Skor 5: Hal-hal yang Perlu Diketahui tentang NBA All-Star 2023

I Gede Ardy Estrada

Skor Editorial Team

Cover NBA All-Star 2023
Rangkaian NBA All-Star 2023 akan berlangsung pada 17-19 Februari ini. (Grafis: Hendy AS/Skor.id)
  • Para pemain basket terbaik dunia akan beraksi dalam NBA All-Star 2023 di Salt Lake City, Utah, akhir pekan ini.
  • Rangkaian event mulai berlangsung dari Jumat (17/2/2023) hingga Minggu (19/2/2023) malam waktu setempat.
  • Puncak acara adalah All-Star Game antara Team LeBron melawan Team Giannis di Vivint Arena. 

SKOR.id  Para atlet bola basket terbaik dunia akan menuju ke Salt Lake City, Utah, untuk beraksi dalam NBA All-Star 2023, akhir pekan ini. Rangkaiannya bergulir dari 17-19 Februari atau 18-20 Februari WIB.  

Penggemar basket tentunya sangat menantikan ‘perang bintang’ ini, di mana pemain-pemain top unjuk kemampuan. Apalagi bakal ada format baru yang diterapkan pada NBA All-Star tahun ini. 

Musim lalu, Stephen Curry dinobatkan sebagai MVP NBA All-Star Game. Ketika itu, di Cleveland, bintang Golden State Warriors tersebut mencetak 50 angka dengan rekor tripoin untuk membawa Tim Wilayah Barat, yang dikapteni LeBron James, menang 163-160 atas Wilayah Timur, yang dipimpin Kevin Durant.

Tim yang akan menjadi kampiun tahun ini? Dan siapa yang keluar sebagai Pemain Terbaik (MVP)? Semua itu baru bisa terjawab pada Minggu (19/2/2023) malam waktu setempat atau Senin (20/2/2023) WIB.     

Yang pasti, NBA All-Star 2023 bakal menyajikan laga menarik antara dua tim dengan pemain-pemain terbaik Wilayah Barat dan Timur. Mari telusuri rangkaian event yang perlu diketahui dari ‘perang bintang’ kali ini. 

1) Jordan Rising Stars 

NBA All-Star 2023 akan berlangsung tiga hari selama akhir pekan, 17-19 Februari, waktu setempat. Pada Jumat, Celebrity Game digelar pukul 19.00 malam atau Sabtu (18/2/2023) jam 09.00 WIB. 

Setelah Celebrity Game, All-Star Weekend dilanjutkan dengan Jordan Rising Stars. Ini adalah turnamen empat tim yang terdiri dari talenta muda, meliputi para rookie, sophomore dan juga pemain G League.

Untuk tahun ini, pemain didraf oleh tiga pelatih kehormatan sekaligus mantan All-Star NBA: Pau Gasol, Deron Williams dan Joakim Noah. Sedangkan tim G League akan dimentori Sixth Man of The Year 2008-2009, Jason Terry.   

Team Pau meliputi pemain seperti Paolo Banchero (Orlando Magic), Scottie Barnes (Toronto Raptors) dan Jaden Ivey (Detroit Pistons). Team Deron di antaranya diperkuat AJ Griffin (Atlanta Hawks), Trey Murphy III (New Orleans Pelicans), serta Bones Hyland (Denver Nuggets).

Jalen Williams (Oklahoma City Thunder), Evan Mobley (Cleveland Cavaliers), dan Quentin Grimes (New York Knicks) adalah beberapa pemain yang mengisi Team Joakim. Sedang Team Jason terdiri dari Mojave King (G League Unite), Kenneth Lofton Jr (Memphis Hustle) serta Scotty Pippen Jr (South Bay Lakers). 

Untuk musim kedua beruntun, Rising Stars akan menggunakan format turnamen mini tiga pertandingan antara empat tim. Dua kubu yang memenangi semifinal akan bersaing jadi yang terbaik di partai puncak.

2) Skills Challenge 

Hari kedua All-Star Weekend, Sabtu (18/2/2023) malam atau Minggu (19/2/2023) WIB akan menyajikan tiga kontes untuk menguji kemampuan individu antara pemain-pemain terpilih di Vivint Arena.

Pertama adalah Skills Challenge. Dalam event ini, tiga tim yang terdiri dari tiga pemain harus bersaing. Mereka akan unjuk kemampuannya dalam tiga ronde: menembak, mengumpan, dan estafet. Lalu dua tim teratas bertarung untuk menentukan pemenang lewat kontes menembak dari tengah lapangan.  

Yang akan tampil tahun ini: Team Antetokounmpo (Giannis Antetokounmpo, Thanasis Antetokounmpo, Alex Antetokounmpo), Team Jazz (Jordan Clarkson, Walker Kessler, Collin Sexton) dan Team Rookies (Paolo Banchero, Jaden Ivey, Jabari Smith Jr).

