik dengan klub NBA, Utah Jazz sejak tahun 2016.
SKOR.id - Penggunaan #TakeNote di Twitter oleh Apple untuk mempromosikan jajaran iPad barunya telah mengejutkan penggemar NBA, karena ini adalah tagar resmi Utah Jazz.
Meskipun tagar bukanlah milik sebuah perusahaan atau entitas, itu biasanya bisa digunakan untuk kampanye iklan dan dikaitkan dengan bendera hash berbayar. Dan, Apple memang cenderung mengikat tagar dan bendera hash resmi ke suatu acara atau pengumuman.
Bendera hash adalah ikon animasi kecil yang muncul setelah tagar bersponsor. Setiap tim NBA juga menggunakan tagar bersponsor untuk mempromosikan konten media sosial mereka, termasuk Utah Jazz yang mempromosikan diri dengan #TakeNote.
Namun, tanpa peringatan apa pun kepada tim NBA atau rekan media sosialnya, CEO Apple Tim Cook men-tweet promosi untuk pengumuman iPad koleksi terbaru mereka dengan menggunakan #TakeNote.
Happy to have everyone taking note ☺️#TakeNote https://t.co/Kc9qYT1fCx— Utah Jazz (@utahjazz) October 18, 2022
Pada hari itu, Apple Inc. meluncurkan inovasi terbaru dengan iPad dan produk Apple TV, dan tweet pagi Cook dengan tagar dan sebuah video pendek yang juga menggunakan frasa "TakeNote" pada dasarnya adalah awal dari pengumuman perusahaannya.
Tagar itu sempat menjadi tren di dunia olahraga dan bola basket di Twitter untuk sementara waktu sebelum bendera hash resmi Apple ditayangkan.
Sebuah tweet asli oleh Utah Jazz mengatakan, "Yah, ini canggung." Sejak itu hastag promosi Apple tersebut telah dihapus dari postingan mereka, diganti dengan respons yang lebih ramah: "Senang semua orang memperhatikan".
Lebih menarik lagi, Selasa, 18 Oktober, adalah hari bergulirnya musim basket NBA 2022/23.
Tagar tim resmi tidak memiliki bendera hash yang disponsori selama offseason, tetapi Apple telah mencuri tagar resmi pagi itu yang seyogyanya akan digunakan Utah Jazz.
Different team. Different us.
New season starts tonight ????#TakeNote | ???? @Cory_Henry pic.twitter.com/strjYQwXP6— Utah Jazz (@utahjazz) October 19, 2022
Ungkapan "TakeNote" bukan hal baru bagi Jazz, karena sempat dihentikan penggunaannya sebelum dihidupkan kembali pada tahun 2019.
Hingga saat ini, itu masih ditampilkan sebagai tagar resmi di bagian atas profil Twitter tim meskipun memiliki tanda pagar Apple.
Dan baru minggu lalu, Jazz mengumumkan kemitraan dengan perusahaan Chatbooks yang berbasis di Utah -- termasuk promosi di mana Chatbooks akan "menampilkan kolase foto media sosial penggemar" di papan video yang tergantung di atas lapangan.
Rencananya adalah memberi tahu penggemar untuk memposting foto di media sosial dengan tagar #TakeNote agar mereka dipertimbangkan untuk kolase tersebut.
Saling Teman
Dalam pertemuan dengan media jelang dimulainya musim reguler, pemilik Jazz, Ryan Smith, sempat menerima olokan dari wartawan: "Saya pikir Anda dan Tim Cook seharusnya berteman."
this suddenly turned into a lot of free jazz advertising pic.twitter.com/q5NCOgClbd— Aaron Falk (@aaronfalk) October 19, 2022
Smith bertanya secara retoris, "Bukannya kami teman?" sebelum kemudian mengungkapkan beberapa kebingungan tentang pengambilalihan #TakeNote tersebut.
Sejak tagar itu digunakan kembali oleh Jazz pada 2019, ketika seseorang men-tweetnya selama musim NBA, emoji 'takenote' Jazz akan terisi secara otomatis di bagian akhir.
Tagar Apple menggantikan hastag Jazz dengan logo merek warna-warni, mengubah host Donovan Mitchell dan Rudy Gobert menjadi iklan Apple tanpa disadari.
Masih ada kemungkinan ini semua adalah bagian dari upaya yang lebih terkoordinasi. Untuk apa nilainya, Smith dan Cook adalah teman yang telah berkolaborasi untuk membangun rumah untuk kelompok advokasi LGBTQ+ Encircle.
Dan di penghujung hari, #take note Jazz sekali lagi dikaitkan dengan tagar — menambahkan sentuhan Jazz ke semua tweet Apple tersebut.***
Berita Utah Jazz Lainnya:
Gebrakan Danny Ainge sebagai CEO Baru Utah Jazz, Lepas Rudy Gobert ke Timberwolves
Utah Jazz Gandeng Airbnb untuk Membantu Para Pengungsi Ukraina