- Datangnya Irfan Bachdim berdampak positif ke divisi merchandise PSS Sleman.
- Kebanyakan suporter PSS Sleman membeli jersi dengan nama Irfan Bachdim.
- Manajemen PSS berharap performa Irfan Bachdim mendongkrak permainan tim.
SKOR.id – Seiring masuknya investor baru, PT Palladium Pratama Cemerlang (PPC), perlahan tapi pasti mengubah wajah PSS Sleman pada awal musim 2020.
Adapun gebrakan dan strategi yang dilakukan PPC, salah satunya mendatangkan Irfan Bachdim dari Bali United dengan durasi kontrak satu musim.
Hadirnya pemain berdarah Indonesia-Belanda itu tidak hanya berdampak pada permainan tim asuhan Dejan Antonic, tetapi juga sisi bisnis Elang Jawa, julukan PSS.
Sejak pertama diperkenalkan, menjelang bergulirnya Liga 1 2020, sisi bisnis PSS mulai terdampak dengan banyak yang memesan jersi dengan namanya.
Sebelum bergabung dengan PSS, nama Irfan Bachdim diakui memiliki pamor bisnis, terutama dalam penjualan marchandise klub, yakni Bali United.
Baca Juga: Manajemen PSS Sleman Tunggu Arahan Investor soal Gaji Pemain
Pemain timnas Indonesia itu bahkan daalam beberapa tahun belakangan ini sering muncul sebagai bintang iklan beberapa produk terkemuka.
Sembada, apparel resmi PSS Sleman, mengklaim ada peningkatan penjualan jersi dengan nama Irfan Bachdim, meskipun angkanya belum terlalu signifikan.
Hal tersebut diakui Manajer Bisnis Sembada, Hasbi Sirojudin. Menurutnya, angka penjualan jersi Irfan terbilang tinggi dibanding jersi dengan nama lainnya.
"Memang ada pengaruhnya. Terutama pada jersey yang dipesan kebanyakan dengan nama Irfan Bachdim. Meski baru berkisar puluhan jersey," ujar Hasbi.
Baca Juga: Lapangan Latihan PSS Sleman Dipercantik Selama Jeda Kompetisi
Hasbi menambahkan, selama 2020 memprediksi angka penjualan merchandise klub akan terus meningkat, walau saat ini kompetisi sedang dihentikan sementara.
Selain sisi bisnis, manajemen PSS juga berharap performa Irfan berdampak positif pada penampilan tim dalam mengarungi kompetisi.