3) Three Point Contest

Tahun ini Three Point Contest atau Kontes Lemparan Tripoin diikuti banyak nama menarik. Kandidat MVP NBA 2022-2023 Jayson Tatum (Boston Celtics) dan Damian Lillard (Portland Trail Blazers) adalah dua di antaranya.

Kemudian ada juga bintang-bintang muda seperti Tyrese Haliburton (Indiana Pacers),Lauri Markkanen (Utah Jazz) serta Tyler Herro (Miami Heat). Julius Randle (New York Knicks) akan menggantikan posisi Anfernee Simons (Blazers), yang cedera. Juara 3 Point Contest 2020, Buddy Hield (Pacers) juga tampil.

Dalam kontes ini, setiap pemain harus berhasil membuat lemparan tripoin sebanyak mungkin dari lima posisi dalam waktu satu menit. Di setiap posisi menembak akan ada rak yang berisi masing-masing lima bola, salah satunya bernilai dua angka.

Skor maksimal yang bisa diraih peserta adalah 30 poin. Namun, sejak edisi 2020, tiga rak yang berisi satu ‘money ball’ telah disertakan. Sehingga angka tertinggi yang memungkinkan dicetak adalah 40 dan waktu pun ditambah menjadi 70 detik.

4) Slam Dunk Contest

Slam Dunk Contest tahun ini diharapkan berlangsung seru dan dapat menghadirkan magisnya setelah pada 2022 tidak terlalu menarik. Edisi 2023, nantinya hanya diikuti oleh empat pemain muda potensial.

Mereka adalah Kenyon ‘KJ’ Martin Jr (Houston Rockets), Trey Murphy III (New Orleans Pelicans) serta Jericho Sims (New York Knicks). Satu lagi yakni Mac McClung, yang menghabiskan musim di G League sebelum dapat panggilan dari Philadelphia 76ers. 

Fans kerap mengeluhkan kurangnya nama besar yang ambil bagian. Peserta tahun ini pun tidak benar-benar meredam kritik. Tapi, yang tak terbantahkan, kontes dunk selalu menghadirkan ekspektasi tinggi. Keempat pemain punya kapasitas memenuhi itu. 

5) All-Star Game

Puncak NBA All-Star 2023 akan terjadi pada Minggu (19/2/2023) atau Senin (20/2/2023) pagi WIB. Kali ini antara Team LeBron (Barat), dikapteni LeBron James (LA Lakers), dan Team Giannis (Timur), dipimpin Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks).

James menjabat kapten tim untuk enam edisi beruntun setelah menerima 7.418.116 suara dalam voting. Sedangkan Antetokounmpo mengemban peran yang sama berkat raihan 6.761.032 suara penggemar.

Untuk komposisi starter Wilayah Barat terdiri dari James, Luka Doncic (Dallas Mavericks), Nikola Jokic (Denver Nuggets), Lauri Markkanen (Utah Jazz) dan Ja Morant (Memphis Grizzlies). Dua nama terakhir masing-masing menggantikan Zion Williamson serta Stephen Curry yang cedera.

Line-up Wilayah Timur meliputi Antetokounmpo, Donovan Mitchell (Cleveland Cavaliers), Jayson Tatum (Boston Celtics), Kyrie Irving (Dallas Mavericks), yang terpilih saat masih memperkuat Brooklyn Nets, dan Joel Embiid (Philadelphia 76ers), yang menggantikan Kevin Durant (Phoenix Suns).

Sementara untuk cadangan Team LeBron diisi Paul George (LA Clippers), Damian Lillard (Portland Trail Blazers), Shai Gilgeous-Alexander (Oklahoma City Thunder), Domantas Sabonis (Sacramento Kings), Jaren Jackson Jr (Grizzlies), Anthony Edwards (Minnesota Timberwolves) dan De’Aaron Fox (Kings).

Cadangan Team Giannis diperkuat Bam Adebayo (Miami Heat), Jaylen Brown (Celtics), DeMar DeRozan (Chicago Bulls), Tyrese Haliburton (Indiana Pacers), Jrue Holiday (Milwaukee Bucks), Julius Randle (New York Knicks) dan Pascal Siakam (Toronto Raptors). 

Di posisi pelatih, Michael Malone, Head Coach Denver Nuggets, akan menukangi Team LeBron. Sedangkan Joe Mazzulla dari Boston Celtics bakal mementori Team Giannis. 

Mampukah Team Lebron melanjutkan dominasinya, di mana mereka selalu memenangi All-Star Game di bawah pimpinan King James. Atau Team Giannis kali ini bisa memutus superioritas kubu rival. Semua akan terjawab di Vivint Arena, akhir pekan nanti.  

