- Dua klub Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid menjadi klub sepak bola yang paling berharga di dunia.
- Brand Real Madrid nilainya mencapai Rp24,444 triliun, sedangkan Barcelona di peringkat kedua memiliki nilai Rp24,341 triliun.
- Selain Los Blancos dan Barcelona, ada enam klub Liga Spanyol lain yang berada di 50 besar.
SKOR.id - Dua klub paling berharga di dunia sepak bola ada di Liga Spanyol. Mereka adalah Barcelona dan Real Madrid.
Menurut laporan Brand Finance Football 2020, Real Madrid memimpin sebagai merek klub sepak bola bernilai paling tinggi di dunia, selama dua tahun beruntun. Barcelona mengekor di posisi kedua setelah menggusur Manchester United.
Menurut penelitian dari firma konsultan bergengsi, Brand Finance, merek Real Madrid bernilai 1,419 miliar euro (Rp24,444 triliun), sedangkan rival abadinya mencatatkan 1,413 miliar euro (Rp24,341 triliun).
Ada selisih cukup lebar dengan penghuni lima besar lainnya. Manchester United duduk di urutan ketiga dengan raihan 1,315 miliar euro (Rp22 triliun), Liverpool berada di belakangnya dengan 1,262 miliar euro (Rp21 triliun), dan Manchester City menorehkan 1,124 miliar euro (Rp19 triliun).
Selain menghitung nilai merek, laporan Brand Finance juga menilai kekuatan merek dengan mengaitkan masing-masing klub sepakbola dengan skor “Indeks Kekuatan Merek” dalam skala 100 poin.
Hal itu berdasarkan metrik seperti investasi pemasaran, ekuitas pemangku kepentingan, dan kinerja bisnis.
Real Madrid juga memimpin kategori ini dengan skor 94,9, sementara Barcelona kembali berada di posisi kedua dengan skor 93,6.
Direktur pelaksana Brand Finance Spanyol, Teressa de Lemus, mengatakan apabila Real Madrid dan Barcelona menjadi yang terkuat di sektor global.
Hal ini membuat masyarakat Spanyol pantas berbangga diri dengan pencapaian keduanya.
“Real Madrid dan Barcelona benar-benar membuat merek Spanyol secara keseluruhan bersinar. Keduanya paling berharga dan dua merek terkuat di sektor mereka di tingkat global. Tidak ada keraguan bahwa olahraga adalah hal lain yang bisa dibanggakan oleh orang Spanyol.”
Bukan hanya Real Madrid dan Barcelona yang mewakili Liga Spanyol di 50 peringkat teratas Brand Finance untuk nilai merek.
Secara total, delapan klub LaLiga Santander berhasil masuk dalam daftar ini. Selaian Los Blancos dan La Blaugrana, ada Atletico Madrid (13), Sevilla (32), Valencia (36), Athletic Bilbao (40), Villarreal (44) dan Real Betis (50).
Delapan klub LaLiga di 50 besar merupakan 20 persen dari nilai total sektor ini, dengan nilai gabungan 3,938 miliar euro (Rp67 triliun).
Dengan pengecualian Real Madrid, yang tetap berada di puncak, setiap klub Liga Spanyol pada top 50 mengalami peningkatan peringkat dibanding periode sebelumnya.
Ini mencerminkan pertumbuhan yang cepat dan terus-menerus dari merek Liga Spanyol di seluruh dunia.
Upaya operator Liga Spanyol untuk bekerja sama dengan klub-klub dalam digitalisasi dan pertumbuhan internasional jelas telah membantu meningkatkan merek klub.
Faktanya, peringkat rata-rata 2020 Brand Strength Index dari klub Spanyol (79.0/100) lebih tinggi daripada negara lain, termasuk Prancis (75.1), Inggris (74.9), Italia (74.1) dan Jerman (73.2).
Ikuti juga Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.
Antonio Conte: Inter Milan vs Getafe Bakal Berlangsung Kerashttps://t.co/a5lCOyLEGA— SKOR Indonesia (@skorindonesia) August 5, 2020
Berita Liga Spanyol lainnya:
Kontroversial, Espanyol Resmi Minta Liga Spanyol Hapus Promosi dan Degradasi
5 Pemain Real Madrid Masuk Tim Terbaik Liga Spanyol 2019-2020 versi UEFA