- Berikut ini Skor.id menyajikan daftar apparel dari jersey timnas peserta Piala AFF 2022 pada Grup B.
- Dari lima tim peserta Grup B Piala AFF 2022, terdapat kesamaan apparel yang terjadi pada empat timnas.
- Timnas Myanmar menjadi satu-satunya peserta di Grup B Piala AFF 2022 yang merek jersinya tidak sama dengan yang lain.
SKOR.id - Piala AFF 2022 akan mulai digulirkan pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Seperti edisi sebelumnya, ada 10 tim yang ambil bagian di ajang ini.
Brunei Darussalam menjadi tim terakhir yang memastikan diri tampil di putaran final Piala AFF 2022 setelah menyingkirkan Timor Leste pada babak kualifikasi.
Kehadiran Brunei Darussalam cukup menarik perhatian karena mereka sudah cukup lama absen dari turnamen antarnegara paling bergengsi di Asia Tenggara itu.
Mereka tampil percaya diri menggunakan jersey buatan lokal ketika bertanding di babak kualifikasi melawan Timor Leste dan nantinya bakal tergabung di Grup A.
Membahas apparel dari para timnas peserta Piala AFF 2022, merek jersi-jersi dari Grup B tidak semeriah Grup A. Berikut ini Skor.id memberikan uraiannya:
Timnas Vietnam (Grand Sport)
Timnas Vietnam, sekalipun terus bersaing ketat dengan Thailand di tingkat ASEAN, namun tak ragu untuk memakai produk apparel asal negeri Gajah.
Seperti edisi sebelumnya, jersey timnas Vietnam masih memakai apparel Grand Sport yang didirikan Kij Pluchcha-oom pada 1961.
Grand Sport sudah menjadi penyedia jersi skuad Golden Star Warriors sejak 2014. Adapun Piala AFF 2022 spesial bagi Vietnam karena jadi ajang perpisahan dengan pelatih Park Hang-seo.
Timnas Laos (Grand Sport)
Timnas Laos yang satu grup dengan Vietnam di Piala AFF 2022 juga memakai Grand Sport sebagai produsen jersinya.
Meeka resmi menjalin kerja sama dengan Grand Sport pada 2019. Maka, Piala AFF 2022 jadi kesempatan kedua timnas Laos menggunakan seragam buatan apparel asal Thailand itu di turnamen level ASEAN.
Timnas Malaysia (Nike)
Kerja sama timnas Malaysia dengan merek asal Amerika Serikat, Nike, sudah berlangsung sejak 2007.
Bersama Nike, skuad Harimau Malaya pernah merasakan gelar juara Piala AFF 2010. Kala itu timnas Malaysia mengalahkan Indonesia di partai final.
Timnas Singapura (Nike)
Sukses Nike untuk mengantarkan tim di Asia Tenggara menjadi juara Piala AFF juga dirasakan bersama timnas Singapura, yakni pada edisi 2007 dan 2012.
Untuk diketahui, Nike sudah menjadi apparel resmi mereka sejak November 2006. Hingga kini, artinya kerja sama sudah terjalin selama 16 tahun.
Timnas Myanmar (Warrix)
Timnas Myanmar menjadi tim dengan apparel paling berbeda di Grup B Piala AFF 2022, sebab disponsori oleh Warrix.
Warrix tercatat sudah menyokong timnas Myanmar sejak 2018. Namun selama bekerja sama, tim belum pernah merasakan lolos dari fase grup.
Baca Juga Berita Piala AFF 2022 Lainnya:
Resmi Jadi Wapres AFF, Maaike Ira Puspita Singgung Kemajuan Sepak Bola Putri Indonesia
Calon Lawan Indonesia di Piala AFF 2022 Panggil Winger yang Merumput di Kasta Kedua Liga Spanyol
Piala AFF 2022: Vietnam Akan Memakai Jasa Gelandang Kelahiran Australia