Source: nba.com

RELATED STORIES

4 Cara Memilih Pemain untuk NBA All-Star 2020

4 Cara Memilih Pemain untuk NBA All-Star 2020

Untuk pertandingan NBA All-stars ke-69 rencananya bakal berlangsung pada 17 Februari 2020 di United Center, Chicago.

Nike Air Force 1 EMB Hadir di NBA All-Star 2023

Nike Air Force 1 EMB Hadir di NBA All-Star 2023

Sepatu nike air force 1 emb dijuluki NBA All-Star Salt Lake City.

Air Jordan 13 'Playoffs' Retro Akan Muncul pada NBA All-Star 2023

Air Jordan 13 "Playoffs" diyakini akan dilansir pada 18 Februari 2023 nanti, bertepatan dengan gelaran NBA All-Star 2023.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Superstar musik Spanyol Julio Iglesias. (Hendy AS/Skor.id)

Music

8 Musisi Juga Atlet Perprestasi, Ada Mantan Kiper Real Madrid

Chelce Grimes, Serge Pizzorno, Jack Johnson, Bruce Dickinson, Vanessa-Mae, Chi-Chi Nwanoku, Julio Iglesias, Paul McGregor adalah 8 musisi yang juga atlet

Suryansyah | 25 Mar, 01:22

Penyerang Prancis, Kylian Mbappe. (Hendy/Skor.id)

World

VIDEO: Momen Kylian Mbappe, yang Kini Menjadi Kapten Baru Timnas Prancis

Video, momen seputar Kylian Mbappe yang ditunjuk menjadi kapten baru untuk timnas Prancis, sepeninggal Hugo Lloris.

Pradipta Indra Kumara | 25 Mar, 01:15

tidak melibatkan peralatan mewah apa pun. (Hendy AS/Skor.id)

All Culture

Cara Berlari bagi Pemula Total, Ikuti Pakar Ini

Bagi seorang pemula kardio, lari tampaknya sangat mudah dilakukan. Lagi pula, olahraga lari tidak melibatkan peralatan mewah apa pun.

Suryansyah | 25 Mar, 00:21

Cover Sepak Bola ASEAN (Dede Mauladi/Skor.id)

World

Merlion Cup 2023: Malaysia U-22 Menang, Singapura U-22 Tumbang

Malaysia U-22 dan Singapura U-22 beda hasil dalam laga pertama Merlion Cup 2023.

Estu Santoso | 24 Mar, 23:41

Cover MPL Indonesia Season 11. (Grafis Hendy AS/Skor.id)

Esports

Hasil MPL Indonesia Season 11 Hari Kedua Pekan Keenam: Geek Slate Tumbangkan RRQ Lagi

Pada hari ini Geek Slate menang dengan skor 2-1 atas RRQ di MPL Indonesia Season 11, dan membuat mereka lolos ke babak playoff.

Apriliandi Damar Priyambodo | 24 Mar, 22:54

Cover artikel pelatih timnas Jerman, Hansi Flick. (Deni Sulaeman/Skor.id)

World

Hansi Flick: Jerman Lupakan Bencana Piala Dunia, Fokus ke Euro 2024

Hansi Flick menegaskan Jerman kini telah melupakan mimpi buruk di Qatar dan fokus persiapan Piala Eropa 2024, di mana mereka jadi tuan rumah.

Dewi | 24 Mar, 22:50

Spanyol vs Norwegia di Kualifikasi Euro 2024, Alvaro Morata dan Martin Odegaard (Dede Mauladi/Skor.id).

World

Prediksi dan Link Live Streaming Spanyol vs Norwegia di Kualifikasi Euro 2024

Berikut ini prediksi pertandingan dan link live streaming laga Spanyol vs Norwegia pada Kualifikasi Piala Eropa 2024 (Euro 2024).

Pradipta Indra Kumara | 24 Mar, 22:42

Cover artikel Swiss Open 2023

Badminton

Swiss Open 2023: Apri/Fadia dan Gregoria Berdiri di Semifinal

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadanti dan Gregoria Mariska Tunjung menjadi dua wakil Indonesia tersisa yang menembus semifinal Swiss Open 2023.

Aditya Fahmi Nurwahid | 24 Mar, 22:18

World

VIDEO: Yang Wajib Diketahui tentang Prancis vs Belanda

Video soal sederet fakta yang perlu diketahui tentang pertandingan antara Prancis melawan Belanda (25/3/2023) di Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Igor Hakim | 24 Mar, 22:12

Cover Piala Dunia U-20 2023. (Hendy AS/Skor.id)

National

Masyarakat Harus Jaga Citra Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Polemik menyangkut partisipasi timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 jangan sampai membuat semua persiapan sia-sia.

Sumargo Pangestu | 24 Mar, 21:51

Load More Articles