SKOR.id – Tidak banyak yang mengetahui bila setiap tahunnya, November diperingati sebagai Bulan Kesadaran Kulit Hitam.
Dia da Consciencia Negra (Black Consciousness Day) yang jatuh setiap tanggal 20 November, dirayakan sebagai hari libur di banyak kota di Brasil sebagai refleksi atas warisan perlawanan terhadap perbudakan dan perjuangan untuk keadilan sosial dan politik.
Merayakan Bulan Kesadaran Kulit Hitam, Adidas Brasil telah bekerja sama dengan pusat hiburan, Laboratorio Fantasma, untuk memproduksi kaus untuk tiga klub legendaris negara itu: Cruzeiro, Internacional, dan Atletico Mineiro, yang merayakan hubungan populasi Afrika dan Brasil melalui budaya dan desain.
Atletico Mineiro bahkan sudah melakukan debut dengan kaus spesial tersebut saat menggasak Fortaleza, 3-1, pada pertandingan pekan ke-31 Campeonato Brasileiro Serie A 2023, 1 November lalu.
Desain kolektif ini memberi penghormatan pada kepang (braid), salah satu simbol perlawanan yang paling dikenal dalam budaya kulit hitam.
Dengan arahan kreatif dari Laboratorio Fantasma — sebuah organisasi wirausaha Afro yang lahir di pinggiran São Paulo dengan tujuan mengubah realitas masyarakat, menggunakan seni, budaya dan musik sebagai instrumen untuk memerangi kesenjangan, kekerasan dan segala jenis diskriminasi — kampanye ini juga menampilkan partisipasi rapper, penyanyi dan penulis lagu Rael.
Dengan pesan “Braid, Brazil, dan Afrika”, kampanye Black Excellence terinspirasi oleh berbagai jenis kepang sepanjang sejarah, yang mewakili simbol-simbol ini dalam desain kaus.
Didominasi warna krem, kaus tersebut memiliki desain yang melambangkan kepang, memadukan elemen kuning pada lengan dan bagian depan bawah dengan warna yang lebih tradisional dari masing-masing klub, jadi biru untuk Cruzeiro, merah untuk SC Internacional, dan hitam untuk Atletico Mineiro.
Di bagian tengah kaus, terdapat tempelan kuning “Da Raiz a Luta” (bahasa Portugal yang berarti Dari Akar hingga Pertarungan) melengkapi desainnya.
“Kolaborasi dengan Adidas dan klub-klub ini bertujuan untuk menyoroti bagaimana tradisi Afrika hadir dalam masyarakat kami dan bahwa tradisi tersebut harus menjadi sumber kebanggaan, rasa hormat, dan apresiasi,” kata Evandro Fioti, CEO Laboratorio Fantasma, seperti dikutip Soccerbible.
“Sebagai pencinta sepak bola, merupakan sebuah impian untuk dapat mewujudkan kolaborasi ini. dengan adidas, yang akan membawa kebanggaan, kesadaran, dan kasih sayang kepada banyak penggemar dan masyarakat Brasil.
“Merek memainkan peran mendasar dalam dialog ini dan merupakan suatu kebanggaan untuk menjadi bagian dari pencapaian ini.”